Ada banyak teks atau bacaan yang akan kita tanggapan dan kita baca dalam keseharian kita. Terutama bagi pelajar yang masih belajar dan diuji tentang pemahaman atas bisa atau tidaknya dia untuk memahami sebuah teks. Misalnya saja untuk memahami contoh kalimat bacaan di bawah ini:

Adanya pencemaran lingkungan baik yang terjadi akibat limbah industri, limbah rumah tangga maupun peternakan akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan manusia.

Nah, dengan adanya kalimat diatas, kita dituntut untuk mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Kita juga harus mengetahui apa isi dari teks tersebut. Seperti teks di atas, isinya adalah pencemaran lingkungan dengan hubungannya terhadap kesehatan manusia. 

Cara Menanggapi Bacaan

Ada banyak cara untuk menanggapi bacaan yang kita baca, entah itu menyetujui atau menolaknya. Namun, untuk memberikan tanggapan, tentunya kita harus memahami apa yang kita baca terlebih dahulu. Jadi, untuk bisa memberikan tanggapan yang tepat, kita harus mengetahui bagaimana atau apa isi teks tersebut terlebih dahulu. Seperti contoh teks yang sudah kita bahas di atas, dimana teks tersebut membahas tentang pencemaran lingkungan dengan kesehatan manusia. Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menanggapi sebuah bacaan adalah:

  • Membaca dengan teliti bacaan atau teks tersebut, pahami setiap kata-kata maupun kalimatnya.
  • Carilah beberapa informasi atau fakta-fakta pendukung yang bisa memberikan penjelasan atas benar atau tidaknya sebuah pernyataan yang ada di dalam bacaan tersebut.
  • Eliminasi kemungkinan yang bisa terjadi jika kita memberikan sebuah tanggapan. Entah itu jenis tanggapan berupa persetujuan atau ungkapan penolakan. 
  • Pilihlah salah satu jenis tanggapan yang paling tepat atas fakta yang ada.

Untuk memberikan tanggapan, ini berarti kita harus memiliki sikap objektif dan juga memiliki sikap evaluatif. Evaluatif sendiri menyatakan adanya penilaian dan peninjauan ulang dan objektif adalah menanggapi sesuai kenyataan yang ada. 

Cara Membaca Sebuah Wacana

Beberapa teknik membaca yang bisa digunakan agar bisa memahami sebuah isi bacaan adalah:

1. Membaca Dalam Hati

Sesuai dengan namanya, kita akan membaca sebuah bacaan atau wacana tanpa suara sama sekali. Hal ini akan melatih kemampuan mata dan kemampuan untuk mengingat. Biasanya, teknik ini sering digunakan ketika kita hendak berkonsentrasi dan membutuhkan waktu lebih singkat.

2. Menyesuaikan Pertanyaan dan Bacaan

Teknik berikutnya yang juga harus dipelajari agar bisa memahami isi bacaan dengan baik adalah dengan menyesuaikan pertanyaan dengan bacaan tersebut. Caranya hanya perlu melihat pertanyaan yang ada dan ketahuilah apa isi bacaannya.

3. Mencari Pendapat dan Fakta Bacaan

Ketika kita membaca sebuah wacana atau bacaan, kita harus bisa memisahkan mana fakta dan mana yang opini. Fakta adalah hal yang benar-benar ada dan kebenarannya tidak bisa disanggah. Sedangkan pendapat merupakan jenis pendapat perorangan.

4. Tentukan Konsep Berdasarkan Informasi

Konsep yang ada dalam sebuah bacaan adalah sebuah rumusan yang bisa dibaca dalam kata ataupun kalimat kunci. Konsep yang diterapkan harus berdasarkan informasi terakurat dan dengan adil tidak mementingkan pendapat pribadi saja.

