Kuliah berbasis online bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah namun tak ingin kerepotan dengan jadwalnya. Bukan tanpa alasan, jenis kuliah satu ini memang sangat direkomendasikan untuk kamu yang sangat sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengikuti jadwal perkuliahan. 

Namun, apa sebenarnya kuliah online itu sendiri dan bagaimana cara kerjanya. Sudah pasti hal ini harus kamu pahami dengan baik agar kamu lebih mudah dalam menjalani prosesnya nanti. Jangan merasa asing dengan istilah kuliah online seperti ini. Sebenarnya sudah ada banyak sekali mahasiswa yang mencoba jenis perkuliahan satu ini.

Terlebih di luar negeri, kuliah online menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Jadi kamu tetap bisa melakukan pekerjaan kamu saat ini, namun kamu masih bisa mengejar pendidikan dan mendapatkan gelar yang kamu idam-idamkan. Penasaran info lebih lanjut mengenai kuliah online ini? Simak paparan lengkapnya di bawah ini.

Metode Kuliah Online

Dalam banyak hal, perguruan tinggi online ini sama saja dengan perguruan tinggi pada umumnya. Materi pembelajaran yang diberikan secara online ini juga sama dengan materi di kampus. Kedua jenis perkuliahan ini juga sangat sangat mirip dari segi regulasi dan tenggat waktu pendidikannya. Jadi keduanya tetap memiliki jam belajar. kamu tidak bisa berleha-leha di dalamnya.

Jadi yang berbeda dari kedua hal ini adalah metode pembelajarannya saja. Kuliah berbasis online menggunakan kelas virtual. Sedangkan kuliah biasanya menggunakan kelas yang biasa. Tapi kamu tetap tidak boleh menyepelekan jenis kuliah satu ini karena ada banyak sekali keuntungan yang akan di dapat di dalamnya. Terlebih manfaat yang di dapat juga sama besar.

Ruang Kelas Kuliah Online

Ruangan kelas pada sistem kuliah online dirancang sepersis mungkin dengan kelas tradisional. Jadi kamu tidak akan merasa asing saat menjalani proses belajar mengajar di dalamnya. Sebagian besar perguruan tinggi yang menyediakan fitur kuliah online ini menggunakan program software berbasis web bernama Blackboard. 

Ruang kelas virtual ini sendiri sangat kompatibel dengan berbagai kondisi dan bisa disesuaikan sesuai selera kamu. Di dalamnya ada banyak sekali tombol navigasi yang akan memudahkan kamu dalam menjalani proses kuliah di dalamnya. Tentunya di setiap ruangan kelas ini akan ada seorang profesor yang mengajar kamu.

Selain ruang kelas, di dalam kuliah berbasis online ini juga ada beberapa modul yang sudah disetting sedemikian rupa. Modul modul tersebut meliputi Blog, Grup, Papan Diskusi, Tugas, Ujian dan Nilai. Sedemikian lengkapnya modul yang diterapkan agar kamu lebih mudah dalam menjalani setiap proses pembelajaran di dalamnya.

Kondisi Kelas Dalam Kuliah Online

Ada dua format kelas dalam pembelajaran kuliah berbasis online ini. Yang pertama adalah format Sinkron atau langsung. Pada format satu ini siswa diharapkan hadir pada hari dan jam tertentu. Jadi jadwal tetap sudah ditentukan jauh sebelum proses perkuliahan itu sendiri dimulai.

Namun, bagi kamu yang memiliki kesibukan, ada metode lain yang jauh lebih direkomendasikan. Metode tersebut adalah metode asinkron. Dengan metode satu ini kamu akan jauh lebih mudah untuk memilih waktu terbaik karena waktu yang diberikan jauh lebih fleksibel. Dalam kuliah asinkron ini kamu tidak bisa melakukan livechat bersama para peserta kuliah online lainnya.

 Jadi kamu hanya sendirian dalam mempelajari materi kuliah yang diberikan dan tanpa ada fitur diskusi pula. Kamu bisa tetap melakukan pekerjaanmu tanpa terganggu dengan perkuliahan ini. Jadi, kemu tetap dapat ilmu, bukan?

Cara berkomunikasi Dengan Dosen

Saat menjalani kuliah berbasis online ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubungi atau berkomunikasi dengan dosen. Salah satunya adalah melalui email, atau bahkan telepon. Tapi ada juga beberapa dosen yang memberikan kemudahan kepada para mahasiswanya untuk menghubungi dengan video call.

