Halo! Belajar bahasa asing tentu bukan hal yang mudah. Kita juga mungkin akan bingung pada awalnnya, seperti ketika kita tidak tahu harus mulai dari mana? Mau belajar sama siapa? Bagaimana cara belajarnya? Dan lain sebagainya. Tetapi, untuk bisa belajar bahasa asing, kita harus mengumpulkan tekat dan menguasai dasar-dasarnya dulu bukan?

Dasar-dasar seperti ucapan salam, cara berterima kasih, dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Sekarang kita akan mempelajari 50 frasa kata yang berguna jika kita akan berkunjung ke Korea. Beberapa kata disini mungkin banyak yang sudah mengenalnya dari drama dan film-film korea. Jadi, lebih baik kita langsung mulai saja! Inilah frasa yang akan berguna ketika kita akan berkunjung ke Korea.

Daftar Isi hide

안녕하세요 – Annyeong Haseyo (Hi! atau Halo!)

Yang pertama adalah ucapan salam yang paling di pahami oleh banyak orang diseluruh dunia. Seperti ketika kita mengenal kata, “hello”, “hola”,  “ciao”, dan lain sebagainya. Biasanya diucapkan untuk percakapan formal.

안녕 – Annyeong (Hi atau Selamat tinggal)

Seperti kata diatas, kata ini juga berarti kata sapaan. Kita bisa mengucapkannya pada awal dan akhir pertemuan. Tapi, karena frasa ini merupakan frasa kasual, lebih baik diucapkan pada orang yang lebih kecil atau sebaya.

안녕히가세요 – Annyeonghi Gaseyo (Selamat tinggal)

Kata ini berarti selamat tinggal. Kata ini akan diucapakan oleh kita, jika orang yang kita ajak bicara akan pergi dari percakapan, sementara kita masih berada dipercakapan. Kata ini merupakan bahasa formal.

안녕히계세요 – Annyeonghi Gyeseyo (Selamat tinggal) 

Seperti kata diatas, ini juga merupakan ucapan selamat tinggal. Tapi kali ini, diucapkan jika kita yang pergi dari tempat percakapan. 

지냈어요? – Jal Jinasseoyo? (Apa kabar?)

Ini digunakan untuk bertanya kabar dari orang yang kita ajak bicara. Kita bisa mengucapakan ini kepada orang yang lebih tua, karena ini merupakan bahasa formal. Jika ada yang mengatakan ini pada kita, kita juga bisa membalasnya dengan kata ini untuk mengatakan keadaan kita.

지냈어? – Jal Jinasseo? (Apa kabar?)

Seperti yang diatas, kata ini juga berarti apa kabar. Pada kata ini, kita hanya perlu menghilangkan “요” (yo) untuk mengubahnya menjadi bahasa kasual.

감사합니다 – Kamsahamnida (Terima kasih)

Kata terima kasih dalam bahasa Korea ada bermacam-macam. Salah satunya adalah kata “감사합니다. Dibanding kata “terima kasih” lain, kata ini lebih tepat untuk berbagai situasi.

고마워요 – Gomawoyo (Terima kasih)

Seperti kata diatas, kata ini juga berarti terima kasih

– Ne (Iya)

Ini merupakan kata yang sangat mudah dikatakan. Kata ini bisa digunakan untuk mengungkapkan kesetujuan kita terhadap suatu hal. Contohnya, ketika kita ditanya apakah mau makan es krim dan kita mau, kita bia menjawab “네”.

아니요/ 아니에요 – Aniyo / Anieyo (Tidak)

Kebalikan dari yang diatas, ini adalah ekspresi paling sederhana untuk menunjukan bahwa kita tidak setuju dengan pernyataan yang dibuat oleh lawan bicara kita.

먹을래요? – Meogeullaeyo? (Mau makan?)

Ini adalah bentuk ajakan formal kasual yang dilakukan banyak orang Korea, tapi lebih sering digunakan oleh anak-anak muda. Untuk menurunkan tingkat formalitasnya, kita cukup membuang “요”Yo di belakang.

