Memasak merupakan salah satu cara untuk bertahan hidup yang kemudian berkembang menjadi hobi. Sepertinya hampir semua orang diberikan kemampuan untuk bisa memasak, namun hanya segelintir saja yang memang mahir memasak tanpa harus belajar dan sebagian yang lain harus belajar dari awal untuk menjadi mahir.

Dalam memasak ternyata juga ada ilmunya dan tidak hanya sekadar memasak makanan hingga jadi kemudian sudah. Nah, pada artikel kali ini penulis akan berbagi tips belajar memasak terbaik yang jarang kita dengar. Kira-kira apa saja tips tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

Jangan Mencoba Resep Masakan Baru untuk Pesta

Kenapa begitu? Padahal menurut Anda saat pesta itu adalah waktu yang tepat untuk unjuk kemampuan Anda dalam memasak.

Ternyata dengan mencoba resep baru untuk pesta malah akan membuat Anda berkutat lama di dapur dan biasanya ketika pertama kali mencoba memasak sesuatu yang baru, peluang untuk gagal sangat besar. Tentu Anda tidak ingin mengecewakan tamu Anda dengan masakan yang mengecewakan, bukan?

Cicipi sambil Tetap Memasak

Beberapa dari Anda mungkin sering kali menerapkan hal ini ketika memasak. Hal ini sangat tepat dilakukan. Kenapa?

Dengan cara ini, Anda bisa langsung tahu apakah rasa masakan sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum. Jika belum, misal kurang garam atau gula, terasa sangat asin dan lain sebagainya, bisa langsung Anda perbaiki. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir membuang-buang makanan akibat rasa yang didapat tidak pas.

Selesaikan Memasak Pasta di DalamĀ  Wajan

Mungkin Anda pernah melihat demo masak pasta yang menaruh saus saat melakukan plating atau menata hidangan di piring. Ternyata hal ini salah dilakukan, lho.

Ketika memasak pasta, sebaiknya siapkan panci untuk merebus pasta hingga al dente dan siapkan wajan untuk memasak sausnya. Ketika pasta sudah siap dan sausnya juga sudah terasa enak, campurkan pasta ke dalam wajan yang berisi saus dan tambahkan sedikit air (sebaiknya air dari rebusan pasta sebelumnya) agar saus dapat menempel pada pasta, baru kemudian sajikan di piring.

Taburkan Garam Sedikit Lebih Banyak saat Memasak Daging

Anda mungkin berpikir makanan biasa dengan garam yang terlalu banyak saja sudah merusak rasa, bagaimana dengan daging? Ternyata untuk mengolah daging memerlukan garam sedikit lebih banyak agar meresap hingga ke dalam.

Menambahkan Telur Goreng untuk Rasa dan Tampilan yang Lebih Baik

Ketika Anda ingin memesan nasi goreng atau hidangan mie, mungkin kebanyakan dari Anda akan memilih gambar yang menggunakan telur goreng.

Nah, ternyata telur goreng tidak hanya membuat tampilan sebuah hidangan lebih baik, tetapi juga rasa yang lebih enak. Selain itu, telur goreng juga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Tidak percaya? Coba saja tambahkan telur goreng dalam burger, nasi goreng, pizza atau hidangan lainnya.

Merawat Pisau

Tahukah Anda, memasak akan dapat menjadi kegiatan yang menyebalkan atau menyenangkan tergantung kepada pisau yang digunakan. Mungkin Anda pernah menggunakan pisau yang sudah mulai tumpul, bagaimana rasanya? Tentu tidak menyenangkan dan jadi lebih lama ketika memasak, bukan?

Supaya kegiatan memasak tetap menyenangkan, rawatlah pisau Anda dengan cara mengasahnya ketika sudah mulai tumpul dan menyimpannya di tempat yang kering agar tidak berkarat. Setelah semuanya dilakukan, Anda dapat memulai langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan Anda memotong menggunakan pisau dengan cepat dan benar agar proses memasak tidak terlalu lama.