5. Mengetahui Gagasan Pokok

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan gagasan pokok. Caranya sangat mudah, yakni melakukan teknik baca sekilas dan mengingat apa saja gagasan pokok yang tersurat di dalam wacana tersebut. Tujuan untuk melakukan baca sekilas ini adalah:

  • Mencari beragam ide yang dilakukan secara lebih cepat
  • Mencari ide atau gagasan umum yang terlukiskan dalam bacaan

6. Membaca Nyaring

Tidak hanya mempraktekkan baca sekilas dan membaca dalam hati saja, kita juga bisa menggunakan teknik membaca nyaring agar bisa mendapatkan kesimpulan. Membaca nyaring ini berarti kita akan membaca dengan bersuara dan akan membuat orang lain bisa mendengarkan bacaan yang sedang dibaca tersebut. Di dalam teknik membaca nyaring, hal di bawah ini harus diperhatikan, yaitu:

  • Pembaca harus tahu kapan harus melakukan jeda terhadap bacaannya.
  • Mengetahui kata-kata apa yang harus dibaca dengan suara yang lebih lantang atau kapan harus membacanya dengan lebih lembut.

Menyimpulkan Isi Bacaan

Setelah mengetahui bagaimana teknik membaca bacaan yang baik, maka kita hanya perlu menyimpulkan isi bacaan tersebut. Kesimpulan ini ditarik setelah kita mengetahui tema dan gagasan pokok dari bacaan tersebut.

Cara Meningkatkan Teknik Membaca 

Tentu saja, untuk bisa mengetahui dan menyimpulkan sebuah isi bacaan apalagi untuk menanggapinya, kita perlu teknik membaca yang benar. Namun, mengetahui tekniknya saja tentu tidak cukup. Karena kita harus melatih bagaimana cara memahami bacaan dengan baik. Jadi, kita juga harus mengetahui cara meningkatkan teknik membaca seperti pembahasan di bawah ini.

1. Survei Terlebih Dahulu

Untuk meningkatkan kualitas dalam membaca sebuah bacaan, kita harus melakukan sedikit survey terlebih dahulu. Misalnya mengetahui apa jenis bacaan yang sedang dibaca, tema, judul dan beragam informasi lainnya. informasi umum yang akan diketahui membuat kita akan lebih terfokus terhadap isi bacaan nantinya. 

2. Tentukan Tujuan

Tentu saja,seseorang memiliki beragam tujuan untuk membaca sebuah wacana atau teks tertentu. Misalnya untuk mengingat materi pembelajaran atau untuk memberikan tanggapan atas wacana tersebut. Apa jenis bacaan yang akan kita baca? Apa yang seharusnya bisa kita dapatkan dengan membaca teks tersebut? Fokuslah terhadap tujuan atas apa yang akan kita baca. 

3. Mulai Membaca

Setelah mengetahui beragam informasi terbaik yang bisa kita dapatkan sebelum membaca, maka kita harus mulai membaca bacaan tersebut. Bacalah bacaan ini dengan teknik membaca yang paling kita kuasai. Entah itu membaca dalam hati atau membaca nyaring. Kemudian ingatlah bagian penting yang seharusnya kita ketahui dari isi bacaan tersebut.

4. Buat Catatan Penting

Setelah mulai membaca, maka ketahuilah ide atau pesan yang dicoba sampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Buatlah highlight tentang beberapa hal yang penting yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui apa saja yang penting. Entah itu untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin muncul atau untuk bahan menanggapi bacaan tersebut. Membuat catatan penting ini akan membuat kita mengetahui bagian mana saja yang penting.

5. Review

Review adalah hal penting setelah kita melakukan pencatatan terhadap hal-hal penting dalam sebuah bacaan. Apakah kita sudah mengetahui poin-poin pentingnya? Apakah kita sudah mendapatkan informasi yang diperlukan? Apakah kita sudah bisa memberikan tanggapan? Ataukah kita sudah bisa menjawab beragam pertanyaan yang berhubungan dengan wacana tersebut? Nah, melakukan review setelah membaca ini sangat penting untuk mengetahui apakah semua hal yang kita butuhkan sudah didapat? Jika belum maka ulangi lagi teknik membaca dari awal. Hal ini akan menghasilkan beragam informasi yang kita butuhkan.

Nah, demikianlah beberapa cara atau teknik untuk memahami dan menanggapi bacaan yang disediakan. Teknik ini akan sangat penting diketahui oleh para pelajar agar bisa menyelesaikan materi pembelajaran yang disediakan.