Ilmu biologi memiliki banyak cabang. Cabang ilmu biologi ini bisa bermanfaat saat kamu, ingin menentukan pekerjaanmu di masa depan. Rata-rata pekerja yang bekerja di bidang biologi mendapatkan gaji yang besar loh. Selain upah pekerjaan yang besar sebagai alasanmu memilih pekerjaan, cabang ilmu biologi sangat menarik untuk ditekuni. Maka kamu tidak hanya akan mendapatkan uang hasil kerja namun juga kesenangan.

Tidak seperti yang kamu kira, ilmu biologi tidak hanya mempelajari seputar hewan, tumbuhan, dan manusia secara umum. Namun juga secara mendalam. Maka dari itu dibuatlah cabang-cabang ilmu biologi guna mempelajari satu hal lebih rinci lagi. Berikut ini terdapat beberapa daftar cabang ilmu biologi yang bisa kamu jadikan sebagai konsentrasi dalam ilmu biologi.

Botani

 Cabang ilmu biologi botani ini mempelajari segala hal dalam bidang tumbuhan. Mulai dari reproduksi pada tumbuhan, interaksi antara tumbuhan dengan lingkungannya, pertumbuhan tanaman, pertumbuhan tanaman itu sendiri, karakteristik tiap tumbuhan dan juga pengetahuan – pengetahuan lainnya yang harus dipelajari. Ketika kamu mendalami cabang ilmu ini, kamu mempunyai masa depan sebagai peneliti.

Zoologi

Jika pada cabang ilmu botani mempelajari tentang tumbuhan, maka cabang ilmu zoologi mempelajari tentang hewan. Segala hal tentang hewan akan kamu pelajari di sini. Mulai dari sel zigot hewan, cara perkembang biakan hewan, hingga metode hibridisasi yang bisa menciptakan spesies hewan yang baru. Sama seperti ilmu botani, kamu juga bisa menjadi peneliti jika mendalami ilmu zoologi.

Genetika

Setiap makhluk hidup pasti memiliki gen penyusunnya masing-masing. Gen ini mengatur pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Ilmu yang mempelajari tentang gen disebut genetika dan masuk ke dalam rumpun ilmu biologi. Gen adalah suatu hal yang sangat kompleks dan akan terasa asyik jika dipelajari. Jika kamu memperdalam ilmu biologimu ke cabang ilmu ini, ada kemungkinan kamu bisa menciptakan sebuah gen baru

Ekologi

Ekologi berasal dari kata ekosistem yaitu lingkungan. Cabang ilmu ini tidak hanya memperhatikan lingkungan, namun juga mempelajari bagaimana tumbuhan atau makhluk hidup lainnya berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan sesuatu yang menguntung bagi para makhluk hidup seperti menghindari pencemaran lingkungan. 

Dengan mempelajari ilmu ini, kamu juga bisa membuat dunia lebih baik dengan cara menciptakan suatu produk yang bisa menguntungkan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Dengan adanya alat yang kamu ciptakan, bisa membuat dunia kembali seimbang antara eksistensi alam dan populasi manusia.

 Virologi

Berasal dari kata virus yang merupakan organisme parasit, ilmu ini mempelajari segalah hal yang menyangkut virus. Misalnya seperti perkembang biakan virus, cara penularan, klasifikasi virus, penciptaan virus, atau yang lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa virus adalah musuh semua makhluk hidup, tidak hanya manusia. Maka jika kamu ingin mengetahui salah satu organisme parasit ini, kamu bisa memilih cabang ilmu virologi.

Dengan cabang ilmu ini, kamu bisa menciptakan anti virus atau penawar sebuah virus. Antivirus ini biasa dinamakan dengan vaksin. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus belum memiliki vaksin atau obatnya. Maka, bila kamu mempelajari dan memperdalam ilmu tentang virus ini, maka kamu mempunyai kesempatan untuk menciptakan obat tersebut. Misalnya obat untuk virus HIV AIDS.

