Sebagai generasi milenial, tentu kita tidak asing dengan berbagai istilah kekinian seperti elo, gue, nyokap, bokap, cuy, woles dan sebagainya. Dalam dunia kebahasaan, istilah-istilah seperti itu disebut sebagai bahasa gaul atau bahasa slang (slang words).

Bahasa slang memiliki kemiripan dengan idiom karena masing-masing kata dalam istilah tersebut tidak dapat diterjemahkan satu per satu atau kata per kata. Untuk memahaminya, kita harus mengetahui makna konotatif atau makna yang tersirat dalam istilah tersebut.

Biasanya, bahasa slang digunakan dalam percakapan sehari-hari yang bersifat nonformal, seperti percakapan antar teman sebaya. Hampir setiap bahasa di dunia memiliki bahasa slang, termasuk Bahasa Inggris. Oleh karena itu, jika kamu ingin belajar dan menguasai bahasa Inggris serta menggunakannya untuk berkomunikasi sehari-hari, ada baiknya kamu belajar tentang bahasa slang juga.

Berikut beberapa bahasa slang yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bullshit

Bullshit (omong kosong) sering digunakan untuk mengungkapkan ketidakpercayaan terhadap sesuatu. Melalui istilah ini, kita dapat menyatakan bahwa lawan bicara atau pihak lain tidak berbuat apa-apa alias apa yang dikerjakannya hanyalah omong kosong.

I don’t believe in you. Everything you’ve said its bullshit

Down to earth

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini lebih sering dikenal sebagai “membumi”. Down to earth digunakan ketika seseorang berperilaku sederhana dan/atau apa adanya (rendah hati).

I have a teaher and he’s so down to earth. We adoe him so much

Chuffed

Chuffed merupakan kata sifat yang digunakan untuk mengungkapkan rasa senang terhadap suatu hal. Istilah ini dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa kita tengah merasa sangat senang terhadap sesuatu yang kita peroleh.

I am well chuffed about graduating from this school

Taking the Mikey

Ungkapan ini mungkin pernah kita dengar di film atau seri televisi Inggris. Meskipun demikian, hal ini tidak ada hubungannya dengan orang bernama Mickey (atau tokoh Disney!) Bentuk lengkap ungkapan ini adalah to take the Mickey out of someone; yang diartikan sebagai mengolok-olok atau mengejek seseorang.  Biasanya, istilah ini dipakai dalam bentuk kalimat tanya.

I have a feeling you’re being sarcastic. Are you taking the Mickey out of me

Gutted

Kata ini dapat diartikan sebagai perasaan sangat kecewa atau kesal atau sedih karena suatu hal.

He is gutted that his start-up wasn’t successful

Bloke

Istilah gaul yang satu ini tidak hanya lazim digunakan di Inggris, tetapi juga Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Dalam bahasa Inggris Amerika, slang ini setara dengan “guy” atau “dude”, yaitu kata lain bagi “man”.

My classmate, Jim, is a really nice bloke

Knackered

Inilah kata sifat yang pas digunakan untuk menggambarkan keadaan amat lelah setelah bekerja atau bersekolah sampai rasanya tak mampu melakukan apapun juga selain beristirahat. Kata ini diucapkan nackered (dengan huruf “k” disenyapkan, seperti dalam “knee”). Slang populer ini artinya kita sangat letih.

I’ve been working overtime every day this week, so I’m absolutely knackered