Dalam dunia operator Excel dasar sering digunakan maka perlu untuk mengetahui bagian-bagian di dalamnya. Misalnya saja range. Range dalam Excel sangat penting, sebab sebuah data akan bisa ditampilkan dengan benar jika range sesuai. Tidak sampai di situ saja, rumus formula juga akan bekerja jika range yang diberikan tepat.

Range sendiri dikenal juga sebagai rentang. Merupakan kumpulan antar sel (cells). Terdapat beberapa jenis rentang atau range ini. Bahkan pada kondisi tertentu, range sendiri tidak perlu berdekatan antara satu dengan yang lain. Lihatlah jenis-jenis range di bawah ini supaya lebih jelasnya.

Range Horizontal Datar Mudah Dikenali

Range atau rentang horizontal adalah kumpulan sel yang datar (tidur). Sebagai contoh mudah adalah range antara B2:F2. Tanda titik dua (:) dalam Excel dasar dikenal sebagai interval. Jadi menghubungkan antara suatu sel sampai dengan sel lain dalam satu range. Perhatikan gambar untuk contoh range horizontal di bawah.

Range Vertikal Tegak untuk Kolom

Jika range horizontal datar untuk membuat blokade baris. Maka range vertikal adalah untuk kolom. Mengetahui range tentu sangat banyak fungsinya, salah satu fungsi range adalah untuk meringkas ketika Anda hendak memasukkan sel ke dalam rumus formula. Tanpa perlu menulis banyak sel, cukup blokade sel yang masuk dalam range tersebut.

Range Campuran Menggabungkan Baris dan Kolom

Jenis range selanjutnya adalah campuran. Dalam membedakan range horizontal dan vertikal cukup mudah, range campuran adalah penggabungan dari keduanya. Dalam Bahasa Inggris, range campuran disebut sebagai Mixed Range. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Dari gambar di atas dapat dibaca bahwa range campuran tersebut dimulai dari sel B2 dan berakhir di sel E7. Dapat ditulis dalam formula sebagai B2:E7. Merupakan penggabungan jamak dari baris 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan kolom B, C, D, E.

Range Pilihan Ganda Tidak Harus Berdekatan

Range sendiri tidak perlu berdekatan sebagaimana ketiga jenis range di atas. Ada satu jenis yang membuktikannya, yakni Range Pilihan Ganda atau dikenal juga sebagai Multiple Selection Range. Langsung saja ke contoh gambar agar lebih mudah membedakan.

Dapat dilihat bahwa di sini kami membuat range B2:B3 dan D5:D6 dengan cara menekan keyboard Ctrl. Setelah range terbentuk, Anda bebas memberi perlakuan atas rumus maupun formula, bebas juga memberikan border dan sebagainya untuk range terpilih.

Memasukkan Rumus Formula Excel Dasar

Formula disebut juga sebagai fungsi dan rumus. Ketiganya mempunyai arti yang sama. Dalam proses pemahaman Excel, formula merupakan hal paling vital. Sebab sebagian besar proses pengolahan data yang terjadi di dalamnya dilakukan secara otomatis oleh formula ini. Anda yang memahami formula akan sangat dimudahkan.

  1. Cara pertama adalah dengan memahami sususan rumus formula. Awali setiap rumus dengan tanda sama dengan (=) kemudian dilanjut dengan penyebutan formula/fungsi tanpa spasi.

2. Anda bisa meletakkan formula tersebut langsung dalam sel atau di bagian penulisan formula yang sudah disediakan. Lihat pada lingkaran merah di bawah ini.

3. Ketahuilah rumus-rumus umum yang dipakai dalam pengoperasian Excel. Misalnya rumus operasi hitung dasar, mencari rata-rata, atau menentukan nilai tinggi. Gunakan kebiasaan agar menjadi operator Excel yang ahli.

Demikianlah beberapa penjelasan terkait jenis-jenis range dalam Excel serta cara memasuukan rumus formula melalui beberapa cara. Excel, jika digunakan dengan benar dan tepat, akan membantu pekerjaan Anda. Cermati bagaimana tutorial Excel dasar secara rutin agar mengasah kemampuan dalam menggunakannya.