Mencari pekerjaan dewasa ini dapat dikatakan tidak mudah. Hal ini salah satunya disebabkan karena persaingan yang semakin ketat meskipun lapangan pekerjaan yang tersedia cukup banyak. Untuk mendapatkan pekerjaan di era seperti ini, terkadang diperlukan kreativitas yang salah satunya dituangkan ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Selain kreatif, surat lamaran pekerjaan juga harus tampak meyakinkan, rapi dan bebas dari kesalahan. Lalu kira-kira bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan yang menarik? Anda dapat simak 9 tips untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang menarik di bawah ini.

Tujukan kepada Pihak yang Spesifik

Jika Anda ingin surat lamaran Anda dibaca oleh pihak perusahaan, sebaiknya cantumkan secara rinci pihak yang dituju. Misalnya saja, nama dan jabatan penerima, perusahaan  tempat penerima bekerja dan alamat perusahaan. Usahakan Anda menuliskannya dengan benar tanpa ada suatu kesalahan. 

Apabila terdapat suatu kesalahan, terlebih dalam penulisan nama perusahaan yang keliru maka dapat berakibat surat lamaran kerja Anda tidak dibaca. Untuk meminimalisir kejadian seperti ini, Anda dapat mencarinya di LinkedIn.

Mencantumkan Biodata yang Jelas

Dalam sebuah surat lamaran pekerjaan tentu ada bagian biodata yang harus Anda isi dengan lengkap. Biodata umumnya terdiri dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon atau nomor handphone, alamat email dan pendidikan terakhir. Terkadang terdapat persyaratan untuk mencantumkan Nomor Induk Kependudukan atau Nomor KTP. 

Menggunakan Format Penulisan yang Baik dan Benar

Hal yang wajib diperhatikan selanjutnya adalah format penulisan yang baik dengan memperhatikan tata ejaan bahasa, penggunaan tanda baca yang tepat, penggunaan spasi single dan tulisan yang rata kanan kiri agar terlihat rapi dan lebih enak dibaca. 

Mengenai format, beberapa perusahaan biasanya memiliki aturan tersendiri yang akan diberitahukan kepada calon pelamar. Selain format, subjek dan body emailharus diisi sesuai yang ditetapkan perusahaan agar HRD mau membaca surat lamaran pekerjaan Anda.

Untuk subjek, biasanya perusahaan akan menetapkannya, atau jika memang tidak ada aturan yang baku, Anda dapat mencoba menulis “Nama Lengkap_Lowongan Pekerjaan yang Dipilih_Pendidikan Terakhir”.

Sedangkan untuk body email umumnya berisi data penerima, perkenalan diri secara singkat, tujuan Anda mengirim email dan lampiran apa saja yang disertakan dalam email sebagai bahan pertimbangan serta yang terakhir adalah salam.

Hindari Typo

Typo menjadi hal yang wajib Anda perhatikan. Sebab kesalahan sekecil apapun dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, akan menjadi pertimbangan untuk pihak perusahaan memutuskan untuk menerima Anda atau tidak. Apalagi jika posisi yang Anda lamar sangat memerlukan ketelitian dan kemampuan menulis yang baik, bisa-bisa Anda dinilai sebagai orang yang ceroboh dan tidak teliti.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda mungkin perlu mengecek 2 – 3 kali surat lamaran pekerjaan Anda sebelum memutuskan untuk mengirimnya.

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami, Padat dan Jelas

Pastikan surat lamaran kerja Anda berisi bahasa yang mudah dipahami, padat dan jelas. Meskipun Anda disarankan untuk menggunakan bahasa yang formal, bukan berarti Anda harus menggunakan bahasa yang rumit. Cukup gunakan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Selain itu, menggunakan tiga unsur bahasa ini juga akan membuat surat lamaran kerja Anda tidak terkesan bertele-tele.

Jangan lupa untuk mencantumkan sumber Anda mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan tersebut dan posisi yang Anda lamar. Sehingga pihak HRD akan mudah memahami isi surat lamaran kerja Anda. 

Hindari Copy Paste

Banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang ada di Internet. Memang tidak ada salahnya jika Anda mencari inspirasi melalui beberapa contoh yang sudah ada, setidaknya untuk mendapatkan gambaran. Namun jangan melakukan copy paste secara keseluruhan.

