Haloo sahabat matematika!

Pada materi kali ini kita akan mempelajari salah satu materi siswa SMP, dimana materi pembelajarannya adalah bangun ruang sisi datar. Kamu tau apa itu bangun ruang sisi datar? Kalau kamu belum tau, coba simak setiap penjelasan di bawah ini ya!

Nah.. untuk bangun ruang itu sebenarnya ada banyak loh! Tapi mereka bisa dikelompokkan dalam dua golongan besar, yaitu ada bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Salah satu bangun ruang sisi lengkung adalah bentuk tabung, kerucut, bola. Lalu bangun ruang sisi datar seperti apa? Yukk kita pelajari bersama – sama mengenai bangun ruang sisi datar!

Definisi bangun ruang sisi datar

Coba kamu perhatikan bangunan kelas atau ruang kamar kamu, lalu coba bandingkan dengan sebuah bola. Apakah keduanya mempunyai bentuk sisi yang sama? Tentu tidak, Kalau pada bangunan kelas dan ruang kamar pasti mempunyai sisi yang datar, sementara bola memiliki sisi yang lengkung. Kalau suatu bangun ruang memiliki sisi yang melengkung, ia tidak bisa kita katakan bangun ruang sisi datar. Karena bangun ruang sisi datar adalah bangun ruang yang sisinya harus berbentuk datar.

Macam – macam bangun ruang sisi datar

Secara umum, suatu bangun ruang sisi datar akan kamu jumpai dalam bentuk kubus, balok, limas, dan prisma. Tapi bukan berarti bangun ruang sisi datar hanya terbatas pada 4 jenis saja yaa.. Suatu bangun ruang sisi datar juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan sisinya sehingga berbentuk kompleks.

Dan kamu enggak perlu khawatir, karena untuk kelas SMP bangun ruang sisi datar tidak akan dipelajari secara kompleks. Silahkan perhatikan macam – macam bangun ruang sisi datar berikut!

1. Kubus

Suatu bangun ruang yang berbentuk kubus pasti seluruh sisi atau bidangnya akan berbentuk persegi atau bujur sangkar. Bangun ruang kubus juga sering disebut sebagai prisma segiempat yang seluruh sisinya berbentuk sama.

Bangun ruang ini memiliki bagian utama seperti rusuk, titik sudut, dan sisi. Dimana suatu bangun ruang kubus mempunyai 12 buah rusuk, 8 titik sudut, dan 6 buah sisi yang sama besar. Coba deh perhatikan gambar di bawah ini..

Bangun ruang d iatas adalah kubus ABCD.EFGH yang mempunyai

  • – 12 buah rusuk           : AB, BC, CD, AD, AE, EF, BF, FG, CG, GH, EH, dan DH
  • – 8 titik sudut               : < BAD, < ABC, < BCD, < CDA, < EFG, < FGH, < GHE, dan < HEF
  • – 6 sisi (luas sama)      : ABCD, ABFE, ADEF, BCFG, CDGH, dan EFGH

Adapun kubus juga mempunyai diagonal seperti berikut

  • – 12 buah diagonal bidang       : AF, BE, BD, AC, BG, CF, FH, EG, DE, AH, CH, dan DG
  • – 6 buah bidang diagonal         : ABGH, CDEF, ADFG, BCEH, BFDH, dan AECG
  • – 4 buah diagonal ruang          : AG, DF, BH, dan CE
Rumus pada kubus

Di mana :
s = rusuk kubus

2. Balok

Tahu kah kamu apa perbedaan kubus dan balok? Kalau pada kubus tadi semua sisinya pasti berbentuk persegi sehingga nilai setiap rusuk sudah pasti sama. Pada bangun ruang balok seluruh sisinya tidak akan berbentuk persegi, namun sisi yang berhadapan sudah pasti mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Dan pada balok kita akan mengenal suatu rusuk yang namanya panjang (p), lebar (l), tinggi (t).

Sama seperti bangun ruang kubus, suatu balok juga mempunyai :

  • – 12 buah rusuk           : AB, BC, CD, AD, AE, EF, BF, FG, CG, GH, EH, dan DH
  • – 8 titik sudut               : < BAD, < ABC, < BCD, < CDA, < EFG, < FGH, < GHE, dan < HEF
  • – 6 sisi (luas sama)      : ABCD, ABFE, ADEF, BCFG, CDGH, dan EFGH

Balok juga mempunyai panjang dan sisi diagonal :

  • – 12 buah diagonal bidang       : AF, BE, BD, AC, BG, CF, FH, EG, DE, AH, CH, dan DG
  • – 6 buah bidang diagonal         : ABGH, CDEF, ADFG, BCEH, BFDH, dan AECG
  • – 4 buah diagonal ruang          : AG, DF, BH, dan CE

Pada bangun ruang Balok, kita juga mengenal yang namanya panjang, lebar dan tinggi.

  • – suatu panjang pada rusuk balok berupa      : AB, CD, EF, GH
  • – suatu lebar pada rusuk balok berupa           : AD, BC, EH, FG
  • – dan tinggi pada rusuk balok berupa             : AE, BF, DH, CG
Rumus pada balok

3. Limas

Apakah kamu sudah pernah mendengar kata limas? Limas adalah bangun ruang sisi datar yang mempunyai alas dengan sisi yang banyak. Alas pada limas tidak selalu segitiga, bisa saja alasnya bersegi empat, bersegi lima, dan seterusnya. Seperti contoh, pyramid yang ada di mesir adalah bentuk limas sisi empat.

