Welcome to your Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 7

1. Tujuan penulisan karangan deskripsi adalah...
2. Unsur intrinsik adalah unsur pembangun karya sastra secara langsung dalam sebuah karangan. Berikut adalah unsur-unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra, kecuali...
3. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis paragraf deskripsi, kecuali....
Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah...

(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat

(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan

(3) Pendakian itu saya lakukan saat liburan kenaikan kelas

(4) Maklum baru pertama kali di sana kami melihat hujan salju

(5) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan

Bagian tersebut adalah bagian .... laporan.Objek selanjutnya kita menuju ke Gelanggang Samudera. Di sana, kita istirahat makan siang di kantin Ancol dan ibadah sholat di Masjid Baiturrahman. Setelah itu, kami berkeliling Ancol. Terdapat berbagai wahana serta pertunjukan atraksi hewan, seperti burung mangau, berang-berang, beruang mangau, beruang madu, kuda nil, atraksi lumba-lumba. Setelah puas menjelajah Ancol, kami melanjutkan perjalanan ke Dufan (Dunia Fantasi).
Isi paragraf tersebut tepat diletakkan pada bagian ... pidato.ami sangat senang dan agak kurang puas karena waktunya tidak mencukupi. Kami berharap agar kegiatan ini diadakan setiap tahun, waktunya diperpanjang 4 hari dan tempatnya lebih memberi pengetahuan banyak dan berbeda setiap tahunnya.
7. Perhatikan identifikasi masalah berikut:
  1. Apa pengaruh teknologi informasi bagi dunia pendidikan
  2. Bagaimana dampak teknologi informasi bagi kehidupan

 

Latar belakang yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah...

Amanat yang disampaikan oleh pengarang dalam penggalan cerita tersebut adalah...Add description here!a “Jika Bapak mengizinkan, saya akan meminjam kendaraan untuk membawanya ke rumah sakit. Maaf, Pak, pada malam hari kendaraan umum hampir tidak ada.” “Boleh, silahkan, Pak Heri. Bawalah anak-anak itu cepat-cepat ke dokter! Ini kunci mobil dan sedikit uang untuk berobat!”
9. Bacalah penggalan cerita berikut!

Waktu bangun pagi-pagi, Noerdin merasa badannya kurang enak. Sehari itu, ia tidak bekerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya, makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutkannya adalah Rukmini juga.

 

Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit, tetapi bukan main rindunya hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi, disuruh jemputnya Rukmini itu juga dengan autonya.

 

Darah Muda, Adinegoro

 

Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah...

Latar penggalan cerpen tersebut adalah...Add description here!aKalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya ke arah Barat. Kira-kira satu kilometer dari pasar, akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke jalan, simpang kelima, membeloklah ke jalan yang sempit itu. Nanti akan ada sebuah suaru tua. Di depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.
11. Dilihat dari cara pengarang mengungkapkan karangannya, paragraf ini bisa digolongkan ke dalam jenis paragraf....
Sifat tokoh Aku dalam cerpen tersebut adalah...

Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebung keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu, kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan padanya, di samping upah yang ia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Akan tetapi, kebiasaan itu sudah ditanamkan orangtuaku sejak aku masih kecil.

Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut adalah...
Nilai moral yang terdapat dalam cerita di atas adalah...

. Cermati penggalan cerita rakya berikut!

Tetapi Sangkuriang tidak mengakui wanita jelita itu sebagai ibunya. “Bagaimana mungkin engkau putri remaja mungil ini menjadi ibu aku yang tinggi besar serta perkasa! Tentu akalmu saja untuk menolak lamaranku, maka engkau mengatakan hal itu.”

“Tidak, engkaulah anakku! Anak yang pernah kukandung dalam rahimku, lalu kulahirkan sendiri. Engkau anak yang dahulu kususui di dadaku, kutimang dengan dengan tanganku.”

“Engkau boleh berkata semaumu, tapi aku menolak pengakuan bahwa aku ini anakmu. Aku adalah laki-laki yang mencintaimu dan sekaranga melamarmu untuk kujadikan sebagai istri.”

15. Nilai yang berkaitan dengan perilaku seseorang disebut juga dengan nilai...
16. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri cerpen adalah...
17. Cermati topik karya ilmiah berikut! Topik karya ilmiah: pengaruh sarapan pagi terhadap siswa SMA Jakarta Latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
18. Cermati topik berikut! Topik karya ilmiah: upaya menanggulangi kenakalan di kalangan remaja Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
Kalimat simpulan yang sesuai untuk mengakhiri esai tersebut adalah...

Saat ini, penyair atau penulis-penulis sastra mendapatkan banyak perhatian publik. Karya-karya penyair saat ini mendapat perhatian media massa. Bahkan, ada juga penulis muda yang baru saja menulis karya-karyanya, sudah dilirik media massa. Sebaliknya, sepuluh tahun yang lalu, untuk mendapatkan perhatian publik, seorang penulis harus menulis beberapa karya dahulu.

Kata yang dicetak miring merupakan ungkapan yang berarti...

Kota itu terletak beberapa batu jauhnya dari sini.