Biologi merupakan ilmu yang menarik loh. Dengan biologi, kamu bisa bepergian ke hutan–hutan terkenal di dunia sembari berlibur. Tidak hanya itu, dengan ilmu biologi yang kamu punya, kamu bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk bertahan hidup ketika kamu sedang terjebak di sebuah hutan. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dari ilmu biologi. Seperti menciptakan bibit unggul tanaman. Dengan kamu menciptakan bibit unggul, kamu bisa bercocok tanam dan memenuhi kebutuhan pangan sehari–hari tanpa harus mengandalkan sayur mayur di pasar.

Manfaat Belajar Biologi 

Masih banyak manfaat lainnya dari ilmu biologi loh. Berikut ada beberapa manfaat yang sudah kami rangkum hanya untuk kamu.

Bidang Pertanian

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan kamu mempelajari biologi, satu bibit unggul bisa kamu ciptakan. Dengan bibit unggul ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan panganmu tanpa harus bergantung dengan bahan – bahan makanan di pasar yang terkadang harganya tidak menentu. 

Bahkan kamu bisa memperbaiki sistem pertanian negara loh. Dengan ilmu biologi, kamu bisa bergabung ke dalam Kementerian Pertanian Indonesia dan mengubah sistem pertanian negara kearah yang lebih baik. Dengan mengubah sistem pertanian negara, kamu juga sudah menjadi abdi negara yang baik.

Bidang Pertenakan

Tidak hanya pertanian yang bisa kamu ciptakan bibit unggulnya. Peternakan juga loh. Kamu bisa menciptakan bibit unggul peternakan dengan cara hibridisasi. Apa itu hibridisasi? Hibridisasi ialah memperoleh organisme baru dengan mengawinkan dua organisme yang berbeda varietas. Dengan kata lain, hibridisasi ialah kawin silang antar hewan. Hewan yang lahir dari hasil hibridisasi disebut hewan hybrid.

Sudah banyak hewan hybrid di dunia ini, contohnya ada Liger yaitu macan betina yang merupakan perkawinan silang antara singa jantan dan macan betina. Berbeda dengan Liger, persilangan antara macan jantan dan singa betina menghasilkan Tigon, seekor singa jantan yang memiliki motif bulu seperti macan. Sudah dapat dibuktikan bahwa dengan biologi, kamu bisa menciptakan spesies hewan maupun tumbuhan yang baru.

Bidang Perikanan

Tidak seperti sebelumnya yang melakukan kawin silang antar spesies hewan. Bidang perikanan ini memanfaatkan ilmu biologi yang kamu miliki untuk melestarikan habitat ikan, baik air asin maupun air tawar. Kamu bisa bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, bahkan bisa menjadi seperti Ibu Susi Pudjiastuti yang menjabat sebagai Menteri Kelautan periode 2014 – 2019 kemarin. 

Atau kamu bisa menjadi Duta Kelautan dan mengubah laut Indonesia menjadi habitat yang layak untuk para ikannya. Dengan habitat yang layak, ikan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi bukan? 

Bidang Kedokteran

Biologi di bidang kedokteran digunakan untuk proses transplantasi organ. Transplantasi sendiri ialah proses penggantian organ yang rusak dengan organ yang baru. Selain itu, biologi juga dimanfaatkan dalam program bayi tabung. Dengan program ini, ibu yang mempunyai kesulitan dalam mendapatkan keturunan akan sangat terbantu berkat adanya ilmu biologi.

Manfaat biologi dalam bidang kedokteran yang lain ialah pembuatan vaksin. Sudah banyak virus di dunia ini yang sangat mengganggu kehidupan manusia. Maka dari itu, vaksin diciptakan oleh para lulusan ilmu biologi untuk membantu para dokter dalam menangani sebuah virus.

Bidang Kesehatan

Pada bidang kesehatan, manfaat biologi ialah mengetahui anatomi manusia. Dengan ilmu anatomi yang baik dan meluas, kamu jadi bisa lebih menjaga diri kamu dan menghindar dari berbagai penyakit yang berpotensi menyerang kesehatanmu. 