Namun, tentunya kamu harus mendapat persetujuan dari dosen itu sendiri. Biasanya mereka akan memberikan rekomendasi cara menghubungi yang paling adil dan mudah. kamu hanya perlu menggunakan cara tersebut untuk berkomunikasi dengan mereka. Dengan begitu, baik dosen maupu mahasiswa sama-sama diuntungkan.

Mahasiswa Online Bisa Berpartisipasi Secara Langsung di Kampus

Meskipun kamu melakukan kuliah secara online, kamu adalah mahasiswa yang terdaftar secara resmi di kampus tempat kamu melaksanakan kuliah tersebut. Hanya saja mungkin ada batasan tertentu yang harus dipatuhi karena aturan sudah ditetapkan sejak awal. 

Namun jika kamu memang menginginkannya, kamu bisa datang langsung ke kampus dan berkomunikasi dengan dosen dosen kamu secara langsung. Kamu juga bisa mendapatkan fasilitas kampus lainnya seperti mengikuti organisasi, kelompok belajar, acara olahraga dan berbagai event lain yang mungkin dilaksanakan pada kampus tempat kamu mengikuti kuliah berbasis online ini.

Apakah Kuliah Online Itu Memiliki Tensi Tinggi?

Percaya atau tidak, tensi kuliah biasa dengan kuliah secara online sama saja. Pasalnya para dosen yang mengajar di dalamnya juga menggunakan silabus yang sama dengan kuliah biasa. Jadi materi pendidikan dan kualitas pengajaran yang diberikan juga sama. Jika mereka yang kuliah secara offline mendapatkan tensi, kamu juga akan mendapatkan tensi yang sama.

Yang berbeda di antara keduanya hanyalah format pendidikan yang diberikan serta ruang kelas yang ada. Jika kita melihat struktur yang lain, ada banyak kesamaan yang akan kamu dapatkan. Karenanya jika masih ada orang yang beranggapan kuliah berbasis online ini tidak berkualitas, mungkin kamu harus menarik omonganmu kembali.

Seperti Apa Jenis Tugas Pada Kelas Online?

Hal lain yang mungkin menjadi pertanyaan pada calon mahasiswa adalah jenis tugas yang diberikan pada saat mereka menjalani kuliah secara online. Karena berbasis online, tentu saja tugas yang diberikan juga akan berkaitan dengan segala hal pada kuliah berbasis online

Misalnya seperti menonton video dan kemudian menanggapinya, atau bahkan membuat essay dengan materi yang beragam sesuai perintah dari dosen. Selain jenis tugas tersebut, kamu juga akan mendapatkan kuesioner, dan ujian tentunya. Biasanya pada ujian seperti ini webcam menjadi satu satunya media yang akan mengawasi kamu sejak proses dimulai hingga selesai. 

Tak hanya itu saja, pada pendidikan kuliah online ini ada juga metode pembuatan grup belajar dan forum diskusi yang akan mengasah ketajaman analisis kamu. Jadi, kamu bisa berbagi ilmu dengan teman belajar lainnya tanpa perlu pergi ke luar rumah.

Biaya Kuliah Online Seperti Ini

Jika kita membahas biaya, tentu tidak ada estimasi harga yang spesifik. Hanya saja jika boleh kami paparkan, biaya kuliah berbasis online ini jauh lebih terjangkau dibandingkan jenis perkuliahan biasa. Secara logika saja, kamu tidak perlu memperhitungkan biaya transport dan biaya lainnya. Modal keseharian kamu adalah biaya kuota dan mungkin biaya pembelian media belajar yang memadai.

Agar mendapatkan kampus kuliah online yang berkualitas, pastikan kamu melakukan analisis sedalam mungkin sebelum memutuskan hendak kuliah dimana. Hal ini akan membuat kamu jauh dari risiko gagal saat menyelesaikan proses perkuliahan kamu nantinya. Jangan asal dalam memilih karena kuliah berbasis online ini benar-benar membutuhkan pengajar yang berkualitas dan tidak sembarangan. 

Meta Deskripsi : Mengenal lebih jauh tentang kuliah berbasis online dan cara terbaik yang bisa dilakukan agar mendapatkan tempat kuliah yang berkualitas.