Setiap pengoperasian Excel dasar membutuhkan pengenalan terhadap macam-macam bagian. Mulai dari menu, sub menu, dan fitur serta fungsinya. Guna tingkat yang lebih lanjut, Anda bisa menggunakan tombol kombinasi keyboard untuk melakukan suatu perintah. Semakin cepat dan memudahkan asal sudah paham betul.

Memahami menu merupakan langkah awal. Sebagaimana seorang yang sedang belajar matematika, belajar Excel perlu ketelatenan. Asyiknya, semua pekerjaan tersebut dapat Anda latih secara otodidak dengan terus memperhatikan trik dan tips dari kami. Jangan sampai keliru menyebut mana menu dan mana perintah.

Penjelasan Menu Excel dengan Gambar

Dari gambar di atas dalam Excel dasar pun terdapat menu yang wajib diketahui. Letak menu adalah di atas perintah, sedangkan perintah tersebut juga disebut sebagai submenu. Menu utama dalam Excel meliputi File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View. Sedangkan setiap menu akan mempunyai bermacam-macam perintah berbeda.

Ada berbagai macam perintah yang sering digunakan. Sebagian besar perintah mempunyai tombol kombinasi keyboard untuk mengakses lebih cepat. Maka setiap menggunakan satu perintah, perhatikan tombol kombinasi tersebut dengan cara mendiamkan kursor tepat di arah perintah. Lama kelamaan Anda akan bisa mengafalnya.

Cara Customize Ribbon Excel

Terkait kostumisasi perintah dan menu ada beraneka ragam. Hal ini dilakukan agar tampilan menjadi lebih menarik. Perintah Excel dasar pun menjadi lebih mudah dipahami. Jika Anda tertarik, cobalah beberapa cara kostumisasi menu ribbon di Excel sebagai berikut.

Untuk mencoba tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengembalikan pengaturan kostumisasi ribbon ke default kembali. Cara untuk mengembalikan adalah dengan masuk ke menu Cutomize Ribbon > Reset. Perhatikan gambar di bawah ini.

Mengaktifkan Menu Kostumisasi Dasar

Masuklah terlebih dulu ke menu Customize Ribbon. Yakni dengan cara menekan menu File > Options. Setelah itu akan tampak menu yang bisa Anda atur, misalkan ingin menambah menu Home, menghilangkan menu View, dll. Perhatikan gambar supaya lebih jelas.


  1. Anda bisa menambah menu dan menguranginya.
  2. Mengubah nama menu dan kustomisasi isi perintah di dalamnya.
  3. Membuat custom tab sendiri.
  4. Memberi perintah khusus sesuai kustom.

Ada banyak sekali yang dapat dilakukan dengan kustomisasi ribbon dalam Excel dasar ini. Dengan masuk ke menu kostumisasi dasar ini, Anda telah bebas mengatur apa saja tampilan maupun perintah dalam menu dan command. Semua hal dapat Anda lakukan seperti halnya mengubah nama menu sesuai keinginan.

Mengubah Nama Menu di Excel

Customization ribbon yang dapat dilakukan dalam Excel tentu sangat beragam. Sebagai contoh yang mudah dan simpel, akan kami jelaskan bagaimana mengubah nama menu menjadi apa saja. Selain itu penempatan tiap command dapat diatur dengan mudah juga.

  1. Masuk ke menu Customize Ribbon seperti tadi. Anda bisa langsung masuk dengan cara klik kanan pada menu dan klik Customize the Ribbon.

2. Klik kanan pada menu yang ingin diganti namanya. Di sini contohnya mengubah Home menjadi Rumah.

3. Setelah semua selesai klik OK. 

Lihat hasilnya, sekarang menu yang awalnya bernama Home telah berubah menjadi Rumah. Anda juga dapat menyembunyikan menu ribbon dengan cara mengeklik segitiga pada bagian pokok kanan atas layar, memperluas field formula, menghilangkan mistar, dll.

Mengubah menu dan kostumisasi ribbon bertujuan agar memudahkan. Jika hal tersebut malah membuat Anda bingung, segera reset pengaturan seperti semula dengan cara yang telah kami berikan di atas. Semua Excel dasar bisa dipelajari dengan otodidak secara mudah dan cepat.