Paragraf dan logika adalah dua kata yang mungkin sudah umum kita dengar. Namun, apakah kita memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan paragraf serta logika ini? Untuk lebih mendalaminya, kali ini kita akan membahas tentang cara melengkapi paragraf dan logika tersebut. 

Pengertian Paragraf

Paragraf atau alinea ini merupakan sebuah kumpulan dari beberapa kalimat yang berisikan ide atau gagasan. Cara penulisan paragraf ini juga sedikit berbeda, yakni dengan penulisan menjorok di bagian dalam. Paragraf ini sendiri memiliki beragam jenis yang bisa dibedakan. Pembedaan jenis paragraf bisa dimulai dari letak ide atau gagasan utama dan juga dari fungsi paragraf tersebut. 

Cara Melengkapi Paragraf

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita mengenal materi yang mengharuskan siswa-siswi untuk melengkapi sebuah paragraf berdasarkan teori dan logika. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengetes bagaimana kemampuan dalam menganalisa sebuah masalah. Pemahaman dan analisa ini bisa diuji ketika seseorang sedang membaca sebuah teks bacaan yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut. Jika benar-benar memahaminya, maka tidak akan sulit untuk melengkapi paragraf dan logika ini. Tata caranya adalah:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan dan memilih paragraf atau alinea apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk latihan dalam materi tersebut.
  • Pikirkan dan carilah ide atau kata kunci yang mungkin sudah terselip di setiap paragraf yang disediakan untuk materi ini. 
  • Setelah itu, cari kata-kata yang mungkin akan pas dan cocok untuk penggambaran ide atau kata kunci yang difokuskan di setiap paragraf latihan melengkapi paragraf dan logika.

Cara Menyelesaikan Isian Rumpang

Salah satu teknik untuk mengetahui dan memahami bacaan atau teks yang berisikan paragraf tertentu ini dikenal dengan istilah isian rumpang. Dimana pelajar akan menentukan dan disuruh menemukan bagian kosa kata yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap sebuah bacaan yang belum sempurna. 

Tujuan Isian Rumpang

Bukan tanpa alasan materi pembahasan tentang isian rumpang dalam paragraf ini diadakan. Beberapa tujuan pembelajarannya adalah:

  • Untuk bisa mengembangkan dan memperbanyak kosa kata yang dimiliki oleh seorang pelajar agar bisa mendeskripsikan sebuah ide atau gagasan dalam kalimat atau paragraf tertentu.
  • Menjadi latihan pembelajaran yang bisa dilakukan agar bisa menyederhanakan, meringkas ataupun merevisi materi bacaan yang sedang dipelajari.
  • Cara terbaik untuk mengembangkan pemahaman dan wawasan.

Keuntungan Materi Pembelajaran Isian Rumpang

Beberapa keuntungan dalam mempelajari materi isian rumpang ini adalah:

  • Bahan bacaan yang nantinya bagus agar bisa memberikan sebuah tanggapan yang bererti terhadap teks bacaan yang sedang dipelajari.
  • Mengetahui, menganalisis dan mempelajari cara penulisan serta gaya penulisan sebuah teks wacana pembelajaran.
  • Menjadi sebuah pembelajaran tentang kesiapan seseorang menganalisa dan mengetahui arti dan makna bacaan yang mereka pelajari.

Tips Melengkapi Isian Teks Rumpang

Setelah mengetahui mengapa seorang pelajar perlu materi tentang melengkapi paragraf dan logika, maka kita juga harus mengetahui cara menyelesaikannya. Dimana teks atau isian rumpang ini adalah sebuah latihan yang efektif bagi para pelajar agar bisa memahami ide dan gagasan utama sebuah paragraf. Materi pembelajaran tentang pilihan kosa kata atau menentukan jenis kata yang cocok untuk mendiskripsikan isian teks rumpang bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, kita harus benar-benar mengetahui bagaimana teori dan tips cara mengerjakannya dengan benar, yaitu:

