Universitas di Indonesia terbagi menjadi perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Masing-masing perguruan tinggi memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Kita tidak bisa menghindari pola pikir orang Indonesia secara mayoritas bahwa perguruan tinggi negeri lebih baik dari PTS.

Padahal, PTS memiliki keunggulan yang tidak kalah dibandingkan PTN, baik semasa berkuliah dan setelah berkuliah. Asumsi minat pelajar lebih banyak ke PTN tidak bisa dibenarkan, karena tidak sedikit juga pelajar yang lebih dulu keluar uang daftar di perguruan tinggi swasta sebelum seleksi tes PTN.

Pada dasarnya menempuh jalur pendidikan tidak membedakan instansi negeri maupun swasta. Sebab di masa sekarang ini baik negeri maupun swasta hanya label. Sudah banyak perguruan negeri swasta yang hadir dengan kualitas terbaik dari segi kurikulum dan juga para lulusan PTS tersebut.

Lagi pula ketika terjun ke dunia kerja, perusahaan tidak akan melirik dari mana universitas pelamar, namun apa jurusan pelamar. Meskipun datang dari PTN, jika melamar pekerjaan pada jurusan yang tidak sesuai maka kesempatan kerja sama sekali nihil. Sebaliknya, pelamar dari PTS akan mendapatkan peluang diterima kerja lebih besar jika melamar pada posisi yang diminta perusahaan.

4 Kampus Swasta Terbaik di Jabodetabek

Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang memberikan kualitas terbaik. Berbagai universitas tersebut ada yang berlokasi di Jabodetabek dan di luar Jabodetabek, bahkan hingga ke luar Pulau Jawa. Hal ini mengindikasikan kualitas pendidikan di Indonesia semakin membaik.

Beberapa universitas swasta terbaik di Jabodetabek adalah Universitas Bina Nusantara Jakarta, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Universitas Gunadarma Depok, dan Universitas Presiden Bekasi. Keempat universitas tersebut menyebar sehingga memberi kesempatan pelajar dari berbagai wilayah Jabodetabek mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Universitas Bina Nusantara atau lebih akrab kita kenal sebagai Binus University adalah perguruan tinggi swasta dengan akreditasi A dari BAN PT. Bukan hanya akreditasi BAN PT, namun Binus juga sudah diakui kualitasnya oleh lembaga internasional, bernama Quacquarelli Symonds.

Bukan hanya Binus yang mendapatkan pengakuan secara internasional, namun demikian juga dengan Universitas Katolik Atma Jaya. Atmajaya masuk ke dalam jajaran kampus swasta terbaik di asia. Universitas Gunadarma memiliki keunggulan di jurusan Bahasa Inggris dan Psikologi. Sementara Universitas Presiden tercatat telah menjalin kerja sama dengan berbagai negara.

Tidak mengherankan jika wilayah Jabodetabek memiliki kampus swasta yang unggul. Namun, hal itu bukan menjadi alasan karena persebaran kampus swasta yang unggul lainnya juga ada di berbagai wilayah Indonesia, misalnya di Sumatera.

6 Kampus Swasta Terbaik di Luar Jabodetabek

Bukan hanya perguruan tinggi swasta di Jabodetabek yang memberikan kualitas pendidikan terbaik. Enam universitas di luar Jabodetabek juga ada yang memberikan kualitas serupa. Penyebaran universitas swasta terbaik memberikan kesempatan kepada siapa pun mendapatkan pendidikan yang layak.

Keenam universitas itu adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Ciputra Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Bukan hanya di Malang, perguruan tinggi swasta UMM atau Universitas Muhammadiyah juga banyak ditemui di berbagai kota lain. Hal menarik dari UMM Malang adalah kampus ini memiliki tempat wisata pribadi yang komersial dan banyak didatangi wisatawan lokal maupun dari luar kota.

Kampus yang bernuansa religi juga tidak kalah menempati posisi kampus terbaik se-Indonesia. Universitas katolik dan universitas Islam sama-sama memberikan kualitasnya dengan sistem pembelajaran serta tenaga pengajar yang profesional. Semua hal itu mengarah pada masa depan yang menjanjikan.