가자 ! – Ga Ja ! (Ayo pergi!)

Ini adalah bentuk kasual untuk mengajak orang lain untuk pergi. Karena merupakan bahasa kasual, kata ini bisa digunakan untuk teman seumuran atau lebih kecil.

먹자 ! – Meok Ja ! (Ayo makan!)

Sama seperti frase diatas, tetapi yang ini digunakan untuk mengajak orang lain makan. Frasa ini adalah frasa kasual yang bisa kita ucapakn pada teman sebaya.

드세요 – Deuseyo (Silahkan makan)

Ini adalah bentuk sopan untuk mempersilahkan orang lain untuk makan. Kata ini bisa digunakan untuk memperlihatkan bahwa kamu memiliki pengetahuan akan bahasa dan budaya Korea.

먹었어요? – Meogeosseoyo? (Sudah makan?)

Ini adalah bentuk masa lampau dan sopan bahasa Korea. Kata ini bisa digunakan untuk menanyakan lawan bicara sudah makan atau belum.

뭐해? – Mweohae? (Lagi apa?)

Kata ini merupakan frasa kasual yang biasanya digunakan untuk menanyakan teman apa yang sedang mereka lakukan. Kita bisa menanyakannya pada teman sebaya ketika sedang chatting dengannya atau ketika bertemu dengannya.

가는중이에요 – Ga neun jung ieyo (Sedang dalam perjalanan atau OTW)

Kalau kita memiliki janji dengan teman Korea dan mungkin sudah terlambat, kita bisa mengatakan ini jika teman Korea kita bertanya kita ada dimana.

가도돼요? – Ga do Dwaeyo? (Apakah boleh datang?)

Saat kita ingin pergi mendatangi teman Korea kita, berbeda dengan bahasa Indonesia, mereka akan menggunakan kata kerja “pergi” dan bukan “datang”. Jadi, kalau dalam bahasa Indonesia kita menggunakan “apakah saya boleh datang” kalau orang Korea “kalau pergi kesana bolehkah?”. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan kata-katanya.

고파요 – Bae gophayo (Lapar)

Kata ini adalah kata yang bisa kita ucapkan ketika kita lapar. Jadi, tidak sulit kan untuk menunjukan atau memberitahu bahwa kita lapar pada teman Korea kita ketika berkunjung ke Korea.

몇시에만날수있을까요 ? – Myeot si e mannalsu isselkkayo? (Jam berapa bisa bertemu?)

Ini adalah frasa formal kasual, biasanya digunakan untuk teman yang lebih tua. Tetapi jika orang yang kita ajak bicara adalah atasan kita, lebih baik mengunakan kata lain yang lebih formal.

저는인도네시아사람이에요 – Jeo neun Indonesia saram ieyo (Saya orang Indonesia)

Mungkin banyak orang Korea yang bisa salah sangka kita orang dari negara mana. Tetapi, dengan mengucapkan ini kita bisa mengkonfirmasi mereka bahwa kita adalah orang Indonesia.

맛있겠다 – Massigettda (kelihatannya enak)

Banyak orang Korea khususnya orang-orang yang suka makan dan perempuan mengucapkan kata ini untuk menunjukan bahwa makanan ini enak.

먹겠습니다 – Jal Meoggessseumnida (Selamat makan)

Biasanya digunakan saat kita dihidangkan dengan makanan oleh orang lain untuk menunjukkan kesopanan kita.

보고싶어요 – Bogoshiphoyo (Kangen atau Ingin melihat)

Mungkin kita sering mendengar kata ini di film-film atau di lagu-lagu. Kata ini bisa kita ucapkan seperti ketika kita kangen seseorang dalam bahasa korea.

사랑해요 – Saranghaeyo (Aku cinta kamu)

Ini mungkin adalah salah satu kata dalam bahasa Korea yang paling familiar di kuping semua orang di seluruh dunia karena majunya industri hiburan Korea selatan. Kata ini berarti aku cinta kamu dalam bahasa Indonesia.

