Teka-Teki Silang atau yang disebut TTS merupakan permainan yang mengandalkan kecerdasan dan wawasan yang luas dari pemainnya. Permainan ini sebenarnya sangat menyenangkan jika kamu memahami strategi yang tepat. Selain itu, ternyata bermain TTS juga dapat memberikan manfaat, lho!

Supaya tidak penasaran, langsung simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Manfaat Bermain Teka-Teki Silang (TTS)

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau bermain TTS memberikan dampak yang positif terhadap otak jika kita memainkannya secara rutin. Salah satu peneliti bernama Ann Lukit yang menulis “Puzzles Boost Verbal Skills, Cut Dementia Risk” menemukan bahwa menyelesaikan TTS secara rutin dapat meningkatkan ingatan dan fungsi otak pada orang lanjut usia. Aktivitas sejenis ini juga dapat membantu mengatasi kerusakan otak atau demensia sejak dini.

Masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dengan bermain TTS. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Menambah Kosakata

Pengetahuan dalam bidang bahasa sangatlah penting. Sebab dari bahasa kita dapat mengetahui tingkat pendidikan dan status sosial mereka. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah dengan memperluas pengetahuan tentang kosakata.

Dengan menguasai dan mengetahui banyak kosakata serta cara penggunaannya akan membantumu untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, kamu juga dapat terlihat lebih cerdas dengan penggunaan kosakata yang kamu kuasai.

2. Meningkatkan Ingatan dan Fungsi Otak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bermain TTS dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Hal ini karena permainan yang mengasah otak dapat bantu mencegah terbentuknya beta-amiloid, yakni komponen utama plak pada otak yang menyebabkan penyakit alzheimer.

Ketika kamu mencoba mengerjakan dan menyelesaikan teka-teki dalam permainan TTS, secara tidak langsung kamu melatih otak dengan cara mencoba mengingat banyak hal. Kegiatan seperti ini dapat menghindarkan kamu dari penyakit demensia.

3. Meningkatkan Kemampuan untuk Menyelesaikan Masalah

Dalam permainan TTS, kita diajak untuk berpikir logis, jernih dan menggunakan analisis mendalam. Kamu mungkin bertanya, untuk apa susah payah berpikir hanya untuk menyelesaikan sebuah permainan?

Nyatanya menggunakan pikiran yang logis dalam permainan TTS, tidak hanya membantu menyelesaikan permainan tetapi dapat memberikan manfaat pada kita dalam menghadapi segala permasalahan dalam hidup.

Cara ini juga dapat membantumu memecahkan masalah karena kamu sudah terbiasa berpikir jernih.

4. Mengurangi Stres

Tahukah kamu, meskipun dalam menyelesaikan permainan TTS memerlukan fokus dan pikiran yang jernih, ternyata permainan ini dapat mengurangi stres, lho.

Permainan TTS dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan meditasi dan menghindarkan diri sejenak dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari. Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi tingkat stres namun tetap melibatkan pikiranmu, sehingga kegiatan relaksasi yang kamu lakukan lebih produktif.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan permainan TTS ini, tidak perlu memaksakan diri. Tapi kamu tetap bisa mencobanya mulai dari teka-teki yang paling mudah, siapa tahu kamu akan ketagihan untuk segera ke level selanjutnya.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika kamu berhasil menyelesaikan satu sesi permainan TTS tentu memberikan rasa lega tersendiri. Nah, tahukah kamu kalau pencapaian ini ternyata memberikan dampak yang positif, yakni meningkatkan rasa percaya diri dan keyakinan bahwa segala masalah pasti akan selesai pada waktunya.

6. Menjaga Ikatan dengan Sekelilingmu

Jika bermain TTS sendiri merupakan bentuk meditasi dan pelarian dari kesibukan, pernahkah kamu bermain TTS dengan teman atau keluargamu?

