Mungkin tidak semua orang suka dengan pelajaran fisika, karena memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama dengan pelajaran matematika. Tapi tahukah kamu berawal dari pelajaran fisika telah membawa kemajuan dalam peradaban manusia.

Di bawah ini beberapa tokoh di bidang fisika yang telah memberikan sumbangan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat. Biar tidak penasaran, langsung cek pembahasannya di bawah ini.

Intip 14 Tokoh di Bidang Fisika dan Kisah Penemuannya

Albert Einstein

Siapa yang tidak tahu tokoh ilmuwan yang satu ini? Hampir semua orang tahu siapa dia. Ia adalah Albert Einstein, seorang fisikawan yang terkenal dengan teori relativitas yang termasuk di dalamnya adalah formula persamaan antara energi dan massa yang biasa ditulis E=mc².

Selain teori relativitas yang ditemukan pada tahun 1905, tak lama setelah itu ia menemukan teori kuantum.

Michael Faraday

Mungkin kamu yang pernah mengambil pelajaran fisika pernah mendengar nama yang satu ini. Michael Faraday lahir di Newington Butts pada 22 September 1791 merupakan seorang ilmuwan asal Inggris yang dikenal sebagai “Bapak Listrik” karena penemuannya di bidang kelistrikan sangat bermanfaat hingga hari ini.

Beberapa penemuannya yang terkenal adalah Hukum Induksi Faraday, elektrokimia, balon karet, sangkar Faraday dan masih banyak lagi.

 Ernst Karl Abbe

Tidak banyak yang tahu siapa ilmuwan yang satu ini. Namun jika kamu menekuni bidang ilmu yang melibatkan penggunaan mikroskop dan teleskop ruang angkasa mungkin tahu siapa ilmuwan yang satu ini.

Ia adalah Ernst Karl Abbe atau disebut Ernst Abbe merupakan seorang fisikawan asal Jerman, ilmuwan di bidang optik dan entrepreneur. Bersama Otto Schott dan Carl Zeiss, ia memproduksi alat optik dan mendirikan perusahaan Carl Zeiss AG. Hingga saat ini perusahaan tersebut masih memproduksi alat optik, seperti mikroskop ilmiah, teleskop ruang angkasa, binokular, kacamata dan sebagainya.

Beberapa penemuannya dalam ilmu optik, antara lain lensa apokromatik, kondensor Abbe, refraktometer dan lain sebagainya.

Archimedes

Ia adalah seorang ilmuwan Yunani yang terkenal sebagai matematikawan, fisikawan, insinyur, penemu dan ahli astronomi. Penemuannya yang paling terkenal adalah Hukum Archimedes. Dilansir dari quipper.com, Hukum Archimedes berbunyi benda yang dicelupkan ke dalam zat cair akan mengalami gaya angkat ke atas yang besarnya sama dengan zat cair yang dipindahkan.

Amedeo Avogadro

Siapa pun yang pernah belajar ilmu fisika, tentu pernah mempelajari Hukum Avogadro. Dilansir dari Wikipedia, hukum ini berbunyi, “Gas-gas yang memiliki volume yang sama, pada suhu dan tekanan yang sama, memiliki jumlah molekul yang sama pula.”.

Ilmuwan dibalik hukum tersebut adalah Amedeo Avogadro, yakni seorang ilmuwan yang berasal dari Italia dan terkenal dengan teori molekul yang saat ini dikenal sebagai Hukum Avogadro.

Wilhelm Röntgen

Untuk keperluan medis, terkadang kita diminta untuk melakukan foto rontgen untuk mengetahui kelainan dalam tubuh tanpa perlu melakukan pembedahan. Tapi tahukah kamu siapa orang yang berjasa dibalik mesin untuk foto rontgen? Ia adalah seorang fisikawan dan insinyur mekanik asal Jerman yang menemukan dan mendeteksi radiasi elektromagnetik yang diketahui sebagai sinar X atau sinar rontgen.

Saat awal ditemukannya sinar ini dan ingin diajukan untuk menjadi paten, komunitas medis menolak penemuan Röntgen ini. Namun lama-lama dunia kedokteran membutuhkan untuk mendiagnosis patah tulang dan koin yang tertelan. Seiring berjalannya waktu, penggunaan sinar X semakin berkembang.

