Apakah kamu pernah merasakan bosan dengan animasi atau hiasan yang ada pada powerpointmu? Hmm, tenanglah. Hal ini pasti dirasakan oleh semua kalangan kok. Jadi janganlah kamu merasa tidak sekreatif yang lain ya. kamu bisa kok mempelajari semua animasi atau design–design powerpoint yang bagus guna mempercantik slide powerpointmu.

Eitss, jangan panik karena akan susah menemukan sumber belajar. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang semua yang kamu perlukan. Mulai dari bullet, numbering, text box, hingga wordart. Kamu pasti sudah pernah belajar wordart kan? Di jenjang sekolah dasar ya? well, benar sekali, word art adalah ilmu yang bisa kamu pelajari dengan mudah. Begitu juga dengan yang lain; bullet & numbering, textbox.

Tunggu apalagi? Yuk kita mulai belajar semua hal – hal tersebut agar kamu semakin mahir menghias powerpointmu. Kita bisa mulai dari yang paling mudah dahulu, yaitu bullet & numbering.

Bullet & Numberning

Biasanya, bullet pada power point sudah terpasang atau terprogram secara otomatis di slide kedua dan seterusnya. Namun dengan design yang itu–itu saja alias bulat seperti titik pada umumnya. Kamu bisa mengubah design bullet tersebut dengan mengikuti cara di bawah ini.

Langkah 1 : Buka Slide Baru

Ketika kamu membuka atau menambahkan slide baru, otomatis kamu akan menerima slide dengan template biasa seperti ini.

Lihatkan? Kamu pasti mendapatkan bullet yang biasa yaitu yang biasa seperti titik pada kolom bagian bawah. Nah, kamu bisa mengubahnya loh. ikuti langkah berikutnya yaa.

Langkah 2 : Klik panah pada pilihan Bullets di menu Home

ketika kamu klik kolom bagian bawah, menu home di atas akan aktif dan kemudian kamu harus mencari pilihan Bullets pada menu Home. Jika sudah ketemu, kamu pasti menemukan panah di samping logo Bullets tersebut. Lihatlah gambar di bawah ini.

Klik panah tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan design Bullets.

Langkah 3 : Pilih Design Bullets yang Kamu Inginkan

Yaps, tugasmu saat ini tinggal memilih design Bullets yang kamu inginkan.

Ketika kamu sudah memilih design Bullets yang kamu inginkan, maka Bullets  yang berada di kolom ketik akan berubah sesuai dengan design yang kamu pilih. Kamu juga bisa menggunakan numbering bilamana bullets tidak cocok dengan materi yang ingin kamu presentasikan. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu klik logo di sebelah bullets dan otomatis bullets pada kolom ketikmu akan berubah menjadi number atau urutan nomor.

Text Box

Setelah kita membahas bullets & numbering, selanjutnya kita akan membahas tentang textbox. Mungkin kamu belum mengerti bagaimana caranya membuat textbox pada powerpoint. Well, sebenarnya sama saja loh seperti kita membuat textbox di Microsoft Word. Kami akan memberikan langkah – langkah yang mudah untukmu. Yuk langsung simak tutorial di bawah ini.

Langkah 1 : Buka menu Insert > Add Text Box

Pertama, kamu harus membuka menu Insert di atas toolbar. Kemudian carilah pilihan Add Textbox pada menu itu.

Kemudian kursor kamu yang biasanya berbentuk icon panah akan berubah menjadi tanda +.

Langkah 2 : Gambar Box

Dengan kursor yang sudah berganti fungsi, kamu bisa menggambar box sebesar apapun yang kamu butuhkan. Namun, kamu hanya bisa menggambar box tersebut di luar kolom text yang sudah tersedia. Jika kamu ingin menempatkan TextBox tersebut di dalam Kolom Text, kamu hanya perlu menggesernya hingga ia masuk ke dalam Kolom Text.

Langkah 3 : Mengetik Tulisan dalam Box

Untuk mengisi box dengan tulisan, tentunya kamu perlu mengetikkan sesuatu kan yaa. Nah, caranya mudah kok. Kamu hanya perlu klik Textbox tersebut dan kemudian mengetiklah seperti biasa.

Word Art

See? Easy right? Semudah itu ya membuat Textbox pada power point. Nah sekarang mari kita lanjut untuk membahas bagaimana membuat word art di power point. Caranya cukup simpel loh, mari simak langkah – langkah di bawah ini.

Langkah 1 : Menu Insert > Word art

Jika kita tilik pada cara membuat textbox sebelumnya, pertama–tama kamu akan pergi menuju menu insert. Nah sama dengan yang satu ini, kamu pun harus pergi ke menu insert dan mencari pilihan word art. Pilihan ini sangat mudah ditemukan loh, karena letaknya yang tidak jauh dengan Textbox.

Langkah 2 : Pilih Design

Ketika kamu sudah menemukan pilihan wordart, kamu klik pilihan tersebut, maka akan muncul banyak design wordart. Pilihlah sesuka hatimu.

Lahkah 3 : Tulis sesuatu

Jika kamu ingin menggunakan word art, pasti kamu ingin mengetikkan sesuatu kan? Nah, ketiklah sesuatu tersebut dalam box yang sudah ada seperti ini.

Langkah 4 : Edit Text

Untuk mengedit text seperti mengubah font dan ukuran kamu bisa block semua tulisan tersebut dan pergi ke menu home serta mengganti font style dan font size seperti biasa. Untuk menghilangkan box yang mengeilingi tulisan, cukup klik di area mana saja, tentunya di luar box tersebut. Berikut hasil word art yang sudah di edit.

Demikan cara–cara dalam power point yang dapat kami berikan. Semoga bisa membantu kamu dalam mempercantik atau memperindah slide presentasimu ya. Banyak–banyaklah bereksperimen dengan menu dan pilihan yang ada pada toolbar. Kamu juga bisa berekspresimen dengan custom design di pilihan yang ada. Selamat mencoba!