Hei, apakah Anda baru saja akan menggunakan aplikasi excel? Atau belum terlalu mahir untuk penggunaan excel? Hayoo, acungkan tangannya bagi yang tidak mengerti excel! Hahaha. Kalau begitu, pasti kalian tidak mengerti cara membuat grafik di excel ya? Kamu tidak perlu khawatir, karena di sini kami akan membantumu hingga kamu bisa melakukannya sendiri.

Membuat Grafik/Chart di Excel

Pada artikel ini, kami akan membeberkan cara mudah untuk membuat tabel di Microsoft excel loh! dan pula akan ada bagian bagaimana memasukkan tabel yang sudah kamu buat ke dalam Microsoft power point. Eittss, jangan perpikiran bahwa pekerjaan ini sulit ya. Sebenarnya cukup mudah kok, kamu hanya membutuhkan beberapa langkah kecil saja yang sangat mudah untuk diikuti.

Tunggu apalagi? Yuk cek langkah – langkah di bawah ini untuk melatih skill Microsoft excelmu!

Langkah 1 : Pilih Sel

Yang pertama, kamu harus memilih sel yang ingin kamu buatkan grafik, termasuk judul kolom dan label baris. Sel ini berisi data – data kamu yang ingin kamu rubah ke dalam grafik. Blok data yang kamu punya, seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2 : Open Insert > Pilih Jenis Grafik

Selagi kamu ngeblok data atau tulisan tersebut, bukalah menu insert, kemudian geser penglihatanmu ke kanan dan kamu akan menemukan pilihan menu grafik, seperti gambar di bawah ini.

Pilihlah grafik yang kamu inginkan. Pada contoh ini, kami akan memilih grafik batang yang umum, yaitu Column. Terdapat banyak pilihan pada menu Column ini, mulai dari yang tabel biasa hingga tabel yang berbentuk bar. Kami sarankan kamu menggunakan tabel yang 3D, yaa alasan kami menyarankan itu hanya karena designya yang terlihat bagus sih, hehe.

Step 3 : Grafik Telah Jadi!

Ketika kamu sudah klik salah satu design pada pilihan menu grafik Column, grafik akan dengan otomatis ada di lembar kerjamu. Kamu bisa mengedit design grafik pada menu design dan format di bagian atas bar loh. Jadi kamu bisa mengkreasikan grafikmu dan mengubahnya menjadi grafik yang berbeda atau tidak monoton.

Kamu bisa mengedit grafikmu mulai dari mengubah layout atau tatanan grafik hingga mengubah bentuk grafik. Manfaatkanlah fitur tersebut untuk menghasilkan design grafik yang bagus ya. Karena design yang bagus bisa menjadi daya tari tambahan untukmu dari audience yang melihat lohh.

Mengimpor ke Powerpoint

Nah, sekarang kamu sudah bisa membuat grafik pada lembar kerjamu di Microsoft excel ya. Kali ini kamu akan belajar bagaimana caranya memindahkan atau memasukkan tabel tersebut ke dalam Microsoft power point untuk melengkapi laman bahan presentasimu.

Langkah – langkah yang akan dipelajari sangat mudah loh. penasaran? Yuk langsung saja kita bahas langkah – langkah yang dimaksud tersebut.

Langkah 1 : Klik Grafiknya

Pertama kamu hanya membutuhkan langkah kecil yaitu mengeklik grafik yang sudah ada di lembar kerja atau worksheetmu itu.

Langkah 2 : Klik Kanan pada Mouse/Trackpad (pada laptop)

Setelah kamu klik gambar grafik, selanjutnya kamu harus klik kanan pada mouse atau trackpad (jika kamu menggunakan laptop tanpa mouse tambahan). Ketika kamu klik kanan, maka akan muncul pilihan seperti ini :

Nah, pilihlah pilihan copy pada deretan pilihan tersebut.

Langkah 3 : Buka Power Point

Yap! Langkah yang pasti ialah membuka powerpoint, atau kamu bisa langsung buka lama ppt kamu yang ingin menampilkan grafik dari excel ini. atau jika kamu hanya ingin mencoba, kamu bisa buka lama powerpoint yang baru.

Langkah 4: Klik kanan > Paste

Nah, ketika laman powerpoint-mu sudah terbuka, klik kanan pada kursormu, dan pilihlah pilihan paste pada deretan pilihan tersebut.

Jika pilihan paste yang tertera terdapat beberapa pilihan lagi, pilihlah paste dengan logo kuas atau “Keep Source Fomatting & Embed Workbook”

Langkah 5 : Grafik Sudah Siap!

Yak, ketika kamu selesai klik paste, maka grafik dengan otomatis akan berpindah ke laman powerpointmu, seperti yang ada pada gambar di bawah ini. selamat! Kamu berhasil memindahkan grafik dari microsoft excel ke Microsoft powerpoint milikmu! Dan kini laman powerpointmu tidak lagi polos atau berantakan dengan grafik yang asal.

Mudah bukan? Kamu hanya perlu mengoperasikan kursormu saja. Selain dengan cara ini, ada acara yang lebih mudah loh, yaitu kamu cukup klik grafik pada Microsoft excel kemudian tekan Ctrl+ C secara bersamaan. Setelah itu kamu pindah ke laman powerpoint dan kemudian tekan Ctrl + V secara bersamaan. Daann, tada! Grafik telah berpindah ke laman power pointmu!

Sejatinya, Microsoft Excel memang memudahkan para penggunanya dalam menentukan grafik atau segala hal yang berhubungan dengan data. Kamu hanya perlu mengetahui panel yang cocok dan rumus – rumus dalam Microsoft excel. Tidak perlu yang berbelit – belit, pasti ada acara mudah untuk memahami dan mengoperasikannya. Kamu hanya perlu menemukan cara yang pas untuk belajar tentang Microsoft Excel.

Demikian tutorial membuat grafik pada excel dan cara memindahkannya ke powerpoint. Dengan cara mudah yang kami berikan, semoga bisa membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan yang kamu punya. Dan semoga dengan cara – cara ini, kami bisa meringankan pekerjaanmu.

Selamat mencoba ya. ketika kamu gagal dalam percobaan pertama, jangan langsung putus asa. Cobalah berkali – kali hingga kamu berhasil. jika kamu sulit memahami apa yang kami sampaikan, cobalah untuk menenangkan diri dengan menarik nafas secara perlahan, kemudian coba pahami lagi.