Salah satu media untuk menunjang presentasi menjadi lebih menarik dan bisa mendapatkan perhatian dari para audience adalah menggunakan Aplikasi Powerpoint. Media yang satu ini menjadi andalan bagi banyak orang karena penggunaannya yang mudah tetapi bisa menghasilkan presentasi yang maksimal.

Akan tetapi, terkadang dalam mendesain presentasi dari Powerpoint kurang memperhatikan beberapa hal yang justru penting untuk dilakukan. Dengan menambahkan beberapa prinsip-prinsip penting tersebut tentunya akan membuat presentasi menjadi lebih maksimal dan tentunya akan membuat presentasi menjadi berhasil.

Sederhana

Dalam presentasi hal yang dibutuhkan adalah berkomunikasi dengan sederhana tapi mudah untuk dipahami. Begitu pun dalam konsep slide presentasi yang akan Anda buat.

Sederhana berarti harus dengan tampilan seminimalis mungkin. Tidak perlu menambahkan berbagai bentuk atau ornamen yang membuat tampilan Powerpoint terlihat terlalu penuh. Cukup seperlunya saja supaya tampilan Powerpoint tetap sedap untuk dipandang.

Ketika ingin menampilkan teks maka buat tampilan teks tersebut terlihat sederhana tanpa menambahkan ornamen yang terlalu padat untuk dilihat. Jika ingin menampilkan grafik, maka juga usahakan untuk tidak menggunakan background yang terlalu padat sehingga mengganggu tampilan pada Powerpoint tersebut.

Ringkas

Hampir sama dengan sederhana, prinsip penting dalam mendesain Powerpoint juga haruslah dibuat dengan ringkas. Maksud ringkas disini adalah penjabaran/konsep dari Powerpoint tersebut harus dibuat seringkas mungkin.

Cukup kata kunci penting saja yang ditampilkan bukan penjabaran secara gamblang yang justru akan membuat tampilan pada Powerpoint terlihat membosankan. Anda bisa menambahkan ringkasan pada Powerpoint yang kemudian penjelasannya bisa Anda sampaikan secara langsung.

Jika memang harus menjelaskan sesuatu yang tidak bisa diambil poin pentingnya saja, maka  Anda bisa menjelaskannya secara singkat padat dan jelas pada slide yang Anda buat. Dan Pastikan dalam penjelasan tersebut membuat Audience mudah untuk memahami dan mudah untuk diingat.

Bahkan ada beberapa praktisi presentasi yang juga menganjurkan untuk penggunaan batasan kata dan juga batas slide untuk menampilkan satu presentasi. Ada aturan yang menyatakan jika dalam 1 slide hanya ada maksimal  33 kata, 36 kata, 15 kata dan bahkan ada yang menyatakan jika baiknya dalam 1 slide cukup 6 kata saja.

Ada juga aturan yang membuat Anda harus menghindari penggunaan bullet point dalam presentasi slide Anda. Meskipun dalam beberapa kesempatan tentu akan sangat susah untuk menghindari penggunaan bullet point. Jika memang harus menggunakannya maka usahakan untuk menggunakan bullet point ini sedikit mungkin. Anda juga bisa menggunakan bullet dengan gambar atau simbol yang pas dan cocok dengan tema presentasi yang Anda bicarakan.

Before
After

Visual

Powerpoint yang memiliki fungsi untuk menerangkan atau menjelaskan sesuatu kepada orang lain tentu harus dibuat seefektif mungkin supaya bisa menyampaikan makna yang ingin disampaikan. Oleh karena itulah prinsip visual yang bagus dan menarik tentu menjadi bagian penting untuk Anda membuat Powerpoint.

Selain harus dengan tampilan yang bagus dan baik tentu tampilan slide yang akan ditampilkan haruslah komunikatif. Membuat isi yang mudah dipahami dalam balutan visual yang bagus akan membuat audiens bisa mengingat dan memahami tentang apa yang akan Anda jelaskan.

