Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju – Menjadi negara maju memberikan banyak keuntungan pada semua elemen dalam negara. Penduduk memiliki kehidupan yang sejahtera lantaran pendapatannya menjadi sangat baik. Pemerintah tidak perlu lagi bergantung pada negara lain untuk mengembangkan perekonomian. Singkatnya, level negara kita menjadi lebih disegani di mata dunia. Wacana memajukan negara Indonesia sudah sejak 1999 dikerjakan dengan serius oleh pemerintah.

Melihat Aspek Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju

Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju – Melangkahkan kaki sebagai sebuah negara maju membutuhkan persiapan dan kesiapan yang matang. Jika melihat aspek perkembangan masyarakat Indonesia menuju negara maju, sejauh ini sudah lebih baik ketimbang masa lampau. Kita bisa mengapresiasi upaya pemerintah yang terus memperbaiki infrastruktur.

Rencana besar bangsa adalah benar-benar menjadi negara dengan ekonomi maju pada ulang tahun Indonesia yang ke-100. Impian besar kita bersama membutuhkan perbaikan dari berbagai sektor. Perkembangan masyarakat Indonesia harus dimulai dari perbaikan infrastruktur supaya pembangunan fasilitas dan layanan untuk publik seharusnya memang dipergunakan sebaik mungkin.

Pembangunan infrastruktur yang konsisten dan masif sudah pasti mampu menggerakan roda perekonomian baru, bukan hanya membuat perekonomian menjadi lebih baik. Masyarakat berkesempatan meningkatkan keahlian dari fasilitas yang tidak ditemukan di daerah asal. Contohnya, pembangunan jalan yang dilakukan di Wamena, Papua. Dahulu masyarakat disana harus berjalan kaki dari satu kota ke kota yang lainnya. Bahkan harga BBM dan bahan makanan pokok pun mengalami kenaikan yang sangat besar. Ketidakmerataan harga jual merupakan salah satu aspek yang harus ditangani sebagai negara maju. Berkat rampungnya pembangunan jalan dari Wamena-Nduga; sekarang masyarakat setempat bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan kurang lebih 6 jam. Berpindah kerja, mencari tempat tinggal yang lebih baik hingga menuntut ilmu dari satu kota ke kota lain jelas mendukung perkembangan masyarakat Indonesia.

Secara signifikan, perkembangan masyarakat Indonesia mampu meraih standar hidup yang lebih tinggi. Kualitas hidup yang lebih baik selalu didukung dengan kemampuan menggunakan teknologi terbaru. Penduduk yang teredukasi dengan baik, bisa mengurangi tingkat kematian bayi, malnutrisi dan berbagai masalah kesehatan karena kemajuan suatu negara sudah pasti diikuti dengan membaiknya kualitas bidang kesehatan.

Persyaratan Wajib Sebagai Negara Maju

Suatu negara wajib memenuhi persyaratan sebagai developed country. Setidaknya, dibutuhkan 14% pelaku entreprener dari total jumlah penduduk. Saat ini perkembangan masyarakat Indonesia belum banyak yang mengarah sebagai pelaku usaha. Penduduk masih merasa nyaman bekerja di perusahaan. Total hanya ada 5% pelaku usaha baru saat ini. Jumlah tersebut jelas masih jauh dari syarat pertama.

Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan program-program tertentu yang bertujuan untuk membantu optimalnya perkembangan masyarakat Indonesia. Sebagian program pemerintah melibatkan kerjasama dari beberapa kementerian, seperti Kementrian Ekonomi, Hukum dan HAM yang memfasilitasi para pelaku usaha untuk mematenkan hak kekayaan intelektual mereka.

Upaya pemerintah menuju negara maju tidak bisa berjalan sendiri. Peran aktif masyarakat untuk mau menjadi bangsa yang cerdas dan beradab sangat diperlukan. Badan Ekonomi Kreatif menggandeng pihak perguruan tinggi swasta ataupun negeri dengan tujuan menambah minat masyarakat agar berminat mengembangkan kesempatan sebagai pengusaha muda. Selain persyaratan 14% enterprener, masih terdapat pula sejumlah poin lainnya.

Pemerataan pembangunan harus terus dilakukan karena mendukung pergerakan perkembangan masyarakat Indonesia. Terlebih bagi mereka yang awalnya tinggal di daerah kecil kemudian berusaha mencari kesempatan dengan berpindah ke daerah lain yang lebih memungkinkan. Peningkatan pendidikan dalam segi riset dan kesehatan termasuk poin yang menjadi tolak ukur suatu negara maju.