오늘너무예뻐요 – Oneul neomu yeppeoyo (Hari ini sangat cantik)

Kata ini biasanya di gunakan oleh laki-laki yang sedang mendekati seorang wanita. Mereka akan banyak menggunakan kata-kata ini. Kata ini berarti seorang laki-laki sedang memuji perempuan seperti sedang mengatakan “kamu sangat cantik.”

좋아해요 – Nan neol Joahaeyo (Aku suka kamu)

Frasa ini mungkin lebih bisa digunakan untuk awal-awal sebelum membangun hubungan dengan orang lain atau saat pdkt.

잘자 ! – Jal ja (Selamat tidur)

Ini adalah bentuk yang paling kasual dan natural untuk mengatakan selamat tidur kalau kita mungkin sedang bersama orang Korea atau sedang chatting dengan orang Korea.

죄송합니다 / 미안합니다 – Jwaesonghamnida / Mianhamnida (Maaf)

Kata-kata ini untuk meminta maaf saat kita melakukan kesalahan. Dan dapat digunakan untuk sesuatu yang formal. Mungkin banyak dari kita sering dengar dari film-film kata-kata seperti “mianhae”, kata “jwaesonghamnida” adalah bentuk kasualnya.

깎아주세요 – Kkakkajuseyo (tolong beri diskon)

Frasa ini bisa kita gunakan ketika ingin meminta diskon pada pemilik toko di Korea.

저는한국말조금밖에못해요 – Jeo neun hangukmal jeogeum bakke mothaeyo (Saya hanya bisa sedikit bahasa Korea)

Banyak orang Korea akan bilang kita jago dalam bahasa Korea meskipun kita hanya bisa sedikit. Jadi sebelum bicara dengan lebih jauh tentang hal yang tidak kita mengerti, kita bisa mengatakan ini untuk mengatakan bahwa kita hanya bisa sedikit bahasa korea.

잠시만요 – Jamsimanyo (Tunggu sebentar)

Kata ini bisa kita ucapkan untuk meminta orang menunggu sebentar. Contohnya, ketika kita sedang mengerjakan suatu hal dan dimintai bantuan untuk melakukan hal lain, kita bisa mengatakan ini untuk meminta lawan bicara menunggu sebentar.

대박 – Daebak (luar biasa)

Kita bisa mengatakan ini ketika kita melihat sesuatu yang lur biasa. Contonya, saat kita melihat air terjun, kita bisa mengatakan ini.

짱이야 – Cang iya (Mantap) 

Ini juga memiliki pengertian yang hampir sama seperti frasa “daebak”, tapi mungkin lebih sering digunakan anak kecil dan anak-anak muda. Karena, kata ini adalah frasa yang kurang formal dan sangat kasual.

최고야 – Cwaego ya (Paling bagus, hebat, dll)

Ini juga memiliki arti yang sama seperti kedua kata di atas. Ini bisa kita gunakan untuk memuji seseorang secara kasual dan tidak formal.

수고했어요 – Sugohaesseoyo (Terima kasih sudah bekerja keras)

Ini mungkin aneh untuk kita orang Indonesia, tetapi kata ini sangat sering digunakan oleh Korea untuk menunjukan bahwa orang yang mereka ajak berbicara sudah bekerja keras. Contohnya, ketika direktur sedang berpidato di sebuah acara perusahaan, dia boleh mengatakan ini untuk brterima kasih pada karyawannya yang sudah bekerja dengan baik.

힘내세요 – Himnaeseyo (Semangat!)

Ini bentuk yang lebih sopan dari kata“Fighting” atau bisa dibilang ini adalah bentuk formalnya. Kata “Fighting” adalah bentuk kasual yang sering diucapkan oleh orang Korea untuk mengucapkan selamat.

– Heol (Astaga)

Ini adalah kata-kata sehari-hari yang sering digunakan orang Korea, Gkita bisa mengunakan kata ini untuk mengejutkan orang Korea.