Pastinya dalam membuat tampilan slide harus dengan tampilan yang relevan antara konten dan isi dari pembahasan yang Anda jelaskan. Visual disini maksudnya Anda bisa menambahkan gambar, grafik, video bahkan gambar sekalipun. Tetapi, sekali lagi pastikan semua hal visual tersebut harus nyambung dengan konten yang akan Anda bicarakan.

Kontras

Tampilan visual yang menarik tentu akan menarik penglihatan pandangan dari audiens. Salah satunya adalah dengan memilih hal kontras untuk ditampilkan. Kontras berarti adalah perbedaan.

Bisa saja dari tampilan grafis warna yang ditampilkan dan juga bisa saja kontras yang dimaksud adalah membedakan mana yang menjadi pokok bahasan dan mana kata kuncinya. Dengan cara seperti ini maka audiens juga akan cepat untuk paham dan mampu mengikuti arus pembicaraan Anda dengan mudah.

Pengulangan

Membuat desain slide untuk presentasi pada Powerpoint memang harus dibuat semenarik mungkin, dengan tampilan slide dengan desain yang menarik. Biasanya, orang akan terjebak dengan membuat tampilan slide beraneka ragam model, warna hingga design layout yang bertujuan untuk membuat audiens tertarik. Padahal hal ini justru salah besar.

Ketika membuat Powerpoint yang mengharuskan Anda membuat beberapa slide, harus ada keselarasan antara satu slide dengan slide yang lain. Terutama jika dalam slide tersebut masih membahas hal yang mirip atau dengan satu pembahasan. Hubungan antara slide satu dengan yang lainnya ini akan membuat audiens menjadi lebih mudah untuk menangkap maksud jika slide tersebut masih satu kesatuan.

Pengulangan yang tertata dan tersusun dengan rapi ini juga akan membuat tampilan seluruh slide menjadi dalam satu tampilan yang harmonis. Tampilkan dengan konsisten baik itu antara warna, design slide atau bahkan warna huruf sekalipun sehingga tampilan slide juga akan terlihat lebih rapi.

Penjajaran atau Perataan

Sering terlupakan dan sebenarnya satu prinsip ini juga sangat penting ketika membuat sebuah slide presentasi melalui Powerpoint. Prinsip penting penjajaran ini adalah langkah untuk menempatkan beberapa hal dalam satu slide tersebut menjadi satu elemen dan terlihat terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Dengan tampilan yang ditata rapi maka akan membuat tampilan terlihat menjadi enak dipandang dan akan membuat audiens juga mudah untuk memahami. Contohnya adalah sebagai berikut.

Before
After

Tampilan before merupakan tampilan dimana setiap sub pembahasan ditempatkan hanya secara acak, sehingga pada tampilan tersebut terlihat jika setiap sub justru berdiri sendiri. Pada bagian Pointpoint yang berada ditengah dan menjauh dari gambar membuat tampilan tersebut seperti tampilan berdiri sendiri.

Sedangkan bisa dibandingkan dengan tampilan AFTER di mana poin-poin pembahasan dibuat sejajar yang menandakan jika antara satu dengan yang lain masih dalam satu pembahasan. Pada kesempatan lain juga bisa ditambahkan dengan meletakkan judul yang sejajar untuk lebih menegaskan jika satu dengan yang lain saling bertautan.

Kedekatan

Selain sejajar tampilan pada slide juga harus memperhatikan prinsip kedekatan. Audiens biasanya akan memiliki konsep berpikir, konten yang berdekatan menjadi satu kesatuan dan yang saling berjauhan merupakan bagian dari yang lain. Sehingga, jika Anda masih membahas dalam satu konten sebaiknya dibuat dengan saling berdekatan antara satu dengan yang lain.

Prinsip kedekatan selain memudahkan pemahaman merupakan satu kesatuan dengan yang lain, prinsip ini juga memiliki pengaruh pada tampilan slide yang terlihat lebih menarik dan rapi. Pastinya dengan tampilan yang menarik akan membuat audiens akan betah untuk terus menyimak setiap penjelasan dari presentasi yang Anda lakukan.

Nah, saat ini pastinya Anda sudah bisa mempraktikkan untuk membuat slide Presentasi yang menarik, keren dan tentunya komunikatif.