Banyak pengguna Excel yang masih asing dengan Pivot Table, hal tersebut bukan tanpa sebab. Beberapa alasan di antaranya tidak terlalu terbiasa menggunakan Excel kecuali momentum mengerjakan tugas. Padahal, dengan memakai Pivot Table banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh.

Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan Pivot Table, cara membuatnya, serta manfaat yang akan didapatkan dalam hal ekonomi dan kemudahan lain. Simak sampai akhir dan jika ada pertanyaan mari kita diskusikan. 

Apa yang Dimaksud Pivot Table Excel?

Secara ringkas, Pivot Table adalah sebuah tabel kesimpulan atas data-data dari tabel Anda. Dalam tabel akan banyak sekali terdapat data dan seorang operator mesti menerjemahkannya menjadi kesimpulan. Maka Pivot Table hadir sebagai kemudahan atasnya.

Tabel ringkasan dari tabel? Ya, betul! Sederhananya demikian. Sebelum ini, sudah dibahas tentang sortir, filter, pengelompokan data. Fitur-fitur tersebut juga telah memudahkan dalam pembacaan data. Namun dengan lengkapnya fitur, pada saat yang bersamaan bisa menjadi lebih mudah lagi.

Cara Membuat Pivot Table Excel

Syarat dalam membuat Pivot Table adalah harus tidak ada kolom atau sel kosong. Jadi setiap sel dalam range worksheet mesti terisi dengan data terlebih dulu. Setelah itu, usahakan tidak menggunakan merge cells di baris maupun kolom. Sekarang Anda telah siap untuk membuat Pivot Table.

  1. Pilih sel dengan range tertentu.
  2. Masuk ke tab ribbon menu Insert > Pivot Table.

3. Akan muncul kotak dialog Create PivotTable. Pilih pada bagian New Worksheet dan OK.

  1. Akan muncul worksheet baru yang menampilkan pengaturan dari Pivot Table.
  2. Pada bilah sisi kanan ada jendela PivotTable Field List dan beberapa data dari range yang tadi dipilih. Centang dan seret ke bagian dari isian Pivot Table, Anda dapat melihat langsung hasilnya di bagian sisi kiri.

3. Centang bagian data yang akan ditampilkan, sehingga hasil atau ringkasan data range Anda dalam Pivot Table sudah jadi.

Pada contoh di atas, data yang dipakai sangat sederhana. Sehingga hasilnya sekadar jumlah dari tiap bulan. Pivot Table Excel ini cocok dipakai untuk urusan penjualan dengan rotasi cepat. Sebab setelah Pivot Table jadi, Anda dapat mengupdatenya secara otomatis tanpa harus melakukan input lagi.

Penjelasan Bagian PivotTable Field List

  1. Isian Filters adalah area yang berperan sebagai acuan dari data Pivot Table. Isian ini bersifat tidak harus, artinya Anda dapat mengosonginya dan mengisi isian lain.
  2. Isian Columns sesuai gambarnya, isian ini akan menampilkan data sebagai mendatar. Jika pada data merupakan judul atau headernya. 
  3. Isian Rows adalah bagian isi dari Columns. Anda dapat menyusun data-data yang telah matang berisi angka-angka ke dalam isian ini.
  4. Isian Value adalah area yang penting, sebab kesimpulannya berada di sini. Anda dapat menyusun data di sini sesuai kebutuhan, usahakan diisi dengan data nilai (angka).

Manfaat Pivot Table untuk Pengolahan Data

Banyak sekali manfaat jika Anda mau memanfaatkan setiap fitur Excel. Fitur-fitur tersebut akan menunjang kinerja pengolahan data. Excel bukanlah sekadar aplikasi untuk menghitung, melainkan lebih jauh lagi, untuk mengolah database suatu perusahaan atau usaha lain.

  1. Memberi tampilan tabel lebih ringkas dan jelas tanpa mengurangi isi tabel sumber aslinya.
  2. Mempermudah membaca data karena data ditempatkan pada field yang berbeda sesuai kebutuhan masing-masing.
  3. Merupakan fitur sortir dan filter sekaligus, sebab Anda bebas menampilkan mana data yang akan diperlihatkan dan mana yang tidak.
  4. Dapat mengumpulkan secara otomatis fungsi numerik mulai dari penjumlahan, rata-rata, dan sebagainya.
  5. Dapat membuat kesimpulan dalam Pivot Chart berdasarkan Pivot Table yang telah Anda buat barusan.

Berdasarkan banyak manfaat yang bisa diperoleh, analisis data perusahaan menjadi lebih mudah dan ringan. Pivot Table tidak akan mengubah data sumber asli yang dijadikan sebagai acuan, melainkan hanya menyalinnya, dan menampilkan kembali dengan lebih ringkas serta jelas. Semoga bermanfaat.