깜짝놀랬어요 – Kkamjjaknollasseoyo (Terkejut)

Saat kita mengejutkan atau mengagetkan orang korea, biasanya orang Korea itu akan menggunakan kata-kata ini atau menyingkatnya menjadi Kkamnoliya sebagai reaksi kalau mereka terkejut.

말도안돼요 – Maldo Andwaeyo (Tidak mungkin)

Untuk menekspresikan ketidakpercayaan kita pada suatu hal, kita bisa menggunakan kata ini. Jika kita membuang kata “요” dibelakang, ini akan menjadi frasa kasual.

얼마에요 – eolmayeyo  (berapa?)

Frasa kata ini akan berguna ketika kita sedang berbelanja, kata ini bisa digunakan untuk bertanya harga barang yang ingin kita beli.

영어를할수있어요? – Yeong-o reul mal halsu isseoyo? (Apakah kamu bisa berbicara bahasa Inggris?)

Saat kamu berhadapan dengan orang Korea dan ingin memastikan apakah lawan bicara kamu bisa berbicara bahasa Inggris atau tidak kamu bisa gunakan kata ini. Kita bisa mengatakan ini jika kita lebih mahir berbahasa inggris dibanding bahasa Korea.

몰라요 – Mollayo (Tidak tahu)

Kita bisa mengatakan ini jika kita ditanya lawan bicara dan tidak tahu jawaban tepatnya.

, 알아요 – Ne, Arayo (Ya, tahu)

Kebalikan dari kata atas, kamu bisa gunakan ini saat kamu tahu jawaban yang ditanyakan oleh orang Korea atau lawan bicaramu.

이해해요 – Ihaehaeyo (Saya mengerti)

Kalau kita sudah berbicara banyak dalam bahasa Korea, biasanya orang Korea akan bertanya untuk memastikan kita mengerti apa yang sedang dibicarakan. Kita bisa menjawabnya dengan mengucapkan kata ini.

이해못해요 – Ihaemothaeyo  (Saya tidak mengerti)

Sama seperti yang diatas, ketika ditanya oleh lawan bicara apakah kita mengerti atau tidak, kita bisa menjawabnya dengan ini apabila kita tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan.

아마도 – Amado (Mungkin)

Jika kita ditanya apakah kita mengerti apa yang sedang dibicarakan, tapi tidak pasti apakah yang kita pikirkan sama seperti apa yang sedang dibicarakan, kita bisa menjawabnya dengan mengatakan “amado”.

괜찮아요 – Gwaenchanayo (Tidak apa-apa)

Saat kita ditanya apakah keadaan kita baik baik saja atau tidak kita bisa menjawabnya dengan ini. Contohnya, ketika kita tiba tiba mimisan karena kecapaian, kita bisa menjawabnya dengan ini ketika ditanya keadaan kita.

무슨일이생겼어요? – Museun Iri saenggyeosseoyo? (Ada masalah apa?)

Kalau kita melihat teman kita sedang muram atau sedih, kita bisa menanyakan mereka dengan mengucapkan kata ini, sambil bertanya apakah mereka tidak apa-apa.

걱정하지마세요 – Keokjeong hajimaseyo (Jangan khawatir)

Saat kita melihat bahwa ada teman yang terlihat muram, kita bisa menguatkan dia dengan bilang frasa “Keokjeong hajimaseyo” agar mereka tidak terlalu khawatir.

 Itulah 50 frasa kata yang dapat digunakan ketika berkunjung ke Korea. Selain frasa kata diatas, tentu masih banyak frasa kata lain yang tentu bisa membantu kita agar bisa berbicara dengan orang Korea lebih baik. Tetapi, 50 frase diatas tentu sudah cukup bisa membantu kita agar bisa bisa bercakap-cakap dengan orang Korea secara singkat.

Bahkan juga sudah ditulis dengan cara bacanya agar menjadi lebih mudah dipahami. Sebetulnya, sama sekali tidak sulit untuk mempelajari bahasa korea. Apalagi jika kita berusaha. Maka, mari kita sama-sama belajar bahasa Korea! Annyeong!