Masukkan Adonan Biskuit ke Dalam Kulkas

Beberapa resep untuk membuat biskuit atau kukis dengan taburan cokelat chips mewajibkan Anda untuk memasukkan adonannya ke dalam kulkas selama beberapa jam sebelum siap dipanggang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang chewy atau kenyal dan renyah secara bersamaan, seperti yang kita rasakan terhadap kukis produksi pabrik.

Mempersiapkan Bahan Sebelum Memasak

Anda pernah melihat acara memasak di televisi? Kebanyakan para chef akan mempersiapkan bahan di dalam wadah-wadah yang sudah diukur berapa banyak yang dibutuhkan.

Ternyata hal ini tidak hanya berlaku di acara tv saja, tetapi juga ketika Anda memasak. Sebaiknya sebelum memasak, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan ukur sesuai dengan petunjuk dari resep, lalu susun berdampingan sesuai urutan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengingat bahan-bahan yang dibutuhkan dan tidak merepotkan untuk bolak-balik mencari bahan yang kurang.

Gulingkan Jeruk untuk Mendapatkan Sari yang Lebih Banyak

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan ketika memeras jeruk dan sejenisnya serta hanya mendapatkan sari buah yang sangat sedikit. Untuk mengatasi masalah tersebut, gulingkan jeruk atau lemon sebelum memotong dan memerasnya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak sari buah.

Bersihkan Alat Masak sambil Memasak

Beberapa dari Anda mungkin berpikir mencuci peralatan masak yang sudah digunakan akan lebih baik setelah semua proses memasak selesai. Padahal hal ini hanya akan membuat alat masak yang kotor bertumpuk dan Anda semakin malas untuk membersihkannya.

Solusinya adalah ketika masakan yang sedang Anda buat memiliki waktu jeda yang cukup banyak untuk menunggu matang, Anda bisa gunakan waktu tersebut untuk mencuci peralatan masak. Sehingga pekerjaan Anda nantinya lebih ringan.

Gunakan Pendingin agar Makanan Lebih Awet

Kulkas atau pendingin berfungsi untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Nah, sesuai dengan fungsinya, Anda dapat menyimpan makanan yang masih tersisa, bahan makanan basah dan daging agar lebih bertahan lama dan bisa digunakan nantinya. Selain itu, menggunakan pendingin juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada makanan dan mencegah pembusukan.

Gunakan Kain Lembap agar Papan Talenan

Tidak ingin papan talenan bergeser ke sana kemari ketika sedang menggunakannya? Gunakan kain lembap di bawah papan talenan agar tetap berada di tempatnya dan mencegahnya bergeser ketika sedang digunakan untuk memotong.

Gunakan Scoop Es Krim Ukuran Kecil untuk Porsi Kukis yang Pas

Ketika Anda ingin membuat kukis, mungkin mengalami sedikit kebingungan akan ukuran yang tepat untuk masing-masing kukis. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan scoop es krim berukuran kecil untuk membagi adonan ke dalam porsi yang pas. Selain kukis, penggunaan scoop es krim juga dapat digunakan untuk membagi adonan ketika ingin membuat kue muffin.

Oleskan Telur untuk Tampilan Makanan yang Lebih Menggugah

Dalam kasus ini hanya berlaku pada makanan yang dipanggang saja. Tentu Anda sering melihat kukis, roti, kue dan makanan lain yang dipanggang, sebelumnya pasti dioleskan kuning telur di atasnya agar terlihat mengkilat dan menggugah selera. Anda dapat membuat olesan telur ini dari campuran kuning telur dan satu sendok makan heavy cream.

Nah, itulah beberapa tips seputar belajar memasak yang jarang didengar. Tentu tips ini sangat bermanfaat untuk Anda coba di dapur sendiri. Selamat memasak!