Untuk langkah pertama dan sebagai persiapan, maka siapkan tab menu ribbon Developer. Menu tersebut dapat dibuka dengan cara File > Option > Customize Ribbon. Panduan tentang Customize Ribbon pernah juga dibahas di situs ini.

Setelah itu pada kanal kanan, centang Developer menu. Klik OK dan selesai. Sebab menu pengimporan file XML berada pada tab menu ribbon Developer. Setelah beres, maka menu Developer tersebut akan muncul di bagian atas setelah View.

Selanjutnya adalah melakukan pengimporan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan, di antaranya seperti: file XML, menu perintah Develpoer, dan tentu saja Ms. Excel kesayangan. 

Cara Impor File XML ke Excel Paling Sering Digunakan

Guna mengimpor sebuah file XML, setelah Anda sudah membuka tab menu ribbon Developer, akan ada menu Impor. 

  1. Masuk ke Developer > Impor > Pilih File XML yang akan Anda impor.

2. Akan muncul kotak dialog import data. Di sana ada 2 pilihan.

Pilihan pertama yaitu XML table in existing worksheet yaitu untuk menaruh data XML ke sel yang sedang Anda pilih. Anda pun dapat memindahkan ke sel lain dengan cara mengeklik sel tersebut.

Pilihan kedua yaitu XML table in new worksheet yaitu sistem akan membuka sheet baru dan menempatkan data XML sesuai dengan yang terbaca. 

Di sini kami menggunakan pilihan pertama.

3. Proses impor file XML telah sukses. 

Sistem Excel menyediakan beberapa cara untuk mengimpor data file XML. Selain cara di atas, Anda juga dapat langsung mengimpor melalui tab menu ribbon File.

Cara Lain Mengimpor File XML ke Excel

Langkahnya cukup mudah sebagaimana cara pertama. Siapkan file XML yang telah terisi data, kemudian buka sheet baru di Excel.

  1. Klik pada tab menu ribbon File.

2. Klik Open untuk membuka berkas XML.

3. Pilih file XML yang telah Anda miliki.

4. Kemudian akan muncul beberapa pilihan.

5. Dan hasilnya akan sama dengan pada cara pertama tadi.

Penjelasan Pilihan Impor File XML 

Pada langkah ini terdapat beberapa pilihan sebagaimana gambar di atas. Untuk contoh dibuat simpel terlebih dahulu, yakni menggunakan pilihan pertama. Intinya, file XML telah terimpor ke dalam lembar kerja Anda saat itu.

  1. As an XML table jika digunakan maka akan membuka worksheet baru. Tidak merujuk pada skema tertentu sehingga menggunakan skema yang berada dalam kode file XML tersebut.
  2. As a read-only workbook jika digunakan maka tampilan worksheet tersebut menjadi dua dimensi atau hanya bisa baca. 
  3. Use the XML Source task pane jika digunakan maka Anda bebas menyeret skema ke dalam worksheet sehingga mudah memetakan setiap elemen yang terkandung di dalamnya.

Cara Ketiga Melalui Tab Menu Data

  1. Buka worksheet Anda dan masuk ke dalam tab menu ribbon Data > From Other Sources > From XML Data Import.

2. Pilih file XML Anda sebagaimana cara-cara sebelumnya > Open.

3. Akan muncul 3 pilihan baru, XML table in existing worksheet, Existing worksheet, New worksheet. Pilih yang pertama.

Pilihan di atas sekadar untuk penempatan di mana dimulainya isi dari file XML Anda. 

Begitulah beberapa cara mudah, mulai cara yang paling sederhana sampai beberapa cara lain yang jarang digunakan untuk melakukan impor data file XML ke Excel. Pada intinya sama saja, file Anda sudah berada di dalam Excel dan siap untuk dioperasikan. Semoga membantu.