Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Microsoft office dan google. Untuk google sendiri sudah terkenal dengan julukan mesin pencarinya. Jadi semua orang di dunia ini pasti menuju google jika ingin mencari jawaban dari sesuatu sebagai mesin pencari yang canggih di internet. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya google tidak sebatas dengan mesin pencari saja.

Seperti baru–baru ini, sudah ada merk smartphone yang mengatasnamakan google yaitu google pixel. Begitu juga dengan aplikasi online, google sudah memiliki banyak sekali aplikasi online yang bisa digunakan oleh pengguna internet secara gratis. Apa saja kah aplikasi–aplikasi tersebut? Simak lanjutannya yang ada di bawah ini ya.

Google Docs

Google docs adalah salah satu aplikasi buatan google. Google docs adalah layanan pengolah kata, spreadsheets, presentasi, formulir, penyimpanan data berbasis web yang gratis dari google. Layanan pertama ini dikenalkan kepada dunia pada anggal 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan yaitu Writely dan Spreadsheets. Google docs tersedia sebagai aplikasi untuk android, ios, windows, dan blackberry.

Google docs memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft office. Adapun fungsi google docs ialah untuk membuat dokumen, mengubah, dan menyunting dokumen yang berformat sepert .txt, doc, docx, pdf, dan dokumen lainya. Google docs tidak hanya berfungsi seperti itu loh. google docs juga bisa membantu pekerjaan kamu dalam pembuatan slide presentasi, spreadsheets, dan yang berhubungan dengan google form.

Sejarah Google Docs

Sejarah google docs sendiri diperkenalkan kepada public pada 12 januari 2010 dengan memberikan layanan penyimpanan online sebesar 1GB. Namun kemudian layanan tersebut meningkat dengan kapasitas mencapai 15GB. Namun dengan munculnya google drive sebagai layanan penyimpanan online pada 24 April 2012, fungsi google docs beralih menjadi hanya fokus pada pembuatan dokumen saja.

Orang–orang memilih google docs karena beberapa keunggulan yang ia punya. Diantaranya adalah resiko kehilangan data yang bisa dihindari. Dukungan dan support yang lengkap dari google. Google docs juga memiliki berbagai fitur yang lengkap seperti memeriksa ejaan. Aplikasi ini pun bisa diakses dimana saja dan kapan saja mengingat jaman sekarang hidup kita sudah semakin mudah dengan adanya internet.

Hanya sedikit kelemahan yang google docs punya, yaitu efek dari keuntungan bisa diakses dimana saja. Maksudnya, google docs membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengaksesnya. Dengan begitu, sudah sangat jelas bahwa google docs hanya bisa digunakan atau diakses selama smarphone kita sedang online atau terhubung ke jaringan internet.

Namun, seperti yang dibilang pada paragraf sebelumnya. Kekurangan google docs tidak mungkin menjadi masalah untuk kita mengingat zaman sekarang kita hidup di era serba digital yang berhubungan dengan internet.

Fitur di dalam google docs ada yang Namanya editing. Karena google docs dan google adalah aplikasi yang bersambung atau terkoneksi maka dengan menggunakan google docs, kamu bisa mengedit satu file secara bersamaan walaupun berada di tempat yang berbeda. Jadi, jika kamu melakukan pengeditan terhadap satu dokumen di google docs, orang lain yang bisa mengakses file tersebut dapat melihat proses pengeditan tersebut.

Begitu juga sebaliknya yaa. Dan juga kamu tidak perlu takut untuk kehilangan riwayat revisi dokumenmu. Perubahan dan riwayat revisi secara otomatis tersimpan di server google. Sehingga pengeditan terakhir dapat dilihat dan dikembalikan kembali. Jadi kamu tidak perlu takut kehilangan file sebelumnya karena file tersebut pun aman di server google.

Google Sheets

Google sheets adalah aplikasi yang disediakan oleh google yang fungsinya sama dengan microsoft excel yaitu sebagai perhitungan data berupa angka, memasukkan data dan formula formatting cells, dan membuat chart atau bagan. Jika dilihat dari kegunaan, google sheets tidaklah jauh beda dengan Microsoft excel. Namun, masing – masing mempunyai fitur yang diunggulkan.

Google berinovasi dengan teknologi Microsoft excel dan membawa konsep ini ke browser dengan dokumen sehingga kamu dapat menggunakannya di mana pun kamu berada. Oaket dokumen secara otomatis membuat file kamu dicadangkan dan memudahkan semua orang untuk berkolaborasi.

Mengapa orang–orang terlihat lebih nyaman dengan google sheets ini? karena ada beberapa fiturnya yang layak di coba untuk para pengguna baru. Salah satu fiturnya adalah integrasi bentuk masukan yang mudah. Dengan terkoneksinya google sheets dengan google form, hal ini membuat mudah pekerjaanmu yang berhubungan dengan umpan balik atau tanggapan.

Google sheets memang sangat nyaman digunakan. Selain karena fitur yang sudah di sebutkan di atas, ada keunggulan lain yang bisa mengalahkan micorosoft office. Yaitu google sheets tidak menggunakan lisensi. Singkatnya, lisensi adalah sebuah perizinan ketika kamu menggunakan sesuatu yang terdapat lisensinya. Termasuk Microsoft excel. Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan perihal lisensi ini.

Keunggulan Lain Google Sheets

Keunggulan yang lain ialah google sheets bisa diakses dan digunakan di mana saja. Aplikasi ini tidak harus terinstall di komputer atau laptop kamu karena aplikasi ini menggunakan basis cloud. Kamu hanya membutuhkan internet untuk mengakses aplikasi ini.

Tingkat mobilitas yang tinggi juga menjadi keunggulan dari google sheets. Sama halnya dengan poin yang disebutkan di paragraf atas. Kamu bisa mengakses google sheets kapan saja, di mana saja, bahkan oleh siapa saja dengan maksud mengakses file tersebut dalam waktu yang bersamaan pun juga bisa. Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah koneksi internet

Terkait dengan media penyimpanan. Google sheets yang termasuk dalam jajaran google docs terbilang lebih aman daripada micorosoft office. Media penyimpanan mereka menggunakan google drive yang juga berbasis cloud atau online. Banyak pihak juga yang mengatakan bahwa google drive jauh lebih aman dibandingkan penyimpanan regular yang biasa kita pakai sedari dulu.

Tidak mungkin kan kita akan membawa flashdisk berisi data–data yang penting kemana pun kita pergi? Jika kita membawa data–data penting dalam genggaman tangan, maka itu akan menimbulkan resiko kehilangan dan kerusakan yang sangat tinggi. Maka dari itu banyak orang di dunia ini beralih menggunakan aplikasi pembuat dokumen dan tempat penyimpanan yang berbasis online.

Namun bagi mereka yang bekerja dengan computer seharian dan jarang terkoneksi ke internet, Microsoft excel memang lebih bagus digunakan dibanding dengan google sheets ataupun google docs. Hal ini wajar mengingat perangkat lunak google docs memang diperuntukan kepada mereka yang gemar berpergian namun juga harus mengakses dokumen pada saat–saat tertentu.

Demikian artikel tentang google docs dan google sheets yang dapat kami berikan. Semoga bisa membantu kamu dalam memilih perangkat lunak mana yang akan kamu gunakan ya.

Dalam pemilihan perangkat lunak pembuat dokumen seperti ini, itu semua tergantung keadaan dan kebutuhan kamu saat bekerja. Kamu bisa mempertimbangkannya dengan kelebihan dan kekurangan dari masing–masing aplikasi yang ada.