Belajar ms word bukanlah suatu kesulitan bila kita memiliki keinginan untuk belajar. Jika kamu merupakan orang yang baru mengenal ms word atau bisa dikatakan pemula, maka kamu harus mengetahui dasar–dasar dan tips n trik dalam menggunakan ms word. Dengan begitu, kamu bisa mengetik, mengatur, dan mengedit teks dengan baik dan cekatan.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pra sarana untuk kamu dalam mempelajari ms word. Artikel ini akan membahas kombinasi tombol–tombol dalam keyboard yang berfungsi dalam ms word dan dengan tips ini kamu bisa semakin mempercepat pekerjaanmu.

Bahkan bisa saja kamu jadi tidak membutuhkan mouse setiap saat, cukup mengandalkan keyboard saja juga bisa loh. mau tau bagaimana caranya? Yuk simak tulisan–tulisan di bawah ini dengan seksama dan jangan lupa praktekan ya!

Huruf Kapital & Tanda Baca

Apakah kamu pernah ingin memakai huruf kapital di tengah–tengah kalimat? Pasti pernah ya, dan kamu akan menghabiskan waktumu hanya untuk klik tombol capslock dua kali. Lebih baik kamu menggunakan trik ini, yaitu menekan tombol Shift + (huruf/angka) secara bersamaan. Kombinasi tombol ini sangat mudah untuk digunakan dan diingat yaa.

Paste

Pasti kamu pernah mendengar kata paste yang sering disandingkan dengan kata copy ya? pada tab Home bagian Clipboard juga terdapat pilihan Paste dengan ikon papan jalan dan kertas. Jika kamu hanya mengandalkan kursor untuk mengakses ini, maka kamu sudah membuang–buang waktumu. Padahal kamu bisa menggunakan pintasan loh.

Dengan hanya menekan dua kombinasi tombol, kamu sudah bisa menjalankan fungsi paste loh. yaitu kombinasi Ctrl + V pada keyboard. Jika sebelumnya kamu sudah menyalin sesuatu dan kamu ingin memindahkan itu, kamu hanya perlu menekan kombinasi yang sudah kami berikan. Selamat mencoba!

Bold / Mempertebal Tulisan

Pilihan Bold adalah fitur yang digunakan untuk mempertebal tulisan kamu. fitur ini juga bisa memperjelas maksud dari tulisan kamu. cara untuk mengakses ini pun mudah. Fitur ini tersedia di tab Home bagian Font. Namun akan lebih mudah lagi jika kamu menggunakan cara pintasan yaitu dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + B pada keyboard. Dengan begitu, kamu sudah mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaanmu.

Jika kamu ingin menonaktifkan fitur ini melalui kombinasi keyboard juga, kamu hanya perlu menekan kombinasi tersebut sekali lagi dan voila! Fitur sudah tidak aktif.

Italic

Italic adalah salah satu fitur dalam tab Home bagian Font. Fitur ini berfungsi membuat tulisanmu menjadi miring. Apa gunanya membuat tulisan miring? Salah satu gunanya yaitu untuk memperjelas maksud dari tulisanmu. Misalnya jika di dalam tulisanmu terdapat kata yang asing, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memperjelas kata tersebut.

Caranya bagaimana? Mudah sekali. Kamu bisa lakukan dengan dua acara. Yang pertama adalah cara basic yaitu blok kata yang ingin kamu miringkan dan kemudian arahkan kursormu ke tab Home di bagian Font dan di sana akan ada icon I yang menandakan italic. Cara yang kedua yaitu dengan cara yang mudah. Kamu cukup dengan ngeblok kata tersebut dan tekan kombinasi tombol Ctrl + I pada keyboard.

Menyimpan Dokumen

Berlanjut ke varian Ctrl lainnya, kali ini kami memberikan fungsi yang tak kalah penting dari yang lainnya. yaitu fungsi save atau menyimpan. Pastikan dokumenmu tersimpan dengan baik dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + S setiap kamu selesai menyelesaikan beberapa kalimat.