Tak hanya itu, dalam bidang kesehatan, kamu bisa melakukan penyembuhan luka dengan bahan-bahan yang di dapat dari alam, seperti dedaunan dan rempah-rempah yang ada. Jadi, kamu bisa merawat dirimu dengan baik hanya dengan berbekal ilmu biologi.

Bidang Farmasi

Biologi dalam bidang farmasi mempunyai manfaat dalam pembuatan antibiotik. Antibiotik ini digunakan sebagai bahan pendukung dalam penyembuhan suatu penyakit. Selain antibiotik, kamu bisa menciptakan enzim buatan, vitamin sintetik, dan obat – obatan tradisional seperti jamu.

Bidang Lingkungan

Untuk memperoleh tempat tinggal yang nyaman, tentu kita harus melestarikan lingkungan di sekitar. Ilmu biologi bisa kamu gunakan untuk hal itu. Langkah kecil bisa dimulai dari pembuangan sampah yang tepat. Hal ini akan mempengaruhi mikroorganisme di lingkungan tersebut.

Dimulai dengan siklus mikroorganisme yang benar, lingkungan kamu bisa menjadi lebih sejuk dan lebih ramah untuk ditinggali. Langkah kecil yang bisa kamu lakukan ialah mulai membuang sampah organik dan anorganik serta sampah kimia dengan benar.

Bidang Industri

Kamu bisa memanfaatkan ilmu biologi dalam bidang industri untuk melakukan fermentasi dan menghasilkan produk makanan dan minuman seperti yogurt, sari kelapa, roti, dan lainnya. Dengan begitu, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi pengusaha yang berbekal ilmu biologi.

Bidang Nuklir

Tahukah kamu bahwa radiasi nuklir bisa digunakan untuk hal yang positif? Dengan perhitungan yang pas, kamu bisa mengubah radiasi nuklir menjadi terapi radiasi yang biasa digunakan untuk penyembuhan kanker. Tentu hal ini hanya bisa kamu lakukan ketika kamu mempelajari ilmu biologi.

Bidang Energi

Pengetahuan ilmu biologi kamu bisa dimanfaatkan dalam pembuatan energi alternatif. Contohnya seperti biogas dan biodiesel. Baru – baru ini kedua energi tersebut sedang dikembangkan oleh banyak ilmuwan loh. Apakah kamu tidak tertarik ?

Banyak sekali ya manfaat yang bisa kamu ambil walaupun hanya dari satu cabang ilmu. Maka dari itu ilmu biologi merupakan ilmu penting di dunia ini. Kamu harus mempelajarinya walaupun hanya ilmu dasar. Karena kelak, ilmu ini akan berguna dalam hidup kamu.

Cara Menumbuhkan Minat Belajar Biologi

Mempelajari suatu ilmu bisa kamu lakukan dengan minat yang besar. Dengan minat, kamu akan terus merasa kurang saat belajar. Menumbuhkan minat belajar biologi bisa kamu lakukan dengan cara-cara dibawah ini.

Kebiasaan Membaca

Mulailah membiasakan diri untuk membaca. Dengan kebiasaan membaca, kamu sudah bisa menguasai berbagai ilmu. Termasuk juga biologi. Bacalah buku-buku yang memiliki gambar di dalamnya. Dengan gambar yang animatif, pembelajaran akan menjadi lebih menarik daripada yang biasanya. 

Kebiasaan Menulis

Menulis berarti menyampaikan ilmu yang telah kamu terima dengan bahasamu sendiri. singkatnya dengan kamu menulis, maka kamu akan mengulang ingatan tentang materi yang baru saja kamu pelajari. Dengan menulis, kamu akan semakin mengingat materi tersebut. 

Praktek

Praktek membuat kamu tertantang untuk membenarkan teori yang baru kamu pelajari. Misalnya seperti materi pencangkokan pada bab tumbuhan. Apakah benar dengan metode cangkok, pohon akan mempunyai bibit baru? Nah, kamu bisa membuktikan teori tersebut dengan mempraktekkannya secara langsung. Ketika praktek berhasil, maka kamu akan senang dan mulai melakukan praktek teori lainnya.