  • Perhatikan jika ide atau gagasan utama dari teks tersebut berupa kata benda atau bukan? Jika memang berupa kata benda atau noun maka perhatikan jumlahnya. Apakah tunggal atau jamak? Apakah bisa dihitung atau tidak bisa dihitung? Setelah menentukan poin-poin tersebut maka kita hanya perlu penyesuaian terhadap kata kerja yang digunakan.
  • Jika isiannya adalah kata kerja maka kita juga harus menentukan dan memperhatikan beberapa poin penting. Seperti bentuk dari kalimat kerja yang digunakan, apakah sedang berlangsung atau seudah terjadi dan apakah berupa prediksi di masa depan? Setelah menentukan hal ini, maka kita hanya perlu menyesuaikan dengan subjek yang digunakan dalam teks tersebut.
  • Jika isiannya adalah kata ganti, maka hal yang perlu diperhatikan adalah kata kerja yang mengikuti kata ganti ini.
  • Pahami konteks teks yang dimasukkan kedalam kalimat rumpang tersebut dan juga perhatikan bagaimana logika dari makna atau gagasan yang sebenarnya tersembunyi dari awal hingga akhir.

Pengertian Logika

Selanjutnya kita juga harus mengetahui apa itu logika? Logika sebenarnya kata yang diambil dari istilah asing, yakni logos. Makna dari kata ini adalah hasil pemikiran atau pertimbangan akal sehat manusia yang nantinya dituangkan dalam bentuk sebuah pernyataan atau menggunakan kata-kata. Ilmu logika adalah imlu pengetahuan yang nantinya akan mengajarkan tentang bagaimana ketentuan berfikir secara jernih, teratur dan tepat sasaran.

Konsep Dasar Logika

Jika kita membahas tentang ilmu logika, maka sebuah argumen hanya akan dinilai dari bagaimana validalitas atau kebenaran dari argumen tersebut, tidak peduli apapun isinya. Sebab, logika atau pemikiran secara penalaran ini adalah hal yang bisa menentukan sebuah argumen benar atau valid. Dimana logika akan mempelajari adanya kolerasi atau hubungan antara premis atau bukti-bukti dengan kesimpulan yang diambil. Dasa-dasar pemahaman dalam kalimat logika adalah:

Penalaran Deduktif

Dasar pertama dari ilmu logika ini adalah penalaran deduktif. Apa itu penlaran deduktif? Jenis penalaran yang satu ini menggunakan fakta-fakta, peraturan secara umum yang sudah ditetapkan dan informasi yang berlaku untuk bisa mencari dan menarik sebuah kesimpulan. Tentu saja sifat dari kesimpulan ini adalah valid. Contohnya adalah:

  • Semua mamalia memiliki paru-paru
  • Kucing adalah mamalia
  • Maka kesimpulannya adalah: Kucing memiliki paru-paru.

Penalaran Induktif

Penalaran yang kedua ini berupa pengambilan kesimpulan yang dihasilkan dari sebuah sikap umum yang terjadi atas informasi atau fakta-fakta khsus tertentu. Contohnya adalah:

  • Kucing memiliki gigi taring
  • Harimau memiliki gigi taring.
  • Beruang memiliki gigi taring
  • Maka kesimpulannya adalah semua hewan karnivora memiliki gigi taring.

Manfaat Belajar Kalimat Logika

Logika sangat dibutuhkan dan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. tentu saja da beberapa dampak yang merupakan manfaat dari belajar kalimat logika ini, seperti:

  • Metode latihan agar pelajar bisa memiliki pola pikir yang baik, abstrak, objektif dan lebih cermat.
  • Menjadikan seseorang lebih mampu dalam mempertajam analisa dan pola pikir yang mandiri.
  • Agar nantinya kemampuan untuk menganalisa sebuah permasalahan bisa diasah dengan lebih baik.
  • Agar lebih mudah menerapkan sistem pemikiran yang sesuai dengan fakta dan tidak kalah dengan sbeuah opini atau argumen saja.
  • Agar bisa berfikir lebih rasional, sejalan dengan fakta yang ada dan lebih kritis.
  • Bisa menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks dan membutuhkan analisa yang lebih dalam.
  • Menjadi seseorang yang kian kreatif dengan mempertajam daya hayal yang dimiliki.

Nah, demikianlah rangkuman materi pembelajaran tentang cara melengkapi paragraf dan logika ini. semoga informasi ini bermanfaat.