Seperti yang kita ketahui, selalu ada materi dan soal di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menjawab pertanyaan sesuai bacaan. Hal ini tentunya akan menghubungkan pemahaman dengan kalimat yang ada di dalam materi bacaan tersebut. Kita harus mengetahui bagaimana cara memahami sebuah bacaan atau wacana yang dihidangkan agar bisa memahami bagaimana cara menjawab pertanyaannya, bukan? Kebanyakan soal yang dimunculkan selalu berhubungan dengan cara menentukan pernyataan dan menjawab pertanyaan dengan bacaan.

Namun, bisakah kita mengetahui cara menjawab pertanyaan sesuai bacaan ini? tentu akan menjadi hal yang sulit jika kita tidak mengetahui tata cara menjawab yang baik dan benar, bukan? Materi ini seringkali dimunculkan dalam pembelajaran untuk menguji pola pemahaman sisa terhadap bacaan tersebut. Bacaan yang baik akan mengandung beragam atau salah satu informasi penting. Dalam bacaan kita juga bisa menemukan yang namanya ide atau materi pokok. Nah, jika kita harus mengisi atau menjawab soal pilihan ganda, maka sesuaikan saja jenis pernyataan atau informasi yang terkandung dalam bacaan dengan jenis pertanyaannya.

Menentukan Isi Pernyataan Sesuai Dengan Isi Teks

Kita harus tahu, bahwasanya sebuah bacaan atau teks menyimpan beberapa informasi berupa pernyataan tertentu. Informasi ini bisa terlihat ada juga yang tersirat atau tidak terlihat dengan jelas. Nah, pernyataan yang ada di dalam sebuah wacana atau teks inilah yang harus kita dapatkan untuk bisa menjawab sebuah pertanyaan yang nantinya akan muncul. Ide-ide yang ada di dalam informasi didalam sebuah bacaan ini menggunakan rumus 5W + 1 H. atau, jika kita jadikan kedalam bahasa Indonesia maka akan menjadi : Apa, Siapa, Bagaimana, Mengapa dan Dimana. Penjabarannya adalah:

  • Apa : Ini merupakan kata tanya yang akan menyanyakan tentang apa yang menjadi permasalahan atau apa peristiwanya? Maka akan dijawab dengan perihal atau sesuatu informasi yang menjelaskan pertanyaan apa tersebut dalam sebuah bacaan.
  • Siapa : ini merupakan pertanyaan untuk menanyakan siapa pelaku yang bertanggung jawab untuk perbuatan atau peristiwa yang ada di dalam teks. Maka jawabannya akan berupa subjek atau pihak yang terlibat.
  • Dimana : ini merupakan pertanyaan yang menanyakan tentang tempat kejadian atau sebuah peristiwa. Maka kita harus mencari tahu tempat atau lokasi yang dijabarkan di dalam sebuah wacana.
  • Kapan : ini merupakan pertanyaan yang akan menunjukkan waktu peristiwa atau sebuah kejadian. Sehingga, perlu mencari jawaban yang berupa waktu di dalam sebuah wacana.
  • Mengapa : ini adalah kata tanya yang menanyakan sebab atau apa faktor yang membuat hal tersebut terjadi. Sehingga, harus dicari tentang penyebab, alasan atau faktor lainnya yang mendukung sebuah peristiwa atau kejadian tertentu.
  • Bagaimana: ini akan menanyakan tentang proses sebuah peristiwa atau perjalanan dari awal terbentuknya masalah. Jadi, kita harus menjawab proses demi proses yang menyebabkan sebuah peristiwa terjadi.

Tips Menentukan Pernyataan Berdasarkan Isi Teks

Tentu saja, kita harus lebih memahami dan bisa mengerti bagaimana isi wacana, teks atau bacaan tersebut agar mengetahui pernyataan yang dikandung di dalamnya. Setelah mengetahuinya, maka kita bisa membandingkan bagaimana pernyataan yang ada di wacana dengan jawaban yang sudah disediakan dalam pilihan ganda. Contoh soal yang mungkin dimasukkan ke dalam soal adalah:

Dari 7 jenis penyu yang tersebar di dunia, ada kemungkinan 6 jenis yang akan terancam punah. Tahukah anda bagaimana hal ini bisa terjadi? Ternyata ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu penyebab punahnya penyu yang ada. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah : hilangnya habitat asal yang rusak, diburu, memakan makanan yang tidak seharusnya atau bahkan terkena jaring.