Nah, untuk mempermudah kamu dalam menyimpan, lebih baik kamu manfaatkan saja kombinasi tombol ini dari pada kamu harus menjangkau ikon save di pojok kiri atas. Itu akan memakan waktu lebih banyak loh.

Membuat Halaman Baru

Jika kamu adalah orang yang sering sekali membuat makalah atau proposal, maka kamu akan sangat membutuhkan trik ini. yaps, membuat halaman baru dengan jalan pintas! Setiap kamu ingin membuat halaman baru, pasti kamu melakukannya dengan menekan tombol Enter berkali–kali hingga mendapatkan halaman baru.

Sekarang, setelah membaca ini, kamu sudah seharusnya menekan kombinasi tombol Ctrl + Enter untuk menuju ke halaman baru. Cukup mudah bukan? pun kombinasi ini mudah untuk dilakukan dan diingat yaa.

Undo / Membatalkan Perintah

Pasti kamu pernah atau bahkan sering menggunakan fitur yang satu ini. Yaps, membatalkan perintah atau mengembalikan keadaan dokumenmu menjadi seperti sebelumnya. Apa yang kita ketahui tentang undo ini adalah ikonnya yang terpojok di kiri atas. Jika kamu menggunakan kursor, akan memakan waktu lama loh, ya walaupun tidak selama kamu tidur ya, haha.

Untuk mempersingkat waktu dan mempermudah pekerjaanmu, kamu bisa menggunakan fitur ini dengan kombinasi tombol sebagai pintasan. Yaitu kombinasi tombol Ctrl + Z. cukup tekan kedua tombol ini dan kemudian kamu sudah bisa menggunakan fitur undo ini. cukup mudah bukan?

Ngeblok Paragraf

Untuk melakukan bloking pada paragraf, biasanya kita akan klik dan drag kursor hingga ngeblok satu paragraph. Namun, setelah kamu mengetahui trik ini, kamu tidak perlu lagu untuk melakukan hal merumitkan seperti itu. Kamu hanya perlu klik tiga kali pada ujung kalimat di paragraph yang ingin kamu blok. And coila! satu paragraph penuh sudah terblok hanya dengan tiga kali klik! Mudah bukan?

Ngeblok Semua Tulisan Pada Paragraf

Mungkin selama ini ketika kamu ingin ngeblok semua tulisan, kamu sudah terbiasa dengan klik dan drag ya. pernah tidak terlintas di pikiranmu bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang melelahkan dan membuat pekerjaanmu jadi membutuhkan waktu yang lebih lama? Pasti pernah ya. makanya kamu membutuhkan sebuah jalan pintas untuk melakukan perintah tersebut.

Jika ingin ngeblok semua tulisan yang ada pada dokumenmu, kamu bisa dengan mudah menekan kombinasi tombol Ctrl + A loh. lebih mudah dan juga dapat meringankan pekerjaanmu yaa. Daripada kamu harus ngedrag dari bawah sampai atas. Apalagi kalau tulisan yang sudah kamu buat sangatlah banyak. Duh, bakalan capek deh.

Memperbesar Font Size

Ketika kamu ingin memperbesar font size pada satu kata atau semua tulisan di dokumenmu, pasti kamu terbiasa melakukan blok semua tulisan dan kemudian mengarahkan kursor ke tab Home bagian Font. Eits, kali ini kamu bisa mempersingkat kegiatan tersebut loh. bagaimana caranya? Mudah sekali.

Yang pertama, kamu perlu melakukan bloking pada semua tulisan atau hanya pada bagian yang ingin kamu ubah font size-nya. Yang kedua, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + < (untuk memperkecil ukuran) atau Ctrl + > (untuk memperbesar ukuran).

Demikian tips dan trik yang bisa kami berikan untuk mempermudah kamu dalam menggunakan ms word sebagai pemula. Sangat penting bagimu untuk mengetahui tips ini. cobalah tips ini dan kamu akan senang karena pekerjaanmu jadi memakan waktu yang lebih singkat.