Ketersediaan jaringan internet hingga ke pelosok daerah menjadi pembuktian jika pemerintah serius mendukung pemerataan informasi dan komunikasi. Harapannya, penduduk lebih siap menghadapi kemujuan teknologi dan penemuan inovasi baru sebagaimana umumnya negara maju yang bebas dari korupsi dan birokrasi berbelit.

Fakta tersebut turut menjadi bentuk persyaratan yang mana Indonesia wajib membenahi kualitas layanan publik dan sistem birokrasi pemerintahan. Pembangunan yang merata perlu didampingi dengan pengelolaan tata ruang integratif sehingga terjadi wacana untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Selain itu, kondisi APBN yang sehat dan transparan menjadi persyaratan top agar Indonesia menjadi negara maju.

Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Ekonomi

Perkembangan ekonomi menjadi tolak ukur dunia menilai suatu negara. Hal tersebut juga berlaku bagi negara Indonesia. Kemajuan suatu negara akan mudah terlihat melalui pendapatan per kapita karena dari sana, tingkat kesejahteraan penduduknya bisa dilihat pergerakannya. Memutar strategi untuk memenuhi syarat 14% entreprener, maka pemerintah membidik para pelaku usaha kecil menengah.

Pemerintah mendukung proses perkembangan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan UMKM. Faktanya, UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Persentasenya sendiri hampir mencapai 90% kontribusi untuk total semua sektor usaha yang tersedia. Selain itu, dengan adanya program-program yang mendukung pengembangan para pelaku usaha UMKM.

Secara signifikan. program UMKM mampu mengurangi pengangguran hingga 80%. Ibarat kata, pemerintah menyelesaikan beberapa masalah dengan satu penyelesaian yang sama. Sayangnya, kendala kerap dihadapi para pengusaha kecil tersebut lantaran mereka memulai usaha tanpa melalui proses uji kelayakan usaha.

Masyarakat masih memiliki pola pikir yang lebih mengutamakan pendapatan ketimbang terobosan dan inovasi baru untuk mendukung pengembangan usahanya. Disini, pemerintah bersama sejumlah lembaga memberikan pendampingan sosial supaya pelaku usaha tidak menemukan jalan buntu dalam pengembangan usahanya.

Pemberdayaan yang didampingi oleh pemerintah meningkatkan keahlian dari para pengusaha sehingga secara pasti kelompok lemah atau terpinggirkan tidak akan kita temui di Indonesia lantaran penduduk memiliki kemampuan untuk hidup produktif, mandiri dan dinamis. Dengan demikian, pendapatan yang masyarakat miliki sudah pasti meningkat sehingga kesejahteraan pun menempati taraf yang lebih tinggi standarisasinya.

Salah satu faktor yang mendukung proses perkembangan masyarakat Indonesia adalah ketersediaan SDA dan tingginya minat dari calon SDM. Sementara itu, mengacu kepada masalah modal, keahlian, hingga pelaksanaan ditemukan banyak pihak yang bekerja sama dengan pelaksana pemerintah. Bahkan UU No 20 Tahun 2008 secara khusus menjelaskan aturan dan tujuan pemberdayaan UMKM.

Negara maju membutuhkan masyarakat yang mandiri dan itu dapat terwujud melalui program usaha kecil menengah. Sejauh ini, metode usaha kecil menengah mengandalkan potensi dari setiap daerah termasuk melakukan studi pasar terhadap minat suatu produk.

Kesiapan Masyarakat Indonesia Menerima Perubahan

Penduduk Indonesia yang sejak awal berdiri dibawah fondasi tradisi dan budaya, norma, nilai, dan hukum harus tetap mempertahankan jati dirinya sebagai bentuk kesiapan masyarakat Indonesia menerima perubahan. Perubahan menuju negara maju berarti kita tidak menutup sumber informasi global yang mana dari sana akan masuk pengaruh dan tren dari seluruh dunia. Pemerintah tidak mungkin melakukan 100% filterisasi. Oleh karena itu, tanggung jawab tersebut menjadi kewajiban setiap individu.