Nyatanya bermain TTS dengan orang-orang di sekitarmu dapat meningkatkan ikatan kedekatan dengan mereka, lho. Hal ini karena kamu akan melalui keseruan permainan dengan mereka untuk bisa menyelesaikannya. Selain itu, kamu juga pasti melakukan kerja sama dengan teman-temanmu selama permainan berlangsung.

Tips Sukses Bermain Teka-Teki Silang (TTS)

Bermain TTS memang tidak dapat dikatakan seratus persen mudah, tetapi kamu tetap dapat menyelesaikannya meskipun masih menjadi pemula dalam permainan ini.

Dibutuhkan trik khusus agar bisa sukses menyelesaikan semua soal teka-teki yang diberikan. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini, yuk!

1. Menggunakan Alat Tulis yang Mudah Dihapus

Menyiapkan pensil untuk menjawab TTS adalah yang paling dianjurkan. Sebab jika jawabanmu ternyata salah, masih dapat dihapus lagi sehingga dapat diisi dengan jawaban yang benar.

Dengan menggunakan pensil juga akan membuat pengerjaan TTS lebih rapi dan bersih dari noda correction pen atau cairan pengoreksi. Namun tentu saja hal ini hanya berlaku jika kamu mengerjakan TTS yang dicetak di atas kertas. Sebab saat ini sudah banyak permainan TTS yang tersedia secara online untuk dimainkan di komputer atau handphone.

2. Coba dari Satu Sumber Terlebih Dahulu

Agar bermain TTS semakin mudah, ada baiknya kamu mencoba dari satu sumber terlebih dahulu. Misalnya, kamu suka mencari TTS di koran A, maka cobalah untuk konsisten mengerjakan semua soal-soal TTS yang ada di koran A. Hal ini akan membuatmu familiar dengan soal-soal yang dibuat mereka dan kamu akan lebih mudah menjawabnya.

3. Pikirkan Tema Permainan

Kadang ada permainan TTS yang memiliki tema tentang suatu topik tertentu, umumnya permainan TTS yang dikerjakan secara online.

Tema ini tentunya sangat menguntungkan karena akan memberikan kemudahan untukmu mengetahui soal apa saja yang akan diangkat dalam permainan. Misalnya saja, temanya adalah game maka kamu dapat mempelajari atau mencari bahan untuk dapat menjawab kotak-kotak kosong dalam TTS dengan jawaban yang tepat.

4. Menjawab Soal yang Sudah Ada Petunjuknya

Dalam permainan TTS, tidak semua soal sulit. Tidak jarang kamu akan menemukan soal mudah dengan petunjuk yang diberikan. Mulailah dengan soal seperti ini untuk dapat melanjutkan ke soal-soal berikutnya.

5. Fokus pada Kotak dengan Jumlah yang Sedikit

Tidak sedikit soal TTS yang memiliki jawaban 2 hingga 5 kotak. Untuk memudahkanmu, mulailah mengerjakan soal dengan kotak jawaban yang sedikit terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan soal-soal yang lebih sulit nantinya.

6. Fokus pada Soal Singkatan

Teka-teki yang berupa soal singkatan tentu jauh lebih mudah daripada jenis-jenis soal yang telah disebutkan di atas. Bahkan kamu dapat mengerjakannya tanpa berpikir panjang. Soal-soal singkatan ini sebaiknya dipertimbangkan untuk dikerjakan lebih dahulu daripada bentuk soal yang lain.

7. Meminta Bantuan

Ketika kamu sudah merasa bingung dan tidak tahu jawaban apa yang tepat untuk menyelesaikan permainan TTS yang sedang kamu kerjakan, merupakan hal yang tepat untuk bertanya kepada teman atau anggota keluarga.

Nah, itulah beberapa manfaat dan tips sukses dalam menyelesaikan permainan TTS. Mungkin informasi ini hanya akan menjadi sebuah informasi, sebab saat ini sudah jarang sekali orang yang tertarik untuk bermain TTS karena dianggap terlalu sulit dan orang-orang lebih memilih permainan yang lebih ringan untuk dimainkan. Semoga artikel ini bermanfaat!