Kualitas kampus pada akhirnya bukan ditentukan dari status negeri atau swastanya perguruan tinggi tersebut. Kualitas kampus ditentukan dari rekam jejak kampus, baik dari segi perkuliahan maupun masa depan para alumni kampus. Semakin banyak alumni yang sukses, semakin terpercaya kampusnya.

Keunggulan Kuliah di Kampus Swasta

Total ada sepuluh perguruan tinggi swasta yang diketahui sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia bahkan diakui oleh dunia. Kesepuluh universitas tersebut memiliki berbagai keunggulan, seperti di bawah ini:

  1. Jurusan Sesuai Perkembangan Zaman

Beberapa jurusan yang dapat kamu temui di universitas swasta tidak bisa ditemukan di universitas negeri. Bisa dibilang untuk menambah jurusan di universitas negeri harus melalui prosedur yang rumit. Sementara itu pihak swasta sudah sekian langkah lebih maju dan sadar akan perkembangan.

2. Waktu Kuliah Fleksibel

Mahasiswa yang kuliah di kampus swasta bisa bekerja dan mengambil kelas karyawan. Namun, hal senada tidak bisa dilakukan jika perkuliahan dilakukan di kampus negeri. Tidak heran jika karyawan yang ingin meneruskan pendidikan pada akhirnya memilih kampus swasta.

3. Masa Pendaftaran Lama

Dibandingkan dengan masa pendaftaran kampus negeri, masa pendaftaran kampus swasta lebih lama. Baik itu dari tanggal pembukaannya yang lebih awal, maupun tanggal penutupannya yang lebih akhir. Dari masa pendaftaran yang lama, proses pendaftaran sekaligus peluang jelas lebih besar.

4. Persaingan Tidak Begitu Ketat

Masuk perguruan tinggi swasta tidak begitu ketat seperti masuk universitas negeri. Masuk universitas negeri harus melalui serangkaian tes dan bersaing dengan banyak pelajar dari berbagai penjuru Indonesia. Lain hal dengan masuk universitas swasta, persaingan akan lebih ringan.

Mencari kampus swasta bukan dari seberapa bergengsi kampusnya, namun dari seberapa cocok jurusan yang tersedia dengan keinginan kamu untuk kuliah. Akreditasi bisa menjadi salah satu faktor penentu, sementara materi perkuliahan dan tenaga pengajar bisa dipertimbangkan berikutnya.

Fakta Menarik Seputar Kampus Swasta

Banyak fakta menarik yang akan kamu dapatkan ketika berkuliah di perguruan tinggi swasta. Dimulai dari fasilitas yang diberikan, kampus swasta tidak dapat dimungkiri lebih memberikan fasilitas yang terdepan. Misalnya saja di Binus, sistem absen konon sudah menggunakan teknologi, bukan lagi absen manual.

Penetapan biaya kuliah di universitas swasta memang lebih tinggi jika dibandingkan universitas negeri. Namun, hal menguntungkannya adalah biaya yang ditetapkan dari awal tersebut tidak akan berubah hingga akhir masa perkuliahan. Ketetapan ini jelas menguntungkan di tengah pemberian fasilitas kampus yang modern, terdepan, dan suasana kuliah yang lebih fleksibel.

Beberapa kampus swasta bahkan memberikan keuntungan berupa penggantian jam kuliah, jika dalam satu waktu kamu tidak bisa mengikuti masa perkuliahan. Jam pengganti itu bisa menjadi solusi untuk tetap mendapatkan nilai, namun kamu juga tetap bisa melakukan kegiatan mendesak lainnya.

Untuk dapat masuk dan berkuliah di universitas swasta, prosesnya tidak serumit masuk universitas negeri. Oleh karena itu, kamu akan lebih mudah untuk lulus tes pendaftaran di universitas swasta ini. Mungkin bisa masuk PTN melalui tes akan menjadi prestise, namun penting untuk dipikirkan bahwa poinnya bukan prestise. Poin pentingnya adalah setelah lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan yang sepadan. 

Berkuliah di kampus negeri maupun kampus swasta tidak ada bedanya, sebab yang menjadi pembeda adalah kualitas masing-masing individu Baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta memberikan peluang masa depan yang sama, sementara besar kecilnya tergantung masing-masing individu.