Pengolahan data akan berurusan dengan angka-angka kuantitatif yang jumlahnya lumayan banyak. Pengamatan angka tersebut dapat dipermudah dengan cara sortir dan filter data Excel. Sehingga Anda bisa mengelompokkan mana data yang memiliki prioritas tinggi dan rendah.

Penyortiran data Excel melingkupi beberapa ranah. Anda dapat menyortir baris, kolom, maupun range dalam jumlah tertentu. Sedangkan filter data Excel digunakan untuk menampilkan data yang Anda kehendaki, dan menyembunyikan data yang tidak ingin ditampilkan. Keduanya merupakan teknik pengolahan data yang akan mempermudah.

Cara Sortir Data Excel dan Macam-Macam Sortiran

Sebagai contoh, Anda mempunyai data berupa tinggi badan anak-anak kelas 7a, 7b, dan 7c. Kemudian ingin mengurutkan agar data tersebut dimulai dari urutan paling rendah ke paling tinggi. Ada 2 jenis cara menyortir, yakni melalui menu Home dan Data. Keduanya sama saja, kali ini kami memakai tab menu Data.

  1. Tandai data-data yang ingin disortir. Bisa hanya satu kolom, atau semua secara serentak. Pembagian sortir akan tetap berdasarkan kolom tertentu.

2. Masuk tab menu Data > Sortir A-Z. Maka data akan diurutkan dari ukuran terkecil ke terbesar.

3. Hasilnya akan menjadi lebih tertata.

Sortir Lanjutan Data Excel

Sebagai tambahan tentang sortir data Excel, Anda dapat pula melakukan customize sortir melalui menu yang sama. Pilih Sort > Custom Sort. Di sana disajikan banyak macam pilihan untuk menyortir data. Kami menyarankan agar melakukan sortir jika dirasa perlu saja, jika data hanya sedikit dan sortir A-Z sudah dirasa cukup, maka tidak perlu melakukan custom sort.

  1. Pilih sel mana saja yang dikehendaki dalam rentang range (blok) tadi.
  2. Pilihan sort by adalah kolom yang hendak Anda sortir. 
  3. Sort on berisi berdasarkan apa Anda mengurutkannya, apakah font, nilai, dsb.
  4. Order adalah bagaimana mengurutkannya, dari kecil ke besar atau sebaliknya.
  5. Setelah selesai semua maka klik OK untuk mengakhiri dan melihat hasilnya.

Cara Mudah Filter Data Excel 

Banyaknya data tidak menutup kemungkinan membuat bingung. Anda bisa menyembunyikan beberapa data dan mulai fokus kepada data-data yang ingin Anda lihat. Filter ini bisa juga berdasarkan kolom tertentu, mengaturnya secara manual dapat dilakukan pula. Ikuti langkah filter di bawah ini.

  1. Pilih sembarang sel pada range bebas.

2. Masuk ke tab menu Data > Filter.

3. Maka tampilan akan seperti di gambar bawah ini. Klik pada segitiga kecil di samping kolom utama.

4. Anda bisa juga mengatur sortir dari sini, kemudian mengatur filter angka di number filter, atau menampilkan beberapa saja angka dengan cara menghilangkan centang di sebelah kiri. Di sini kami memfilter di kolom 7b untuk angka di bawah 140 tidak ditampilkan.

Filter Data Menampilkan Angka Tertentu

Banyaknya fitur filter data dalam Excel memanjakan operator. Anda sebagai operator dapat menentukan data mana yang muncul dan disembunyikan untuk sementara. Jika ada data yang disembunyikan dapat dilihat pada bagian baris angka. Kalau urutan angka di bagian kiri tidak lengkap berarti masih ada data yang disembunyikan.

Begitulah fitur-fitur dari menggunakan sortir dan filter dalam Excel. Setiap versi Excel mempunyai fitur ini sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. Sedangkan cara untuk melepaskan filter adalah dengan menekan kembali ikon filter yang tadi diklik. Sekian dan terima kasih.