Dewasa ini, berbisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan pun. Banyak sekali anak muda yang lebih memilih berbisnis sendiri daripada bekerja dengan orang lain, beberapa di antaranya beralasan berbisnis sendiri dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan lebih fleksibel dalam bekerja.

Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar, tetapi juga dengan modal kecil sekali pun. Namun Anda perlu teliti memilih bisnis agar dapat membawa keuntungan dan bukan kerugian.

Nah, mungkin beberapa di antara kamu ada yang tertarik untuk berbisnis namun masih bingung bisnis apa yang sesuai dengan keinginan kamu dan terbatas modal? Supaya tidak bingung, simak tips di bawah ini ya!

Bisnis Dropship

Di urutan pertama terdapat bisnis dropship yang diklaim sebagai salah satu bisnis yang dapat dilakukan dengan modal terkecil bahkan tanpa modal sekali pun. Walaupun begitu, bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang tidak main-main.

Dalam bisnis dropship, sebagai dropshipper biasanya kamu akan memasarkan produk orang lain dan ketika ada yang membeli, kamu akan meneruskan pesanan ke penjual atau supplier.

Kamu memang tidak perlu memiliki stok barang dagangan tetapi kamu tetap harus memahami spesifikasi barang yang dijual selayaknya seorang penjual, agar dapat meyakinkan orang yang ingin membeli.

Bisnis Snack

Siapa yang tidak suka makan snack? Hampir semua orang suka dan pernah menyantap snack atau makanan ringan. Hampir dalam kegiatan apa pun pasti tersaji makanan ringan.

Melihat peluang tersebut, seharusnya dapat menjadi ide kamu untuk menghasilkan banyak uang dari bisnis berjualan snack. Ada beragam jenis snack, mulai yang bentuknya, seperti jajanan pasar dan jajanan dengan sistem per kilo, seperti keripik, makaroni dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tidak harus memproduksinya sendiri. Sudah banyak produsen atau supplier yang menyediakan program reseller atau dropshipper untuk memudahkan penjualan bisa sampai ke tangan pembeli. Namun kamu tetap harus melakukan seleksi supplier agar barang yang kamu jual juga berkualitas dan tidak mengecewakan pembeli.

Bisnis Menu Sarapan

Jika rumahmu terletak di dekat jalan besar yang selalu ramai orang berlalu lalang, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis menu sarapan.

Kenapa bisnis ini perlu dipertimbangkan? Sebab banyak sekali orang yang hendak bekerja atau pergi ke sekolah pagi-pagi dan tidak sempat menyiapkan bekal atau sarapan. Nah, biasanya mereka akan membeli sarapan yang biasanya dijual di jalan saat menuju ke kantor atau sekolah.

Keuntungan yang diraup dari bisnis ini juga tidak main-main. Apalagi kalau kamu sudah memiliki pelanggan tersendiri. Tanpa susah payah melakukan promosi, pasti akan banyak pembeli yang datang kepadamu.

Bisnis Merchandise

Saat ini sedang tren K-Pop yang memiliki penggemar sangat banyak. Biasanya mereka juga akan mencari merchandise dari girlband atau boyband tertentu. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi peluang bisnis.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini bisa membuatmu kaya mendadak. Karena sekecil apa pun bisnis merchandisemu, tentu akan ada yang membeli. Apalagi kalau kamu menjual barang yang tidak semua penjual tawarkan.

Namun kamu tetap harus memilih supplier yang tepat agar terjalin kerja sama yang baik dan dapat menghadirkan produk berkualitas yang diinginkan pelanggan. Hal ini berlaku baik ketika kamu ingin menjadi dropshipper maupun reseller.

Bisnis Jasa Ketik

Teknologi yang semakin berkembang ini ternyata tidak membuat beberapa orang menjadi rajin. Tidak jarang ada yang malas atau bahkan tidak ada waktu karena memiliki pekerjaan lain yang lebih penting. Peluang ini seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis jasa ketik.

Kamu bisa menawarkan kepada orang terdekat atau memasang iklan di situs freelancer. Biasanya akan selalu ada saja orang yang memesan jasa ini, entah untuk menulis tugas atau merapikan dokumen dengan cara diketik ulang.

Untuk keuntungan yang akan diraih juga lumayan. Kamu bisa saja mematok Rp 10,000 sebagai harga minimal untuk beberapa ratus kata dengan syarat dan ketentuan yang bisa kamu diskusikan dengan pemberi kerja.

Bisnis Kosmetik

Kamu tidak harus memiliki modal besar untuk memulai bisnis kosmetik. Sebab bisnis ini dapat kamu mulai dengan menjadi dropshipper atau reseller kosmetik. Terlebih target pasar kosmetik ini sangat besar karena saat ini banyak remaja putri hingga dewasa.

Melihat tren sekarang, sepertinya bisnis skin care atau perawatan kulit menjadi rajanya dalam dunia kosmetik. Karena skin care dapat digunakan baik perempuan maupun laki-laki. Tentunya hal ini dapat kamu manfaatkan untuk menjadi peluang bisnis.

Sebagai permulaan, kamu mungkin bisa menjual perawatan kulit dengan sistem share in jar atau dibagi ke dalam wadah-wadah kecil, sehingga bagi mereka yang ingin sekadar mencoba terlebih dahulu dapat membelinya.

Karena produk perawatan kulit juga dapat memberikan dampak ke tubuh, maka kamu perlu berhati-hati memilih supplier. Pilihlah supplier yang tepercaya, profesional dan menjamin semua produk yang dijualnya selalu asli. Dengan ini kerja sama dengan supplier akan berjalan dengan baik dan kamu tidak akan mendapat komplain dari pelanggan.

Bisnis Jual Pulsa

Mungkin di saat penggunaan internet yang lebih mendominasi seperti sekarang ini, pulsa sudah tidak terlalu dibutuhkan. Namun biasanya orang yang menjual pulsa juga menjual kuota yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Nah, kamu bisa menjadikan kesempatan ini untuk berbisnis.

Umumnya, saat memulai berjualan pulsa kamu tidak membutuhkan banyak modal, cukup handphone, sejumlah uang dan pulsa untuk mengirim ke operator jika ada yang membeli. Jangan lupa untuk menyiapkan pembukuan agar dapat menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran kamu.

Bisnis ini dikenal sangat berisiko banyak yang berutang. Oleh karena itu, kamu pun perlu tegas, kalau bisa jangan mengirimkan pulsa atau kuota sebelum pembeli menyerahkan uangnya. Lakukan penagihan secara rutin agar pihak yang berutang tidak menghindar.

Bisnis Laundry

Saat ini masyarakat lebih sibuk melakukan kegiatan di luar rumah, sehingga sering kali tidak sempat menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti mencuci pakaian dan menyetrika pakaian, lalu menyerahkan pekerjaan rumah ini kepada penyedia jasa laundry.

Untuk membuka bisnis laundry, kamu tidak membutuhkan modal banyak. Cukup mesin cuci yang sudah dilengkapi dengan pengering (sudah banyak mesin cuci jenis ini yang murah), setrika, pewangi, deterjen, timbangan dan plastik.

Supaya laris, kamu bisa membuka jasa laundry di sekitar perkantoran atau kampus. Jangan lupa untuk memeriksa saluran pembuangan di tempat bisnismu dan pastikan tidak ada yang rusak dan berjalan dengan baik.

Nah, itulah delapan ide bisnis dengan modal minim yang bisa kamu pilih. Perlu diingat, untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis tentu membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, kesabaran dan komitmen sangat dibutuhkan. Selamat mencoba!