Ketika belajar bahasa Inggris, ada berbagai cara dan metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill berbahasa, salah satunya adalah menonton film berbahasa Inggris. Meskipun demikian, tidak semua film berbahasa Inggris cocok digunakan sebagai media pembelajaran, apalagi jika kamu ingin belajar bahasa Inggris sehari-hari atau justru bahasa Inggris akademik.

Well, dalam artikel ini ada beberapa film berbahasa Inggris beragam genre yang cocok buat belajar. Selamat menikmati!

Forest Gump

Pemeran: Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise & Sally Field.

Sebagaimana judulnya, tokoh utama film ini adalah Forrest Gump yang diperankan oleh Tom Hanks. Dalam film ini, diceritakan bahwa masa kecil Forrest sangat menyedihkan karena lututnya sakit dan ia sering di-bully oleh teman-temannya.

Suatu hari kakinya sembuh dan sungguh ajaib; ternyata dia sangat cepat dalam berlari. Setelah lulus kuliah, Forrest mengikuti perang ke Vietnam dan mendapatkan medali penghargaan karena jasa dan keberaniannya. Film ini juga menceritakan kisah percintaanya dengan seorang gadis yang kemudian terlibat dalam kecanduan narkoba.

Oleh karena pemeran utama mengalami masalah mental, nada bicaranya pelan sehingga mudah untuk dimengerti. Melalui film ini, kamu juga akan mempelajari beberapa sejarah dan kebudayaan penting dari Amerika, seperti keterlibatan Amerika dalam perang Vietnam dan gerakan hippie pada tahun 60-an. Atas dasar berbagai hal, film ini kerap kali menjadi favorit sebagian besar orang dan menjadi rekomendasi.

The Incredible

Film terbaru dari The Incredible, yakni The Incredibles 2 juga bisa kamu pertimbangkan, karena film tersebut juga mudah untuk dimengerti. Action dan komedi dalam film juga membuat film sangat seru untuk diikuti.

Film ini memiliki plot yang unik yang mana superhero dilarang oleh hukum sehingga banyak superhero yang terpuruk dan menyembunyikan diri. Dalam film ini, pemeran utamanya berjuang untuk menghapus hukum yang aneh tersebut.

The Break-up

Pemeran: Jennifer Aniston & Vince Vaughn.

Kisah romansa dari dua insan dengan latar belakang yang sangat berbeda ini sangat menarik untuk diikuti. Pertama kali mereka saling tertarik karena perbedaan masing-masing, kemudian berpisah karena merasa tidak cocok. Akankah mereka kembali bersatu?

Film ini mengandung banyak bahasa slank dan argument, terutama antara hubungan kekasih. Selain itu juga banyak unsur komedi dan lelucon yang sering digunakan oleh native speaker. Bahasa yang digunakan sangat alami dan jelas, sehingga mudah diikuti oleh pelajar bahasa Inggris tingkat pemula.

(500) Days of Summer

Pemeran: Zooey Deschanel & Joseph Gordon-Levitt.

Walau menceritakan tentang percintaan, film ini bukan film romansa pada umumnya. Menceritakan cinta yang bertepuk sebelah tangan dari seorang arsitek muda bernama Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt), film ini bersifat naratif dan menggambarkan perspektif dari dua orang pemeran utamanya.

Bahasa yang digunakan mudah dimengerti, dan plot percintaan yang tidak umum membuat pemirsa merasa tertarik dan penasaran untuk mengikuti hingga akhir.

The Hunger Games

Pemeran: Jennifer Lawrence & Liam Hemsworth.

Ini adalah film action dengan setting futuristik, tentang sebuah pertandingan ‘Hunger Games’ yang pesertanya dipilih dengan cara diundi. Walau termasuk dalam genre sci-fi atau futuristik, film ini tidak menggunakan banyak istilah rumit. 

Plotnya seru untuk diikuti dan cukup beragam, karena memadukan action, romance, dan komedi. Bahasa yang digunakan juga adalah bahasa sehari-hari yang gampang untuk dimengerti.

The Hangover

Pemeran: Ed Helms, Bradley Cooper & Zach Galifiankis.

Ceritanya, empat anak muda pergi ke Las Vegas untuk menghadiri pesta pernikahan teman mereka. Akan tetapi banyak petualangan dan tantangan seru yang mereka hadapi di tengah jalan. Apakah mereka akan berhasil tiba di tempat tepat waktu?

Film ini termasuk genre komedi. Kamu akan mempelajari banyak bahasa gaul yang mungkin tidak akan kamu pelajari di kelas kursus. Misalnya “stag party” (bachelor party) dan “all-nighter” (tidak tidur semalaman).

The Social Network

Pemeran: Jesse Eisenberg, Justin Timberlake, Andrew Garfield.

Film ini menceritakan tentang asal-muasal diciptakannya Facebook. Jadi sangat menarik untuk disimak. Film pemenang penghargaan ini menggunakan dialog yang natural dan lucu. Selain menghibur film ini juga sangat mudah untuk diikuti.

Selain percakapan sehari-hari, di film ini kamu akan mempelajari banyak kosakata yang berhubungan dengan komputer, teknologi dan media sosial.