Penamaan pada limas tergantung pada sisi alasnya, jika alasnya mempunyai empat sisi, akan dinamakan limas segiempat. Jika alasnya memiliki tiga sisi, akan dinamakan limas segitiga. Kemudian limas juga mempunyai yang namanya sisi tegak. Kalau suatu limas segitiga mempunyai tiga sisi pada alasnya, itu berarti sisi tegaknya juga ada tiga.

Lalu bagaimana kalau alasnya mempunyai 6 sisi? Sudah dipastikan bahwa sisi tegaknya juga akan mempunyai 6 sisi. Supaya kamu bisa membayangkan lebih jauh bentuk – bentuk limas, perhatikan gambar berikut!

LIMAS SEGIEMPAT BERATURAN
LIMAS SEGITIGA BERATURAN
LIMAS SEGITIGA SEMBARANG
LIMAS SEGIEMPAT SEMBARANG

Kalau sebelumnya kita sudah tau tentang sisi alas dan sisi tegak dari suatu limas, ternyata suatu limas juga mempunyai tinggi loh.. Dan tinggi dari suatu limas merupakan jarak terpendek dari sisi alas ke puncak limas, perlu kamu ketahui kalau tinggi limas itu selalu tegak lurus dengan titik potong sisi alas.

Jumlah rusuk, titik sudut, dan bidang dari suatu limas, tergantung pada jenis limas. Jika suatu limas memiliki alas bersegi banyak, maka jumlah rusuk, titik sudut, dan bidangnya juga akan bertambah banyak. Untuk itu, kamu terlebih dahulu harus mengerti bagian – bagian dari suatu limas. Berdasarkan limas segiempat di atas, terdapat :

  • – 4 rusuk alas               = AB, BC, CD, AD
  • – 4 rusuk tegak            = AT, BT, CT, DT
  • – 4 bidang tegak          = ABT, BCT, CDT, ADT
  • – 1 bidang alas = ABCD
  • –  5 titik sudut               = <OAT, <OBT, <OCT, <ODT, <ATB

Nahh.. bisa kamu lihat OT merupakan tinggi dari limas tersebut. Yang perlu kamu ingat, tinggi suatu limas selalu tegak lurus dengan sisi alasnya.

Rumus pada limas

Volume                        = ⅓ Luas alas  x  tinggi

Luas Permukaan        = Luas alas + Luas Selimut

4. Prisma

Prisma adalah bangun ruang sisi tegak yang mempunyai bidang alas dan bidang tutup yang beraturan. Jika bidang alas berbentuk segiempat, sudah pasti bidang tutupnya juga berbentuk segi empat. Pada prisma juga mengenal yang namanya sisi tegak. Jumlah sisi tegak bergantung pada bentuk bidang alas prisma.

Jika bidang alasnya berbentuk segitiga, itu berarti sisi tegaknya adalah 3 dan bidang tegaknya juga akan menjadi 3. Umumnya, suatu prisma memiliki penamaan yang bergantung banyaknya sisi alas. Tidak pernah ditemui jika alasnya bersegi empat, maka prisma tersebut akan bernama prisma segilima.

Yang benar adalah prisma segiempat. Dan kamu juga harus tau, pada prisma juga terdapat yang namanya prisma miring. Namun untuk sekarang kita tidak akan membahas prisma miring tersebut.

Berikut contoh – contoh penamaan prisma berdasarkan bentuk alasnya:

PRISMA SEGIEMPAT
PRISMA SEGITIGA
PRISMA SEGILIMA

Bangun ruang prisma juga mempunyai bagian – bagian seperti rusuk, bidang alas, bidang tutup, bidang tegak, dan juga diagonal. Supaya kamu paham bagian – bagian prisma lebih dalam, perhatikan prisma segitiga berikut.

Prisma di atas mempunyai :

  • – 6 rusuk                      = AB, BC, AC, AD, CF, BE, EF, DF, DE
  • – 3 bidang tegak           = ABDE, ACDF, BCEF
  • – 1 bidang alas              = ABC
  • – 1 bidang tutup           = DEF
  • – 6 titik sudut                = <CAB, <ABC, <BCA ,<FDE, <DEF ,<EFD

Dengan begitu, prisma segitiga mempunyai 5 bidang, 6 rusuk, dan 6 titik sudut.

Rumus Prisma

Volume                        = Luas Alas  x  tinggi

Luas Permukaan        = (2  x  luas alas) + (keliling alas  x  tinggi)

keterangan :
tinggi    = panjang sisi tegak prisma

Nahh… Itu tadi penjelasan mengenai macam – macam dari bangun ruang sisi datar? Bagaimana menurutmu? Kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai bangun ruang, jangan dong untuk mengerjakan latihan soal! Karena dengan sering mengerjakan latihan soal, kamu akan terbiasa mengatasi masalah – masalah yang berkaitan dengan bangun ruang. Selamat berlatih ya!