Apakah kalian merasa bosan dengan design slide presentasi yang kalian buat? Designnya itu–itu aja ya? Hmm. Sepertinya kalian butuh hiburan, hahaha. Tidak – tidak, kalian hanya perlu mengeksplorasi semua yang ada di laptop dan di internetmu. Untuk membuat slide presentasimu menjadi tidak membosankan, kamu hanya perlu gambar–gambar baru yang bisa kamu dapat di internet.

Nah, kali ini kami akan membantu kamu dalam mempercantik slide presentasimu di Microsoft powerpoint. Kami akan memberikan beberapa tips and trik untuk mengatasi kebosananmu terhadap slide presentasimu sendiri. Dengan slide presentasi yang cantik, kamu jadi mempunya kesempatan lebih untuk mencuri perhatian audience loh.

Yuk simak bacaan di bawah ini dan jangan lupa untuk mempraktikkannya ya!

Ganti backgound dengan gambar

Siapa bilang background slide di powerpoint tidak bisa diganti selain mengikuti design yang sudah ada? Yee, kamu mainnya kurang jauh sih, hahaha. Tentu kamu bisa mengubah background slide tersebut dengan warna lain atau bahkan gambar lain. Mudah sekali tentunya, kamu hanya perlu ke menu design dan kamu akan menemukan format background di paling pojok kanan pada menu tersebut.

Dengan pilihan format background, kamu bisa mengubah background slide dengan warna lain atau bahkan foto kamu loh. Kamu juga bisa memberikan gif pada background slide-mu loh. Jadi, selain memberikan keindahan, kamu juga bisa memberikan hiburan di dalam slide presentasimu dengan gambar bergerak sebagai backgroundnya.

Bermain dengan Shapes

Ide mempercantik slidemu yang pertama ialah kamu bisa bermain dengan shapes di menu insert. Gambarlah pola–pola acak dan tempatkan sesuai imajinasimu di dalam slide yang ada. Jangan lupa mainkan perpaduan warna yang tepat. Kamu bisa mencari insipirasi di internet. Dari contoh–contoh yang ada di internet, kamu bisa mengembangkannya atau bahkan kamu bisa menciptakan design baru yang ‘kamu’ banget nih.

Buatlah judul yang menonjol

Selain design atau tema yang dapat menentukan kemenarikkan presentasimu, judul juga bisa menjadi salah satu unsur daya tarik dalam presentasimu loh. Kamu harus memberikan judul yah ‘wah’ dalam artian membuat audience menjadi terkesan dan semua mata akan tertuju ke slide presentasimu. Dengan begitu kamu sudah dikatakan bisa mencuri perhatian audience.

Sisipkan Animasi

Kamu bisa menambahkan animasi kecil di dalam slide presentasimu loh. selain bisa menjadikan slidemu menarik, animasi ini juga bisa memberikan keterangan yang lebih mengenai bahan presentasimu. Contohnya jika kamu sedang membahas tentang game lewat presentasimu, kamu bisa menyisipkan gambar animasi konsol game di sana.

Gunakan tema custom

Kamu pasti pernah melihat tema slide presentasi di internet bagus–bagus ya? Dari sekian banyak tema yang menarik perhatianmu, ada kemungkinan salah satu dari tema tersebut adalah tema custom yang kamu bisa download di internet. Mudah sekali mencarinya, kamu hanya perlu menyisipkan keyword ‘download tema ppt’ di mesin pencari dan hasilnya akan muncul. Selamat mencoba!

Kurangi Konten / Slide

Sebenarnya presentasi ialah penyampaian cerita dari materi yang ingin kamu sampaikan. Nah, slide presentasi ini sebagai media kamu bercerita. Jadi lebih baik kamu tidak menggunakan media yang banyak sehingga tidak membuat pusing para pendengar. Dengan kata lain, janganlah kamu membuat terlalu banyak slide dalam powerpointmu. Jika kamu membuat terlalu banyak slide, penonton akan menjadi bosan dan lama kelamaan kamu akan kehilangan ketertarikan mereka.

Gunakan chart untuk membuat diagram

Ketika kita mempresentasikan suatu hasil penelitian, pasti akan menampilkan setidaknya satu slide tentang data penelitian. Nah data tersebut bisa dipresentasikan melalui diagram loh. kamu bisa membuat diagram dengan menggunakan chart yang ada pada menu insert. Selain data, kamu juga bisa menggunakan chart sebagai pembantu dalam menunjukkan sebuah tulisan loh.

Misalnya kamu ingin menulis tentang siklus 4 musim. Cara membuatnya mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu insert > klik chart > klik pie (di jendela chart) > pilih doughnut (di sebelah kanan) > ok. Kemudian kamu hanya perlu mengatur angka pada lama excel yang tersedia sehingga terbagi menjadi 4 bagian.

Setelah jadi dan jendela excel di tutup, kamu bisa kembali mengeditnya menjadi lebih baik sesuai yang kamu bisa. Mungkin ini bisa menjadi contoh untukmu.

Gunakan animation

Pada bagian atas toolbar di powerpoint, terdapat menu animation yang bisa kamu manfaatkan. Menu tersebut bisa memberikan efek animasi pada tulisannmu. Menu ini bisa kamu manfaatkan guna membuat prresentasimu menjadi lebih menarik dihadapan audience. Memiliki fungsi yang sama, kamu bisa beralih ke menu di sebelah kiri animation yaitu transition.

Jika animation bermain pada tulisan di dalam slide, maka transtition akan memberikan animasi pada slidemu. Bukan menambahkan sebuah gambar animasi ya, melainkan ketika kamu memindahkan slide dan menggunakan fitur transtition ini, slide kamu akan berpindah mengikuti animasi yang kamu pilih. Ini juga bisa menjadi daya tarik untuk presentasimu loh.

Demikian tips dan trik yang bisa kami berikan kepadamu. semoga tulisan ini dapat berguna dan kamu bisa semakin mempercantik slide presentasimu. Banyak – banyaklah bereksperimen dengan menu dan pilihan yang ada pada toolbar. Kamu juga bisa berekspresimen dengan custom design di pilihan yang ada. Cobalah semua fitur yang ada pada powerpointmu. Kamu juga bisa meneksplor berbagai contoh dan inspirasi di internet lohh.