Marie Curie

Memiliki nama lengkap Marie Skłodowska Curie adalah seorang ilmuwan di bidang fisika dan kimia yang menjadi pelopor dalam penelitian radioaktivitas. Ia merupakan perempuan pertama yang menerima penghargaan nobel dan perempuan satu-satunya yang meraih penghargaan nobel dua kali.

Beberapa prestasinya yang paling terkenal, antara lain pengembangan teori radioaktif, polonium dan radium. Dalam penelitiannya, ia bekerja sama dengan suaminya Pierre Curie dan fisikawan Henri Becquerel.

Alexander Graham Bell

Hampir semua orang tahu siapa itu Alexander Graham Bell. Ia lebih dikenal sebagai penemu telepon meskipun penemu sebenarnya adalah Antonio Meucci dan Bell hanya mengembangkannya saja.

Walaupun begitu, Alexander Graham Bell juga memiliki penemuan lain, seperti photophone, yakni telepon tanpa kabel yang dapat mentransmisikan suara dengan sinar cahaya. Meskipun penemuan ini tidak dilanjutkan karena keterbatasan teknologi masa itu, penemuan ini menjadi permulaan dikembangkannya ponsel saat ini. Selain itu, ia juga menciptakan mesin elektromagnetik untuk mendeteksi peluru di dalam tubuh Presiden James Garfield.

Alexander Graham Bell merupakan salah satu pendiri dari perusahaan telekomunikasi American Telephone and Telegraph Company atau yang saat ini lebih dikenal sebagai AT&T Corporation.

Daniel Bernoulli

Daniel Bernoulli merupakan seorang ilmuwan berkebangsaan Swiss yang menekuni bidang matematika dan fisika yang terkenal akan prestasinya dalam mengaplikasikan matematika ke dalam mekanika, khususnya dalam mekanika fluida yang di dalamnya terdapat istilah Prinsip Bernoulli.

Vilhelm Bjerknes

Pasti banyak sekali orang yang belum tahu siapa itu Vilhelm Bjerknes. Walaupun begitu, penemuannya di bidang sistem ramalan cuaca tentu sangat bermanfaat dewasa ini.

Bjerknes merupakan seorang ilmuwan di bidang fisika dan meteorologi yang berkebangsaan Norwegia. Ia menciptakan formula untuk menghitung prediksi cuaca dan iklim. Bjerknes juga mengembangkan Sekolah Meteorologi Bergen yang sangat sukses di bidang prediksi cuaca dan meteorologi pada awal abad ke-20.

Heinrich Hertz

Hertz adalah seorang ilmuwan asal Jerman yang menekuni bidang fisika dan berhasil membuktikan adanya gelombang elektromagnetik yang telah diprediksi James Maxwell.

Beberapa penemuannya yang lain adalah radar, antena dipol, telegraf nirkabel dan pemancar radio.

Niels Bohr

Nama yang satu ini mungkin tidak asing lagi. Ia adalah salah satu ilmuwan yang sangat dipertimbangkan karena memberikan kontribusi dalam pemahaman mengenai struktur atom dan teori kuantum.

Selain penemuan besarnya tersebut, Bohr juga menghasilkan 155 publikasi yang berasal dari buah pikirannya.

Guglielmo Marconi

Jika kamu pernah dan suka mendengarkan radio, pernahkah terpikir siapa orang dibalik penemuan radio ini?

Radio ditemukan oleh seorang insinyur elektronik asal Italia bernama Guglielmo Marconi. Mungkin beberapa di antara kamu pernah mendengar nama ini. Selain menemukan radio, ia juga menemukan telegraf tanpa kabel, detektor magnetik dan antena monopol.

Isaac Newton

Nama ilmuwan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan mereka yang tidak mempelajari ilmu fisika pun tahu siapa dia. Isaac Newton adalah ilmuwan yang menekuni bidang fisika dan matematika sekaligus ahli astronomi asal Inggris.

Penemuannya yang pailng terkenal tentu teori gravitasi bumi. Selain itu, ia juga menemukan teleskop Newtonian, teleskop refleksi, mengembangkan analisis spektral dan menghasilkan banyak publikasi.

Nah, itulah 14 tokoh ilmuwan yang menekuni bidang fisika dan telah memberikan sumbangan ilmu pengetahuan yang sangat berguna untuk kemajuan dunia di masa sekarang dan yang akan datang. Semoga kisahnya dapat menginspirasi.