Nah, dari bacaan ini, kita bisa menarik beberapa pernyataan, yaitu:

  1. Kita memiliki 7 penyu yang tersebar di dunia ini.
  2. 6 jenis dari 7 jenis penyu yang ada akan terancam punah.
  3. Ditemukan beberapa faktor penyebab punahnya penyu.
  4. Perburuan menjadi salah satu faktor yang membuat penyu akan punah.
  5. Terjerat jaring juga menjadi faktor penyebab punahnya penyu.
  6. Kehilangan habitat asalnya juga menyebabkan penyu mudah punah.
  7. Memakan makanan yang tidak seharusnya juga termasuk faktor penyebab punahnya penyu.

Pengujian tentang cara menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan ini selalu diadakan dalam ujian sekolah yang memberikan tujuan agar bisa menentukan apakah siswa bisa memahami beragam teks. Apakah teks-teks yang disediakan bisa dipahami dengan baik atau tidak? 

Strategi Umum Untuk Mudah Menjawab Pertanyaan Sesuai Bacaan

Agar lebih mudah untuk memahami teks yang dilampirkan sebagai bahan informasi atas pertanyaan yang diberikan harus menggunakan strategi, yaitu:

  • Membaca secara sepintas. Pembacaan teks secara sepintas ini akan menghemat waktu. Apalagi jika kita harus membaca teks yang panjang dan dengan waktu pengerjaan soal yang terbatas. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca kalimat pertama dan juga kalimat terakhir di dalam teks tersebut, apakah kita menemukan ide pokoknya?
  • Jangan langsung membaca teks, namun melihat pertanyaan yang disuguhkan. Pertanyaan yang digunakan akan menggunakan jawaban yang berbeda pula.
  • Setelah membaca pertanyaan yang ada, maka cocokkan dengan informasi yang sama dengan yang ada di dalam wacana.
  • Baca dengan baik bagian teks yang mengandung jawaban dari pertanyaan tersebut, temukan kata kunci yang pas.
  • Setelah menemukan kata kunci yang cocok, maka cobalah mencari pilihan jawaban yang paling cocok.

Beberapa pertanyaan yang didasarkan dari sebuah wacana tersebut tentu akan memerlukan jawaban yang tentunya harus dikandung di dalam wacana tersebut. Jadi, kita tetap harus menentukan dan mencari mana jawaban paling cocok dan paling tepat untuk dijadikan sebagai jawaban atas pertanyaan yang ada. Tentu saja kita harus mengetahui apa jawaban rinci yang sudah disediakan di dalam wacana tersebut. Jika jenis pertanyaan yang diajukan bersifat rinci, maka kita juga harus pandai dalam menjawabnya. Beberapa pertanyaan rinci yang sering ditanyakan adalah:

  • Manakah pernyataan di bawah ini yang cocok dengan isi teks?
  • Manakah kalimat yang tepat berdasarkan isi wacana?
  • Mana kata-kata yang pas untuk menggambarkan wacana?
  • Apa saja masalah utama yang dijabarkan di dalam wacana tersebut?
  • Manakah kalimat yang benar berdasarkan teks di atas?

Setelah mengetahui bagaimana contoh pertanyaan rinci seperti yang dituliskan di atas, maka kita harus mengetahui di mana letak jawabannya? Maka hal ini hanya bisa diketahui setelah kita melakukan pengamatan terhadap isi teks atau wacana tersebut. Caranya adalah:

  • Menemukan kata atau kalimat kunci.
  • Melihat dimana letak kata kunci yang ada di dalam wacana tersebut.
  • Setelah menemukannya maka baca dan pahami kalimat yang mengandung kata kunci jawaban.
  • Pilihlah jawaban alternatif dan sisihkan mana yang lebih tepat.

Nah, demikianlah hal yang harus diketahui tentang cara menjawab pertanyaan sesuai bacaan tersebut.