Seperti yang telah kita ketahui, Microsoft word menjadi salah satu aplikasi atau software yang dapat mempermudah kita dalam pembuatan dokumen seperti surat, makalah, dan laporan. Oleh karena itulah, Microsoft word menjadi aplikasi yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Penggunaan Microsoft word biasanya digunakan pada laptop atau computer. Namun seiring berkembangnya zaman, Microsoft word saat ini bisa juga digunakan di smartphone. Sehingga lebih mudah digunakan dan mengerjakan pekerjaan melalui Microsoft word lebih cepat. Dengan begitu pun kamu tidak perlu panik ketika harus mengerjakan sebuah dokumen ketika tidak ada laptop atau computer di sekitarmu.

Namun, bagaimanakah cara mengakses micosoft word di handphone? Nah, pada artikel ini kami akan menunjukkan caranya. Yuk mari simak langkah–langkah mudah di bawah ini.

Langkah 1

Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi microsoft word di smartphone kamu. jika belum, kamu bisa mendownload aplikasi tersebut di Appstore atau Playstore. Pada tutorial ini kami akan menunjukkan cara–cara membuat dokumen Microsoft word pada IOS.

Langkah 2

Jika aplikasi Microsoft word sudah terdownload dan terinstall, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut.

Langkah 3

Pada saat membuka aplikasi, kamu akan dihadapkan dengan jendela home terlebih dahulu. Di jendela ini, kamu akan melihat dokumen–dokumen yang sudah kamu buat sebelumnya. Namun, karena kamu baru menggunakan aplikasi ini di smartphone kamu, kamu akan melihat jendela home seperti gambar di bawah ini.

Langkah 4

Untuk membuat dokumen baru, cukup klik tanda + yang berada di tengah bawah.

Setelah kamu klik tanda tersebut, akan muncul jendela New seperti ini yang menampilkan template dokumen. Di sana tersedia berbagai macam template, dari yang biasa hingga template untuk membuat brosur sekalipun. Kamu bisa memilih salah satu dari template tersebut atau bisa membuat ketikanmu sendiri dengan memilih template blank document.

Langkah 5

Jika kamu sudah memilih template dokumen, maka kamu sudah bisa mulai mengerjakan dokumenmu melalui smartphone. Ketiklah sesuatu yang ingin kamu ketik atau mulailah mengerjakan dokumenmu yang harus dikerjakan.

Langkah 6

Untuk mengedit tulisanmu, kamu juga bisa loh. jangan berpikiran karena ini di smartphone maka kamu akan mendapatkan fitur yang sedikit yaa. Fitur Microsoft word di smartphone juga sama kok seperti yang ada pada laptop.

Kamu bisa lihat di gambar pertama, itu adalah fitur–fitur yang biasa kalian temukan di tab Home pada Microsoft word versi laptop atau pun komputer. Sama bukan? untuk font, juga tersedia sama persis dengan yang di versi laptop atau komputer loh.

Nah untuk gambar kedua, kamu bisa lihat ada banyak menu tab di Microsoft word versi smartphone. Sangat lengkap, mulai dari home, insert, draw, layout, review, dan view. Hampir sama dengan yang ada di laptop yaa.

Kamu juga bisa menyisipkan gambar atau tabel lewat menu Insert seperti biasanya. Jadi, tidak ada alasan kalau dokumenmu tidak bisa lengkap yaa. Karena semua yang kamu butuhkan sudah tersedia hampir sama dengan versi yang di laptop atau komputer.

Langkah 7

Jika kamu sudah selesai menulis dokumenmu dan ingin menyimpan dokumen tersebut, kamu bisa klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan dokumenmu.

Setelah kamu klik ikon tiga titik tersebut, kamu akan menemukan jendela baru seperti pada foto yang kedua. Kemudian klik ‘save’ dan kamu akan ditanyakan mengenai nama dokumen dan folder mana yang kamu ingin jadikan sebagai lokasi penyimpanan.

Setelah kamu memilih folder atau tempat penyimpanan, kamu harus klik ‘save’ dan file dokumenmu sudah tersimpan dengan baik di smartphone-mu.

Jika kamu ingin mengakses file tersebut kembali, kamu hanya perlu pergi ke jendela home. Di sana akan tersedia file yang barusan kamu buat. Oiya, jangan khawatir file tersebut akan hilang ya, karena dengan menggunakan ms word di smartphone, file yang tersimpan di handphone juga akan tersimpan secara online.

Jika di tilik–tilik, menggunakan ms word di smartphone lebih mudah ya. hal ini dikarenakan smartphone sangatlah mudah dibawa kemana – mana. Ukuran smartphone jauh lebih kecil dari laptop bahkan computer. Jika dilihat dari fleksibilitasnya, kamu pasti lebih memilih mengetik dan mengerjakan dokumen di ms word smartphone karena memang mudah dibawa dan kamu jadi bisa mengerjakannya di mana pun.

Penutup

Kelebihan lainnya dari ms word pada smartphone yaitu tampilannya yang lebih elegan. Benar bukan? kamu bahkan bisa membuktikannya sendiri. Tampilan di smartphone cenderung lebih modern dan elegan dibandingkan dengan yang di laptop atau pc. Untuk sebagian orang yang menyukai design simpel, hal ini sangatlah membantu dalam memanjakan mata saat mengerjakan.

Mudah bukan membuat mengaplikasikan word di smarphone? Hanya ada satu bagian yang membuat tidak nyaman yaitu layer smartphone yang terlalu kecil untuk digunakan untuk keperluan membuat dokumen seperti ini. namun jika kamu termasuk orang yang tidak mempedulikan hal tersebut, maka tidak menjadi masalah bagimu untuk menggunakan microsoft word di smartphone bukan?

Demikian cara menggunakan ms word di smartphone yang kamu punya. Semoga dengan artikel tutorial ini kamu bisa mempermudah hidupmu ya. jika kamu merupakan seorang mahasiswa yang tidak suka membawa textbook, kamu bisa menggunakan ms word ini sebagai media kamu untuk mencatat materi perkuliahan. Sangat membantu bukan?