Salah satu penyajian data dalam Excel adalah grafik. Dengan adanya grafik, orang yang membacanya akan semakin tertarik sebab ada gambar. Data menjadi lebih mudah dipahami, sangat cocok untuk presentasi pekerjaan. Jika Anda tertarik untuk menambahkan grafik dengan berbagai model, simak artikel ini sampai tuntas.

Membuat Grafik Garis dan Balok di Excel 

Contoh kasus, seorang peternak mempunyai peliharaan dan hendak melihat perkembangan dari ternaknya. Cukup tulis di Excel workbook apa saja data yang digunakan. Pada bilah sisi kiri isi dengan rentang waktu dan pada sisi kanan selanjutnya adalah data-data ternaknya. Simak gambar di bawah.

  1. Lakukan blok pada data-data yang dipilih. Di sini kami menggunakan contoh blok sel B2:E8.

2. Masuk menu Insert > Chart > Pilih Model Chart. Kami mencontohkan pakai grafik model garis sederhana. Lihat gambar di bawah.

3. Grafik garis sudah selesai.

Cara untuk membuat grafik balok sama saja. Cukup dengan melakukan blok dan memilih model grafik yang Anda inginkan. Grafik ini bisa digunakan dalam aplikasi office yang lain seperti Powerpoint atau Winword. 

Mengganti Model Grafik Tanpa Membuat Baru

Jika Anda tidak suka dengan model penampilan grafik garis sederhana, bisa diganti tanpa harus melakukan input data, blok, dan seterusnya. Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan melalui beberapa langkah saja. Cara pertama adalah menggunakan menu ribbon Change Chart Type.

  1. Klik pada grafik Anda. Setelah itu masuk pada menu Design > Change Chart…

2. Akan tampil jendela baru Change Cart. Anda bisa memilih mana yang sesuai untuk tampilan data tersebut. Tampilan yang disediakan yakni mulai grafik balok, grais, diagram lingkaran, kolom, dan masih banyak yang lain.

3. Setelah selesai klik OK. Maka grafik garis sederhana Anda tadi akan berubah seketika.

Cara kedua yakni langsung melakukan klik kanan pada grafik garis sederhana. Pada menu yang muncul klik Change Chart Type. Akan muncul dialog sebagaimana langkah di atas tadi. Semakin mudah mengganti-ganti jenis grafik, semakin bebas Anda berekspresi untuk pemaparan data.

Mengubah Baris Atau Kolom Grafik Excel

Jika Anda ingin mengubah, apa yang ditampilkan pada bukan hewan (ayam, kambing, ikan koi) melainkan bulan, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini. Simak gambar di atas dan perhatikan perubahannya.

  1. Klik pada grafik yang akan diubah datanya.
  2. Masuk ke tab menu Design, kemudian pilih Switch Row/Column.

3. Hasilnya akan tampak seperti ini.

Lebih enak dilihat yang mana? Semua itu tergantung data apa yang akan Anda tampilkan dan kepada siapa menampilkannya. Untuk itu perlu sentuhan tambahan agar tampilan grafik Anda benar-benar menarik. Yakni menggunakan menu Chart Layouts.

Menggunakan Chart Layouts untuk Memperjelas Data

Ada banyak model yang disajikan oleh chart layouts Excel. Setiap versi Excel sudah memilikinya, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Salah satu yang penting dalam grafik adalah tampilan lengkap agar enak dilihat. Sebuah gratik juga harus ada judulnya.

  1. Klik pada grafik.
  2. Masuk tab menu Design > Chart Layouts.

3. Pilih salah satu model penampilan grafik yang ada. Kami menyarankan memilih yang ada judul grafiknya. Supaya memudahkan dalam memahami data apa yang sedang ditampilkan.

4. Hasilnya akan seperti ini.

Demikianlah beberapa hal mulai dari menambahkan grafik Excel workbook lengkap beserta gambar langkah-langkahnya. Anda boleh memodifikasi sesuai kebutuhan. Jika ada yang ingin ditanyakan tulis pada kolom di bawah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.