Ornitologi

Cabang ilmu ini merupakan cabang ilmu yang jarang terdengar eksistensinya. Ornitologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang burung. Perlu kamu ketahui bahwa burung di dunia ini tidak sedikit. Spesies burung yang sudah ditemukan dan diidentifikasi tercatat sebanyak 8.800 – 10.200 spesies. Sangat banyak bukan? Maka dari itu dibuatlah cabang ilmu ini untuk mempelajari burung. Mulai dari jenisnya hingga perilakunya.

Anatomi

Anatomi sangat terkenal di bidang kedokteran. Anatomi sendiri adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagian dalam tubuh makhluk hidup. Tidak hanya manusia, namun juga hewan dan tumbuhan. Tidak hanya organ dalam yang akan kamu pelajari. Namun juga tentang sifat-sifat dari organ tersebut. Misalnya seperti lambung anjing yang menimbulkan reaksi buruk ketika mengkonsumsi coklat.

Morfologi

Jika anatomi mempelajari struktur tubuh dalam atau organ-organ dalam. Maka morfologi mempelajari struktur bagian luar dari tubuh. Kamu akan mempelajari mengapa terdapat perbedaan sirip pada ikan, atau perbedaan paruh pada burung, bisa juga mempelajari perbedaan komposisi penyusun batang pohon. Semua pertanyaan tersebut bisa terjawab bila kamu memperdalam ilmu biologi pada cabang morfologi.

Entomologi

Tahukah kamu bila serangga berbeda dengan hewan pada umumnya? Jika zoologi mempelajari hewan, maka entomologi mempelajari segala hal tentang serangga. Perlu kamu ketahui bahwa macam serangga seperti spesies burung yaitu sangat banyak sekali. Belum lagi satu spesies bisa memiliki berbagai anakan spesies. Maka dari itu ada cabang ilmu biologi entomologi, ilmu untuk mempelajari serangga.

Mikrobiologi

Berasal dari kata mikro yang berarti ukuran kecil, tidak berarti cabang ilmu ini mempelajari hal-hal kecil ya. Namun mempelajari hal yang lebih spesifik yaitu mikroba dan organisme mikro lainnya seperti plankton, protozoa, bakteri, dan lainnya. Dengan cabang ilmu ini kamu bisa mengetahui manfaat dari makhluk mikro untuk kehidupan manusia. Kamu juga bisa menciptakan sesuatu yang berasal dari organisme mikro yang bermanfaat loh.

Evolusi

Cabang ilmu ini mempelajari makhluk hidup dalam bidang perubahan struktur tubuh. Maksudnya kamu akan mempelajari perubahan struktur tubuh makhluk hidup dari waktu ke waktu dalam jangka yang lama. Pencetus ilmu ini adalah Charles Darwin. Dengan cabang ilmu ini, kamu bisa memprediksi perubahan struktur tubuh yang akan terjadi di masa selanjutnya pada makhluk hidup.

Bioteknologi

Cabang ilmu bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari manfaat organisme lain dan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Contoh kecil dari hasil bioteknologi adalah produk yogurt. Di dalam proses pembuatan yogurt menggunakan dua jenis bakteri yaitu Lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus. Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga akan menciptakan produk serupa.

Histologi

Lain dari history¸ histologi bukan ilmu mempelajari sejarah lho yaa. Histologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari jaringan. Jaringan yang dimaksud adalah jaringan penyusun organisme atau makhluk hidup. Perlu diketahui bahwa jaringan merupakan hal yang rumit dan sangat mikro. Maka dari itu, kamu akan mempelajari ilmu histologi menggunakan mikroskop.

Taksonomi

Ilmu taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkatan dan klasifikasi makhluk hidup berdasarkan perbedaan dan persamaan ciri-cirinya. Ilmu ini lahir karena penelitian yang dilakukan oleh Carolus Linnaeus. Di dalam ilmu ini, kamu akan mengetahui berbagai macam makhluk hidup yang ada di muka bumi. Cabang ilmu biologi yang satu ini termasuk ke dalam jajaran ilmu biologi yang kompleks.

