Aplikasi Excel dasar zaman sekarang digunakan hampir di seluruh pekerjaan. Mulai dari pekerjaan sebagai admin, guru, bahkan untuk Anda yang sedang menyusun pengeluaran dan pemasukan harian. Sayangnya, beberapa orang menganggap sulit karena dalam aplikasi Excel tersebut terdapat rumus yang rumit.

Bertemu dengan artikel ini adalah sebuah keberuntungan. Sebab akan kami jelaskan beberapa hal yang menjadi dasar dalam menjalankan aplikasi Excel tersebut. Tentunya dengan tips serta trik yang akan memudahkan. Semua hal yang Anda kira dikerjakan secara manual, ternyata hampir semua bisa dikerjakan secara otomatis! 

Membuka Excel Dasar dengan Cepat

Semakin cepat Anda membuka Excel, maka semakin baik pula dalam efisiensi pekerjaan. Untuk itulah perlu adanya shortcut pada layar Anda. Shortcut tersebut dapat dipasang langsung ke layar utama desktop Anda, pin bagian taskbar, atau langsung costumize aplikasi Excel supaya bisa muncul dengan kombinasi tombol tertentu.

Menggunakan keybord Anda windows + R kemudian ketik Excel. Akan tampil aplikasi dan di bar kanan muncul pin to taskbar. Dengan begitu setiap hendak membuka Microsoft Excel menjadi lebih cepat dan mudah. Anda pun bisa langsung memulai pekerjaan dengan tips pertama ini. Untuk lebih jelasnya silakan simak gambar di bawah.

Menyisipkan Baris di Tengah Pekerjaan

Dalam aplikasi Excel yang sering menuntut dikerjakan dengan cepat, tidak jarang seseorang lupa memasukkan baris-baris tertentu. Sehingga perlu adanya tips mudah dalam Excel menyisipkan baris di tengah pekerjaan. Caranya sangat mudah dan bisa Anda coba sekarang juga. Tidak perlu khawatir jika ada baris atau data yang terlewatkan.

  1. Pilih dan blok bagian yang ingin diberikan baris baru di tengah pekerjaan. Lihat gambar di bawah ini. 

2. Setelah itu klik kanan dan pilih insert. Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis aplikasi Excel terutama pada Excel 2010. 

3. Akan muncul pilihan apa yang hendak diinputkan ke dalam pekerjaan. Untuk memasukkan baris baru, tandai pada entire row kemudian klik OK.

4. Hasil akhirnya menjadi seperti ini.

Dalam proses penyajian data, sebagai Excel dasar memang terdapat banyak tips yang dapat Anda lakukan. Dengan terus menggunakan Excel setiap hari, Anda akan bisa mendapat pengetahuan secara empiris untuk mengoperasikan secara otomatis. Tentu saja hal tersebut jika dilakukan secara otomatis akan menjadi lebih mudah.

Memindah Kolom Menjadi Baris di Excel

Trik selanjutnya merupakan kepraktisan dalam pengoperasian aplikasi ini. Anda sebagai operator mesti dengan sigap mengubah bentuk tanpa merusak data-data yang ada. Misalnya saja bos menyuruh untuk mengubah kolom menjadi baris, hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis tanpa perlu menginput satu per satu data.

  1. Blok kolom yang ingin diubah menjadi baris, kemudian klik copy.

2. Setelah itu pilih di kotak mana akan diubahnya. Jika sudah, klik kanan pada tempat itu dan klik paste special. 

3. Akan muncul kotak dialog baru. Tandai pada kotak transpose. Kemudian klik OK.

4. Hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah.

Pekerjaan dalam mengupayakan kemudahan selalu ada. Salah satu trik dan tips Excel dasar adalah memindahkan kolom menjadi baris. Anda pun –dengan langkah serupa—dapat mengubah baris menjadi kolom. Sangat mudah dan seorang operator dasar harus tahu tentang itu.

Formula Dasar Excel Menjadi Modal Awal

Tips lainnya merupakan formula paling dasar mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta menghitung rata-rata. Caranya sangat mudah, konsepnya sama dengan perhitungan matematika dengan simbol yang sudah dikenal. Formula tersebut merupakan modal yang mesti dimiliki setiap operator andal.

  1. Penjumlahan dengan tanda (+), contohnya; =c3+c4. Dalam penjumlahan, Anda bisa juga memakai formula =SUM(c3+c4)

2. Pengurangan dengan tanda (-), contohnya; =c3-c4

3. Perkalian dengan tanda (*), contohnya; =c3*c4

4. Pembagian dengan tanda (/), contohnya; =c4/c4

5. Rata-rata dengan formula AVERAGE, contohnya; =AVERAGE(c3:c5)

Jangan lupa awali setiap formula pakai sama dengan (=). Sedangkan formula dasar rata-rata tersebut, tanda titik dua (:) bermakna sampai dengan. Anda cukup dengan mengeklik satu bagian ke bagian lain dalam sel yang terpilih. Itulah Excel dasar sebagai pijakan awal untuk memahami aplikasi ini. Simak terus trik dan tips terbaru Excel.