Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang memiliki cakupan cukup luas, dimana ilmu ini dapat mempengaruhi hampir seluruh bagian kehidupan sehari-hari. Karena itulah sangat penting bagi manusia untuk mengetahui setidaknya konsep dasar dari ilmu ekonomi. Sehingga nantinya dapat membantu dalam memahami bagaimana peran dan kerja ekonomi, yang nantinya memungkinkan anda untuk bisa mengambil keputusan yang tepat.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang didalamnya mempelajari perilaku manusia ketika memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos (keluarga, rumah tangga) dan nomos (manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga), ada beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, antara lain adalah:

Menurut Adam Smith

Adam Smith menjelaskan jika perilaku manusia saat mengelola sumber daya sangat terbatas dalam mencapai tujuan tertentu di kehidupan.

Menurut John Stuart Mill

Pengertian ilmu ekonomi bisa diartikan sebagai ilmu yang didalamnya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengeluaran serta penagihan. 

Menurut Jean-Baptise Say

Ekonomi adalah ilmu yang menjadi cabang dari kajian-kajian serta aturan yang mengatur kekayaan seseorang.

Menurut Karl Marx

Ilmu ekonomi menurut definisi Karl Marx merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara manusia ketika bertahap hidup di dalam suatu kelas sosial yang berhubungan dengan memanfaatkan sarana produksi. 

Menurut Thorstein Veblen

Ahli Ekonomi Thorstein Veblen menjelaskan jika ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia saat menentukan pilihan mengenai produksi, distribusi, serta konsumsi yang berdasarkan pada nilai kebudayaan di sebuah lingkungan. 

Jika disimpulkan, ilmu ekonomi mempelajari tingkah laku manusia dalam mendapatkan serta mengelola sumber daya terbatas. Ilmu ini muncul dikarenakan manusia mempunyai kebutuhan serta keinginan yang terus menerus dan tidak terbatas. Namun sayangnya sumber daya yang ada terbatas.

Dengan belajar ilmu ekonomi, maka manusia dapat memprediksi bagaimana tindakan manusia kedepannya. Kemudian hal tersebut dapat dijadikan dalam perencanaan bisnis, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan tentang kesejahteraan masyarakat hingga sumber daya manusia

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi terbagi menjadi 3 pembagian, secara umum terbagi atas ekonomi deskriptif, teori ekonomi, serta ekonomi terapan. Teori ekonomi kemudian dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu makro ekonomi dan mikro ekonomi. Untuk penjelasannya bisa dilihat pembahasan lengkap di bawah ini. 

Ekonomi Deskritif

Ekonomi Deskriptif merupakan cabang ilmu ekonomi yang mendeskripsikan mengenai data-data yang nantinya menjelaskan beragam fenomena serta kenyataan yang terjadi. Cabang ilmu ekonomi ini memaparkan apa adanya mengenai kehidupan ekonomi di sebuah daerah ataupun negara di masa tertentu berdasarkan data-data yang ada. 

Teori Ekonomi

Pengertian teori ekonomi merupakan pembagian dalam ilmu ekonomi yang menjelaskan secara sederhana mengenai bagaimana sistem ekonomi bekerja serta ciri-ciri yang penting dalam sistem ekonomi tersebut.  Teori ekonomi dibangun atas landasan pengamatan sebab akibat yang berdasarkan aksi dan reaksi di dalam kehidupan ekonomi masyarakat. teori ekonomi terbagi atas 2 jenis yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. 

Ekonomi Makro

Pengertian ekonomi makro adalah teori ekonomi yang mempelajari keseluruhan tentang mekanisme kerja perekonomian. Hal-hal yang diteliti di dalam ekonomi makro antara lain meliputi fenomena ekonomi yang luas seperti pendapatan nasional, tingkat pengangguran, tingkat harga, inflasi, dan tingkat pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari ekonomi makro  untuk memahami tentang peristiwa ekonomi serta merancang dan memperbaiki kebijakan ekonomi. 

Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro adalah teori ekonomi yang belajar tentang perilaku individu dan perusahaan atau rumah tangga produksi untuk membuat keputusan dalam mengalokasikan sumber daya terbatas. Secara khusus, bagian dari teori ekonomi ini mempelajari bagian-bagian semisal perilaku konsumen dan perusahaan serta menentukan harga pasar untuk 1 jenis barang tertentu beserta kuantitas faktor input barang & jasa. 

Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan merupakan cabang ilmu ekonomi, dimana ilmu ini menjelaskan mengenai fakta-fakta yang dikumpulkan. Ilmu ekonomi ini menggunakan ilmu-ilmu teori ekonomi semisal metode analisis statistic, pengukuran, serta ekonometrika  dalam menjelaskan fenomena ekonomi serta untuk menginformasikan tentang kebijakan ekonomi secara akurat.

Masalah Pokok Dalam Perekonomian

Dalam menjalankan proses ekonomi, tak sedikit kemungkinan jika dapat timbul beberapa permasalahan bahkan hal ini terjadi sudah sejak zaman dahulu. Adanya permasalahan ekonomi tersebut salah satunya disebabkan karena kebutuhan manusia selalu tidak terbatas. Adanya keinginan yang tidak terbatas ini berhadapan dengan sumber daya yang terbatas yang menyebabkan adanya berbagai masalah. Permasalahan dalam ekonomi ini terbagi menjadi 2 yaitu permasalahan pokok ekonomi klasik dan permasalahan pokok ekonomi modern. 

Masalah Pokok Ekonomi Klasik

Menurut teori ekonomi klasik, terdapat 3 kategori masalah pokok ekonomi antara lain adalah:

Masalah Produksi

Agar bisa memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, maka pemenuhan terhadap barang dan jasa harus dilakukan. Dan demi memenuhi hal tersebut maka produsen harus memahami barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Masalah Distribusi

Masalah lain yang bisa terjadi dalam bidang ekonomi adalah bagaimana produk tersebut dapat terdistribusi dengan baik hingga bisa sampai ke tangan konsumen.

Masalah Konsumsi

People shopping with a credit card

Setelah barang dan jasa yang dibutuhkan sampai ke tangan konsumen, maka permasalahan selanjutnya yang dapat terjadi adalah apakah barang atau jasa tersebut digunakan dengan baik atau malah terbuang begitu saja dikarenakan harga yang tidak terjangkau. Ini menjadi masalah lain yang harus bisa dipikirkan para produsen yang mana sebagai pihak pembuat produk. Dan di sisi lain pihak konsumen juga harus dapat meningkatkan pemasukan agar dapat menjangkau kebutuhan produk yang diinginkan.

Masalah Pokok Ekonomi Modern

Berbeda dari teori ekonomi klasik, ada beberapa permasalahan yang terjadi dalam ilmu ekonomi modern antara lain adalah:

Jenis  barang atau jasa apa yang diproduksi seberapa banyak jumlahnya

Masalah pokok pertama dalam ilmu ekonomi modern yaitu bagaimana produsen bisa menentukan apakah jenis barang atau jasa yang diproduksi. Selain itu, jumlah produk yang akan diproduksi juga harus diperhitungkan. Jika sampai salah perhitungan, maka bisa jadi produsen bisa saja mengalami kerugian. Bahkan tak menutup kemungkinan jika produsen bisa mengalami kebangkrutan akibat tumpukan barang yang sia-sia. 

Bagaimana Cara Memproduksi Produk

Manufacturing and packaging process in a factory illustration

Setelah menentukan jenis produk yang diproduksi beserta jumlahnya, maka permasalahan lainnya adalah mengenai teknik produksi. Dengan keberadaan sumber daya yang ada, pihak produsen harus dapat menentukan teknik mana yang paling efisien dalam produksi. Berapa jumlah karyawan, teknik yang digunakan, ataukah ingin menggunakan tenaga manusia ataupun mesin, semuanya harus diperhitungkan dengan baik.

Untuk Siapa Produk Tersebut Diproduksi

Permasalahan ini bersangkutan tentang siapa yang membutuhkan barang/jasa serta siapa saja yang ikut menikmati hasilnya. Pada dasarnya, profit yang didapatkan dari produksi barang atau jasa bukan hanya diperuntukkan bagi konsumen saja. Namun juga ada pihak-pihak lainnya yang akan menerima keuntungan. Semisal karyawan yang menerima gaji, pemilik bahan baku yang mendapatkan upah, investor akan menerima bunga modal, dan masih banyak lainnya. karena itulah permasalahan ini sangat berkaitan tentang siapa saja yang akan mendapatkan keuntungan dari produksi barang dan jasa

Konsep dasar mengenai ilmu ekonomi dan permasalahan ini tentunya menjadi hal yang wajib dipelajari manusia. Mengingat ekonomi sangat berkaitan dengan kehidupan sehari hari, sehingga dengan mempelajari ilmu ekonomi akan sangat membantu untuk menentukan keputusan mengenai kehidupan perekonomian