Terkadang ketika kita sedang melihat jurnal milik sebuah universitas di perpustakaan online, pada jurnal tersebut terdapat sebuah watermark yang tidak dapat dihilangkan. Apakah kamu penasaran bagaimana bisa watermark digunakan dalam pembuat dokumen Microsoft Word? Nah pada artikel ini, kamu akan mendapatkan ilmu bagaimana menambahkan tabel, gambar, dan watermark ke dalam dokumen Microsoft Word.

Cara Menambahkan Tabel ke Dokumen

Langsung saja yuk kita pelajari cara–caranya. Yang pertama kita akan membahas cara menambahkan tabel ke dalam dokumen. Mari kita pelajari cara–caranya di bawah ini.

Langkah 1 : Buka menu insert

Yaps! Pertama kamu harus membuka menu Insert. Pilihan menu ini ada di bagian atas toolbar. Sangat mudah untuk menemukannya.

Langkah 2 : Klik icon tabel

Tepat di bawah tulisan insert, terdapat sebuah icon yang bertuliskan “table”.

Langkah 3 : Klik insert table

Ketika kamu klik pilihan tabel, akan keluar beberapa pilihan seperti insert table, draw table, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa membuat tabel menggunakan kotak–kotak yang ada di atas tulisan pilihan–pilihan tersebut.

Ketika kita klik insert table, maka akan keluar form isi tabel. Kamu harus mengisi form tersebut untuk menentukan berapa banyak tabel yang ingin kamu buat.

Langkah 4 : Mengisi form

Terdapat dua pilihan yang harus diisi yaitu number of columns dan number of rows. Number of columns menunjukkan kolom, yaitu yang berderet menyamping sedangkan number of rows adalah kolom yang berderet ke bawah. Tentukan berapa banyak kolom yang kamu butuhkan dan kemudian klik ‘ok’.

Langkah 5 : Tabel tersaji

Dan tadaa! Tabel akan tersaji langsung di lembar dokumenmu. Kamu bisa mengedit desain atau tampilan tabel di menu bagian design, bagian atas toolbar. Pada menu design pun kamu bisa menentukan seberapa tebal garis tabel yang kamu inginkan dengan ‘Border Styles’.

Cara Memasukkan Gambar ke Dokumen

Jika kita sudah mengetahui cara memasukkan tabel ke dalam lembar dokumen kita, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana caranya memasukkan gambar ke dalam lembar dokumen kita. Yuk cek caranya pada tulisan di bawah ini.

Langkah 1 : Buka menu insert

Sama seperti pada tutorial sebelumnya, kamu harus membuka menu ‘insert’ terlebih dahulu pada again atas toolbar.

Langkah 2 : Klik pilihan ‘pictures’

Saat kamu sudah membuka menu ‘insert’ di toolbar bagian atas, kamu akan segera menemukan pilihan ‘pictures’ tepat di sebelah pilihan ‘table’.

Langkah 3 : Pilih foto yang akan dimasukkan

Ketika kamu sudah klik ‘pictures’, maka akan muncul jendela baru dimana kamu harus memilih foto yang ingin kamu masukkan. Pilihlah fotonya dan kemudian klik ‘insert’ pada bagian bawah jandela tersebut.

Langkah 4 : Foto Terpilih

Setelah kamu klik ‘insert’, foto yang terpilih akan otomatis sudah tersedia di lembar dokumenmu. Dan tada!! Kamu berhasil memasukkan foto ke dalam dokumenmu. Kamu bisa mengedit bingkai atau posisi foto pada menu bagian format di bagian atas toolbar.

Cara Menambah Watermark dalam Dokumen

Nah, kamu jadi sudah mengetahui bagaimana caranya memasukkan foto ke dokumen kerjamu dengan baik dan benar. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana membuat watermark pada dokumenmu agar dokumenmu yang ingin dipublikasikan tidak digunakan oleh orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Yuk ikuti langkah – langkah di bawah ini agar kamu berhasil membuat watermark pada dokumenmu!

Langkah 1 : Buka menu design

Yang pertama, kamu harus membuka menu ‘design’ yang terletak tepat di sebelah menu ‘insert’ pada bagian atas toolbar.

Langkah 2 : Pilih ‘Watermark

Setelah kamu membuka menu design pada toolbar, carilah pilihan ‘Watermark’ pada menu tersebut. Biasanya terdapat di bagian kanan menu, seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 3 : Pilih design ‘Watermark

Setelah kamu klik pilihan ‘watermark’, kemudian akan terpampang menu watermark. Pilihlah menu ‘Custom Watermark’ di bagian bawah menu.

Langkah 4 : Memasukkan foto / tulisan watermark

Ketika kamu sudah klik pilihan ‘custom watermark’, kamu akan dihadapkan dengan form yang berisi pilihan picture watermark atau text watermark. Kamu bebas memilih dari kedua pilihan tersebut. Jika kamu memilih picture watermark, kamu hanya perlu select picture pada pilihan di bawahnya dan kemudian klik ‘ok’.

Jika kamu ingin memilih text watermark, kamu perlu mengisi form yang ada seperti language, text, font, size, color, dan layout. Kemudian klik ‘ok’ untuk menggunakan watermark tersebut. Kamu akan memilih bahasa terlepih dahulu pada form language, pilihlah bahasa Indonesia yaa.

Sebelum kamu klik ‘ok’, kamu bisa klik ‘apply’ untuk melihat contoh watermark di dokumen kerjamu sebelum watermark tersebut akan digunakan secara pasti.

Langkah 5 : Watermark telah terpasang!

Setelah kamu klik ‘ok’, watermark yang sudah kamu pilih akan langsung terpampang. Di contoh ini, kami memberikan contoh dari text watermark.

Yeay! Akhirnya kamu bisa membuat tabel, memasukkan gambar, dan membuat watermark di dokumen kerjamu. Kamu bisa mencoba – coba berbagai menu untuk terus mengasah skill menulis di Microsoft Word. Kelak, skill ini akan dibutuhkan di dunia kerja loh. By the way, kamu bisa bereksperimen dengan Font dan Font Color pada menu watermark loh. dengan bermain di Font dan Font Color, kamu bisa membuat text watermarkmu menjadi lebih indah dan tidak monoton.

Demikian artikel cara memasukkan tabel, gambar, dan watermark yang bisa kami sampaikan kepadamu. semoga dengan artikel ini, skill Microsoftmu jadi tambah terasah yaa. Jangan lupa untuk mengikuti langkah demi langkah dengan tepat, dan teruslah berlatih jika percobaanmu gagal.