Secara signifikan, pengetahuan akan bertambah dan lebih mampu memahami bagaimana dunia bergerak. Salah satu bentuk paling nyata dari perubahan menuju negara maju adalah melalui penggunaan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang akrab dalam proses perkembangan masyarakat Indonesia. Demi menjaga stabilitas penggunaan teknologi, pemerintah bahkan membuat UU ITE.

Penerapan UU ITE menjadi rambu-rambu bagi masyarakat Indonesia untuk bertindak sesuai aturan yang berlaku. Tanpa adanya undang-undang tersebut, penduduk seolah kabur membedakan antara tindakan yang boleh dilakukan dengan tidak. Menjadi sebuah negara maju sudah pasti bukan menghilangkan keyakinan, budaya, norma, nilai, tradisi dan aturan yang telah ada.

Perkembangan masyarakat Indonesia juga bersiap menghadapi pembangunan kota dan wilayah lain sesuai fungsinya. Pemerintah membangun banyak rumah tingkat atau akrab kita sebut dengan rumah susun yang bertujuan untuk mengurangi penduduk yang terpaksa tinggal di pemukiman semi permanen dan sejenisnya. Program pemberian rumah layak huni menjadi bentuk pemerintah dalam upaya membantu masyarakat lebih sejahtera.

Perubahan gaya hidup juga ditunjukkan dalam bentuk lebih mencintai produk lokal. Membeli produk UMKM ataupun brand lokal dan menghindari menggunakan produk imitasi menjadi bentuk  kedewasaan penduduk Indonesia menghargai karya orang. Kesiapan juga bukan sekedar datang dari perekonomian, teknologi, pendidikan ataupun kesehatan.  Menghargai fondasi bangsa juga menjadi cerminan kesiapan penduduk menjalani perubahan. Fondasi bangsa Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945.

Indonesia patut bersyukur mempunyai sumber daya manusia dalam jumlah besar. Melalui pendampingan yang tepat tingkat pengangguran, pernikahan dini, kekurangan gizi hingga kesehatan buruk bisa diatasi dengan benar. Masyarakat  dari negara maju tidak bergantung dari bantuan negara lain. Semakin banyak program pemerintah yang mendukung proses pengembangan keahlian penduduk.

Kesimpulan Pencapaian Perkembangan Indonesia Menuju Negara Maju

Sampai juga kita pada kesimpulan dari pencapaian perkembangan masyarakat Indonesia menuju negara maju. Lompatan besar dan sikap berjaga-jaga dari semua elemen berguna untuk mewujudkan visi pemerintah mengeluarkan negara kita dari posisi middle country. Strategi yang terlihat di awal adalah melakukan pembangunan infrastruktur secara masif sesuai dengan isi pidato dari Presiden Joko Widodo.

Pembangunan infrastruktur menjadi investasi nyata pemerintah dalam memberikan public capital. Infrastruktur yang merupakan modal publik terdiri atas pembangunan jalan, jembatan, pengairan, tol laut, satelit dan sebagainya. Saat ini, konektivitas antar wilayah di Indonesia sudah menjadi lebih baik. Masyarakat dapat menghemat biaya untuk memenuhi kebutuhan belanja logistik. Bahkan sebelum diserang pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia menembus persentase 5,7%.

Fakta-fakta diatas menunjukkan bahwa Indonesia memiliki modal yang menjanjikan sebagai negara maju. Perkembangan masyarakat Indonesia memang terlihat jauh berbeda ke arah yang lebih baik. Hanya saja, pendampingan masih perlu dilakukan oleh pemerintah; terlebih dalam prosedur pemberian modal usaha seperti UMKM. Pasalnya, selama ini tidak semua wilayah mendapatkan sumber informasi yang sama. Terkhusus untuk wilayah yang sebelumnya masih terpencil membutuhkan pendampingan dalam menggunakan teknologi sekaligus memanfaatkan teknologi terbaru dengan tujuan tidak terseret arus globalisasi. Kerjasama antara masyarakat juga diperlukan, diantaranya adalah melalui komunitas atau organisasi nonprofit. Umumnya para sukarelawan dengan senang hati memberikan pengajaran di sekolah-sekolah berfasilitas minim sehingga saat pembangunan dan penyediaan fasilitas menyentuh wilayah tersebut, asyarakat tidak tergagap lantaran sudah terbiasa bersinggungan dengan perubahan globalisasi. Demikian pembahasan seputar perkembangan masyarakat Indonesia.