Mikologi

Berbeda dengan mikrobiologi yang mempelajari organisme mikro, mikologi mempelajari tentang jamur. Ilmu ini hadir dikarenakan jamur bukan bagian dari kingdom plantae atau tumbuhan. Jamur memiliki kerajaan atau dunianya sendiri yaitu kingdom fungi. Segala hal tentang jamur dimulai dari sel penyusun hingga macam-macam jamur dapat kamu pelajari di cabang ilmu yang satu ini. 

Bakteriologi

 Jika pada cabang ilmu mikrobiologi mempelajari tentang organisme mikro, pada bakteriologi fokus kepada pembelajaran tentang bakteri. Mulai dari jenis, pemanfaatan, dampak positif yang bisa diambil, antibiotik yang cocok, pelemahan bakteri, dan lain-lain. Dengan memperdalam ilmu bakteriologi, kamu bisa menciptakan suatu jenis makanan baru dari pemanfaatan beberapa jenis bakteri.

Fisiologi

Nama lain dari fisiologi adalah ilmu faal yang mempelajari fungsi kerja alat-alat tubuh. Fisiologi terbagi menjadi 3 cabang ilmu berdasarkan objek yang dipelajari yaitu fisiologi manusia, fisiologi hewan, dan fisiologi tumbuhan. 

Sitologi

Pada cabang ilmu biologi yang satu ini, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang sel. Terutama sel manusia. Sel adalah pemegang peranan penting dalam struktur tubuh. Di dalam sel, bisa memiliki fungsi seperti protein, antibody, respirasi, dan pengaturan genetika. Dengan memperdalam sitologi, kamu memiliki kemungkinan dapat menciptakan antibodi yang cocok untuk segala jenis penyakit.

Embriologi

Berasal dari kata embrio yang merupakan cikal bakal suatu makhluk hidup. Dengan pengertian embrio seperti itu, maka kita dapat mengetahui bahwa embrio adalah hal yang penting untuk dipelajari. Embriologi termasuk ke dalam jajaran ilmu penting dalam rumpun ilmu biologi. Dengan belajar tentang embrio kamu dapat mengetahui sel-sel yang harus ada dalam pembentukan dan perkembangan embrio.

Biologi molekuler

Molekuler yang berasal dari kata molekul ini mempelajari tentang molekul-molekul yang serta pemanfaatan molekul di dalam kehidupan manusia. Ketika kamu mempelajari ilmu ini, kamu memiliki peluang dalam menciptakan molekul buatan atau bila menyangkut hal yang lebih kompleks, kamu bisa menciptakan DNA buatan yang lebih sempurna.

Imunologi

Ketika belajar biologi mengenai makhluk hidup, pasti kamu akan membahas tentang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh suatu makhluk. Nah, imunologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh suatu makhluk hidup loh. Hasil dari mempelajari cabang ilmu ini adalah kamu bisa menciptakan suatu vitamin khusus yang bisa meningkatkan sistem imun pada makhluk hidup lain untuk menjadi lebih baik.

 Paleontologi

Cabang ilmu biologi yang terakhir ini adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan dan hewan. Namun objek dari pembelajaran ini adalah tumbuhan dan hewan yang sudah menjadi fosil. Kamu akan mempelajari spesies hewan dan tumbuhan yang lama dan kemudian dimasukkan ke dalam klasifikasi makhluk hidup yang merupakan kajian dari cabang ilmu biologi taksonomi.

Demikian beberapa cabang ilmu biologi yang bisa kamu pilih sebagai konsentrasi dalam memperdalam ilmu biologi. Dengan cabang ilmu yang ada, kamu bisa menjadi ilmuwan, penemu, atau peneliti. Ketika kamu menjadi salah satu dari ketiga profesi tersebut, kamu mempunya kesempatan dalam memperbaiki dunia lebih besar dibanding yang lainnya. 

Dengan ilmu yang kamu ketahui, kamu bisa menciptakan sesuatu untuk menyeimbangakan alam. Namun, tidak perlu tergesa-gesa dalam meraih impian tersebut. Kamu bisa mulai dari mempelajari ilmu biologi secara umum terlebih dahulu. Jika kamu sudah menguasainya, suatu saat kamu akan dihadapkan dengan pilihan konsentrasi ilmu dan kemudian kamu bisa menjadi ilmuwan, peneliti, atau penemu.