Usahakan Anda membuat sendiri surat lamaran pekerjaan tersebut dan sesuaikan dengan gaya tulisan sendiri. 

Tuliskan Kelebihan Anda

Sebuah perusahaan dalam mencari calon pegawai tentunya menetapkan kriteria tertentu yang diharapkan dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan.

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami tidak percaya diri sehingga ragu untuk mencantumkan kelebihan apa yang dimiliki. Anda harus percaya setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing dan percayalah kalau Anda juga memiliki kelebihan yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Jika Anda merasa memiliki kelebihan dan kemampuan di bidang tersebut, Anda dapat mencantumkannya dalam surat lamaran pekerjaan yang dapat diperkuat dengan bukti sertifikat atau pengalaman kerja dan nomor kontak rekan kerja yang pernah bekerja sama dengan Anda. Dengan ini, perusahaan akan lebih yakin untuk merekrut Anda.

Akhiri dengan Terima Kasih dan Salam

Dengan mengucapkan terima kasih kepada pihak penerima surat lamaran memberikan kesan kalau Anda memahami etika dalam surat menyurat. Setidaknya berterima kasih kepada penerima surat lamaran karena telah meluangkan waktu dan mempertimbangkan Anda untuk menjadi calon pegawai. 

Jangan lupa untuk mengakhiri surat lamaran dengan salam. Biasanya ucapan salam yang digunakan bersifat universal, seperti hormat kami atau cukup salam saja.

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang sesuai dengan Kualifikasi

Supaya Anda tidak merasa sia-sia karena sudah mengirimkan surat lamaran pekerjaan untuk berbagai posisi namun tidak mendapatkan balasan dari perusahaan, sebaiknya cek kembali kualifikasi yang diminta oleh perusahaan. Apakah Anda memenuhi kriteria atau tidak.

Sebab jika Anda mengirimkan surat lamaran yang mana Anda tidak memiliki kualifikasi yang diminta, maka perusahaan tidak akan menghubungi Anda. Salah-salah Anda bisa dianggap sebagai orang yang tidak cermat.

Itulah sembilan tips untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik sehingga diharapkan dapat menarik perhatian pihak HRD. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Berikut contoh surat lamaran yang dapat Anda pakai untuk referensi:

Perihal  : Lamaran Pekerjaan

Solo, 7 April 2018

Kepada  :

Yth. Bapak / Ibu Pimpinan PT.Bentoel

di Malang

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya berinisiatif untuk melamar pekerjaan di PT.Jaya Selalu. Saya ingin mengajukan diri dengan perantara lamaran pekerjaan ini agar bisa bergabung karena saya merasa memiliki keahlian istimewa dalam bidang yang dibutuhkan.

Dengan ini, data singkat saya :

Nama :  Wahid Subroto

Alamat :  Jalan Selamat Raya Block C No 12

Pendidikan terakhir :  SMA

No Telp :  082234571234

Untuk  pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan saya menambahkan berkas pendukung

  • Daftar riwayat hidup
  • Foto kopi KTP
  • Foto kopi kartu keluarga
  • Foto Kopi SKCK
  • Pas foto 4×6 berwarna (1 lembar)
  • Foto kopi ijazah terakhir

Demikian lamaran ini saya buat, saya sungguh sangat berharap bisa diterima. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya sampaikan terima kasih .

 

Hormat saya,

( Wahid Subroto )


Yogyakarta, 22 September 2020

Perihal     : Permohonan Magang Kerja

Lampiran    : 1 (satu) bendel

Yth.

HRD PT. Sukses Selalu

Jl. Ki Hajar Dewantara 123, Batam

Kepulauan Riau

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                       : Maman Sariman

NIM                         : 0812 3456 7891

Alamat                     : Jl. Rambutan Blok A no 45, Kepulauan Riau

Perguruan Tinggi    : Universitas Internasional Batam

Program Studi         : S1 Sistem Komputer

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan izin untuk dapat melaksanakan Kerja Praktik saya (magang) selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  2. Foto Copy Kartu Mahasiswa
  3. KHS terakhir dengan IPK
  4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 = 2 lembar
  5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Maman Sariman