Dalam menjalankan peran dalam kehidupan, manusia tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi. Hal ini rasanya menjadi kegiatan yang pasti dilakukan oleh masyarakat dari kalangan manapun. Sebagaimana telah disadari, jika ekonomi adalah perkara yang cukup penting dan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup di masyarakat. namun sayangnya, banyak masyarakat sendiri yang kurang memahami tentang pengertian kegiatan ekonomi itu sendiri. Dan pada artikel di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kegiatan ekonomi beserta tujuan dan jenisnya. 

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Dalam dunia ekonomi, ada 2 kategori kegiatan manusia yaitu kegiatan ekonomi dan non-ekonomi. Kegiatan ekonomi tentunya berbeda dengan non-ekonomi, mengingat kegiatan ini dapat diukur berdasarkan uang yang dihasilkan selama proses transaksi. Sedangkan dalam kegiatan non-ekonomi sama sekali tidak melibatkan uang di dalamnya. Sehingga bisa disimpulkan jika kegiatan ekonomi merupakan tindakan manusia yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta berlandaskan pada prinsip ekonomi. 

Misalnya saja, anda dihadapkan untuk membeli barang dimana anda menemukan 2 barang yang memiliki kualitas dan merk yang sama namun harganya berbeda. lalu manakah yang akan dipilih? Tentunya kebanyakan orang termasuk anda akan memilih harga yang murah. Inilah yang menunjukkan jika anda melakukan kegiatan ekonomi.

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, tentunya akan ada pihak pelaku kegiatan yang melakukan aktivitas tersebut. posisi pelaku kegiatan ekonomi ini tentunya sangat penting karena mereka yang turut berjasa dalam kegiatan yang dilakukan, terutama di bidang ekonomi. Lalu siapa saja pelaku kegiatan ekonomi? Sebenarnya pelaku kegiatan ekonomi merupakan subjek perorangan maupun kelompok seperti swasta, organisasi, dan pemerintah dalam berbagai hal dan kegiatan di bidang ekonomi. Ada pembagian jenis dari pelaku aktivitas ekonomi tersebut, antara lain adalah:

Produsen/Rumah Tangga Produksi

Pelaku pertama dalam aktivitas ekonomi adalah produsen atau rumah tangga produksi. Pihak produsen disini bisa berbentuk organisasi yang dikembangkan, baik perorangan maupun kelompok. Tujuan awal dari pihak produsen adalah menciptakan berbagai jenis barang/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga bisa diibaratkan jika produsen merupakan pihak yang mengawali rangkaian aktivitas ekonomi. Hal ini karena kegiatan produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi. Ada beberapa fungsi penting produsen dalam bidang ekonomi, antara lain adalah:

  • Melakukan penciptaan barang/jasa, yaitu dengan mengolah berbagai faktor produksi
  • Sebagai penggerak serta penunjang ekonomi dan agen pembangunan
  • Memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mampu menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik

Konsumen / Rumah Tangga Konsumsi

Adanya produk barang/jasa yang diciptakan oleh produsen tentu saja diperuntukkan bagi konsumen yang mana menjadi salah satu pelaku kegiatan ekonomi. Konsumen merupakan bagian dalam masyarakat, bisa individu ataupun kelompok yang menjalankan kegiatan konsumsi barang/jasa dari produsen. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun penting untuk dipahami jika konsumen bukan hanya berperan sebagai orang yang menggunakan barang/jasa saja. Namun juga memiliki peran penting dalam aktivitas ekonomi yaitu produksi dan juga turut menjaga kelangsungan hidup produsen. Untuk bisa menjalankan perannya, konsumen harus menggunakan pendapatan agar bisa mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

Rumah Tangga Pemerintah

Pelaku kegiatan ekonomi yang lain yang juga penting untuk dipahami adalah rumah tangga pemerintah. Pelaku kegiatan ini mempunyai peran yang cukup penting dalam berbagai kegiatan, terutama dalam mengontrol dan mengendalikan perekonomian. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis perusahaan negara yang dimaksud antara lain adalah:

  • Perusahaan umum
  • Perusahaan perseroan
  • Perusahaan jawatan

Pemerintah merupakan hirarki tertinggi di sebuah negara yang memiliki peran cukup penting dalam mengontrol perekonomian. Ada beberapa tugas pemerintah dalam bidang aktivitas ekonomi, antara lain yaitu:

  • Menjaga kestabilan ekonomi, yaitu membuat berbagai kebijakan ekonomi
  • Menyiapkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat sehingga dapat menunjang kegiatan ekonomi yang dilakukan
  • Menciptakan iklim yang sehat dan kondusif, terutama dalam bidang bisnis. yaitu dengan cara melakukan bimbingan, pengarahan, pengaturan dan pengawasan
  • Membelanjakan pendapatan negara yang bertujuan memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk kegiatan pemerintah

Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat luar negeri juga menjadi salah satu pelaku dalam kegiatan ekonomi. Kondisi geografi sebuah negara yang berbeda satu sama lainnya terkadang membuat mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan sendiri. Hal ini yang kemudian menyebabkan munculnya hubungan ekonomi negara-negara. Masyarakat luar negeri memiliki peran dalam aktivitas ekonomi antara lain:

  • Sebagai produsen
  • Sebagai konsumen
  • Sebagai investor
  • Sebagai ahli

Jenis Kegiatan Ekonomi

Ada beberapa jenis kegiatan dalam bidang ekonomi, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Untuk penjelasanya bisa dilihat di bawah ini. 

Kegiatan produksi

Kegiatan produksi adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan menghasilkan sebuah produk, baik barang atau jasa. Adanya kegiatan produksi diharapkan barang/jasa yang dihasilkan dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan konsumen. Bukan hanya bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen saja, produsen juga mengharapkan untuk mendapatkan keuntungan dari memproduksi sebuah barang/jasa.  Jenis barang yang dapat dihasilkan dalam kegiatan produksi antara lain adalah barang mentah, setengah jadi, dan jadi. Pelaku kegiatan produksi ini disebut sebagai produsen. 

Kegiatan Distribusi

Setelah barang/jasa selesai diproduksi, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah kegiatan distribusi. Yang dimaksud dengan kegiatan distribusi adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan produk  yang dihasilkan produsen kepada konsumen sampai akhirnya produk tersebut bisa tersebar di kalangan masyarakat. tujuan kegiatan tersebut adalah memastikan jika kegiatan produksi bisa berlangsung dengan baik. Selain itu tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk memastikan jika produk bisa diterima dan sampai dengan baik di tangan konsumen. Pihak yang menjalankan kegiatan ini disebut sebagai distributor, yang mana biasanya merupakan pedagang besar. ada beberapa aktivitas di dalam kegiatan distribusi, yaitu:

  • Membeli produk dari produsen
  • Mengangkut dan mengemas produk
  • Menjual produk ke pedagang besar / grosir
  • Menyimpan produk di dalam gudang
  • Klasifikasi produk
  • Standarisasi mutu produk
  • Penyaluran produk
  • Promosi produk

Kegiatan Konsumsi

Kegiatan lainnya dalam bidang ekonomi adalah kegiatan ekonomi, dimana makna dari aktivitas ini adalah pemakaian produk barang/jasa yang diproduksi produsen. Tujuan dari konsumsi disini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada beberapa pelaku utama dalam kegiatan konsumsi, yaitu rumah tangga keluarga, industri atau perusahaan, dan pemerintah.