Tentukan Fokus Pembelajaran

Cabang ilmu biologi sangatlah banyak. Pada bab manusia sendiri kamu bisa memilih fokus pembelajaran dari luar diri manusia seperti lingkungan hingga ke dalam diri manusia seperti sel-sel pembentuk embrio. Pilihlah fokus pembelajaran yang paling kamu minati. Dengan begitu, pembelajaran akan terasa lebih menarik dan menghibur.

Temukan Hubungan antara Ilmu dengan Keseharian

Untuk membuat pembelajaran semakin menarik dan mudah dimengerti, kamu bisa merangkai berbagai hubungan yang bisa kamu temukan di dalam ilmu biologi. Seperti berbagai macam tumbuhan yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat tradisional di dalam kehidupanmu.

Tulislah Hal-Hal yang Kamu Sukai dalam Pelajaran

Dengan menulis hal-hal yang kamu sukai, kamu akan terasa lebih tertantang ketika sedang belajar. Dengan perasaan tertantang tersebut, kamu akan semakin giat dan fokus dalam mempelajari biologi, 

Dengan perasaan senang, kamu akan menemukan lebih banyak alasan untuk tetap belajar. Apapun keadaan dan hambatan yang kamu alami, kamu akan terus belajar hal-hal yang kamu sukai.

Ceritakan Apa yang Telah Kamu Pelajari

Dengan bercerita tentang sesuatu yang kamu ketahui, kamu akan merasa senang dan berguna untuk orang sekitar. Untuk merasakan perasaan senang karena telah bermanfaat untuk orang lain kembali, kamu perlu belajar hal yang lebih dari sebelumnya. Nah, perasaan inilah yang akan mendorong minat untuk belajar lebih dalam tentang biologi.

Buat Catatan Kamu Menjadi Lebih Menarik

Membuat catatan yang menarik dengan gambar dan pensil warna terbukti bisa menambah minat seseorang untuk belajar. Coba kamu lihat gambar-gambar studyblr di internet. Menarik bukan? Kamu bisa mencoba hal tersebut guna menambah minat untuk mempelajari Biologi.

Tentukan Tujuan Pembelajaran

Buatlah suatu tujuan saat kamu ingin mempelajari sesuatu. Tujuan ini bisa kamu jadikan sebagai pemicu semangat dan minat belajar. Untuk sebagian orang, tujuan ini sangat mempengaruhi minat belajar. Kamu bisa mencoba cara ini, siapa tau cara ini juga mempengaruhi minat belajar kamu, yak an?

Gunakan Sistem Reward

Apa itu sistem reward ? Reward adalah hadiah yang bisa kamu berikan untuk dirimu ketika kamu sudah berhasil menyelesaikan pembelajaran pada bab atau materi tertentu. Dengan cara ini, kamu akan menjadi lebih tertantang untuk mendapatkan reward yang selanjutnya. 

Temukan Media Belajar yang Menarik

Media pembelajaran sangatlah banyak. Mulai dari yang fisik hingga ke yang digital. Tentukan kenyamanan belajarmu dengan memilih media belajar yang tepat. Jika bosan dengan media pembelajaran yang sebelumnya, kamu bisa mencoba hal lain. seperti belajar dari alam langsung atau menggunakan media belajar yang 3 dimensi.

Temukan Teman Belajar dengan Minat yang Sama

Masuk ke dalam kelompok belajar bisa menjadi salah satu cara kamu dalam meningkatkan minat belajar. Bergabung ke dalam kelompok belajar juga dapat memperluas kenalan, kamu juga mempunya teman diskusi yang semakin banyak. Selain itu kamu juga bisa mengamalkan ilmu yang telah kamu pelajari kepada temanmu yang tidak mengerti. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah minat belajarmu. Sebagian cara mungkin ada yang tidak berhasil ya, namun kamu harus mencobanya yang lain. Dengan minat belajar yang tinggi, kamu akan semakin merasakan rasa keingintahuan yang mendalam dan kemudian kamu akan terus belajar untuk memenuhi rasa keingintahuan kamu.

Jangan lupakan manfaat yang dapat kamu peroleh ketika mempelajari ilmu biologi. Semua ilmu pasti bermanfaat, maka dari itu jangan merasa akan menyesal jika sedang mempelajari sesuatu. Sekecil apapun ilmu itu, pasti akan berguna di kemudian hari.