Mahir dalam suatu bidang tentu akan sangat membanggakan. Salah satu bidang yang memiliki cukup banyak peminat adalah musik. Namun untuk bisa sampai pada tahap mahir, tidak jarang kita perlu mengeluarkan biaya lebih untuk kursus musik dan biaya-biaya tambahan lainnya. Lalu bagaimana yang tidak memiliki biaya lebih tapi ingin mahir dalam bidang musik?

Anda tidak perlu khawatir, sebab belajar musik dapat dilakukan oleh berbagai kalangan dan tidak wajib mengeluarkan biaya berlebih. Sebagai pemula, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana belajar musik yang efektif hingga menjadi mahir. Supaya tidak bingung, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Ketahui Jenis Musik yang Anda Sukai

Sebelum memulai belajar musik, hal pokok yang harus diketahui adalah jenis musik apa yang Anda sukai. Karena dengan mengetahui hal ini, kita akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Dengan berpegang kepada jenis musik yang disukai juga akan memotivasi kita untuk terus belajar.

Jika memang Anda belum menemukan jenis musik apa yang disukai, Anda bisa mulai melakukan pencarian melalui daftar lagu yang biasa didengarkan, dimulai dari musisinya dan genre musik. Langkah selanjutnya adalah cari tahu alat musik apa yang dibutuhkan untuk memainkan jenis musik tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat di akun Youtube yang biasa membuat konten cover lagu.

Memilih Alat Musik yang Tepat

Setelah mengetahui jenis musik, tentu Anda juga sudah mengetahui alat musik apa yang cocok untuk dimainkan. Sebagai contoh, jika Anda menyukai musik rock, mungkin Anda dapat memilih gitar listrik atau drum. Sedangkan jika Anda lebih suka musik klasik, maka piano atau biola bisa menjadi pilihan yang tepat. Semua pilihan alat musik tergantung pada jenis musik yang Anda pilih.

Apabila Anda memiliki keterbatasan biaya dan tempat, mungkin dapat mempertimbangkan satu alat musik yang ringan dari segi biaya maupun bobotnya. Selain itu, dengan menggunakan satu alat musik terlebih dahulu, Anda dapat fokus untuk menguasainya hingga mahir. Mengingat belajar beberapa alat musik dalam satu waktu juga tidak akan efektif.

Belajar lewat Platform Online

Dengan kemajuan yang ada saat ini, Anda dimudahkan untuk melakukan apa saja, termasuk belajar musik. Banyak sekali situs dan aplikasi belajar musik, mulai dari yang tidak dipungut biaya alias gratis hingga yang berbayar dengan dilengkapi fitur yang lebih lengkap.

Beberapa situs dan aplikasi belajar musik secara online yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. MusicTheory.net yang akan mengajarkan Anda teori dalam bermusik dari materi yang paling dasar, seperti belajar notasi musik.
  2. Pianote yang akan membimbing Anda untuk belajar bermain piano.
  3. JustinGuitar.com, khusus untuk yang ingin belajar bermain gitar.
  4. StudyBass, untuk belajar bermain bass.
  5. Drum Ambition, untuk belajar menguasai cara bermain alat musik drum.
  6. ViolinLab, untuk belajar bermain biola.
  7. Musician’s Toolkit, yang dapat diakses apabila Anda tidak yakin instrumen apa yang ingin dimainkan.
  8. Yousician, aplikasi untuk belajar bermain gitar, piano, bass dan ukulele.
  9. Simply Piano, untuk belajar bermain piano.
  10. Chord!, aplikasi untuk memudahkan Anda belajar bermacam-macam chord gitas, bass dan banjo.

Masih banyak lagi situs dan aplikasi yang menawarkan kemudahan belajar musik online yang bisa Anda cari di mesin pencari seperti Google.

Mengikuti Perkembangan dan Berpikiran Terbuka

Meskipun Anda sudah memilih jenis musik untuk ditekuni, tidak ada salahnya tetap mengikuti perkembangan di dunia musik dan mencoba berpikiran terbuka terhadap jenis musik yang lain.

Anda bisa mendapatkan banyak ide baru dan meningkatkan kemampuan Anda dalam bermusik. Misalnya, melatih telinga untuk mengenal nada dan meningkatkan kemampuan jari-jari Anda untuk memainkan banyak melodi secara cepat dalam satu waktu.

Tentukan Waktu Berlatih dan Sediakan Ruang yang Nyaman Tanpa Gangguan

Jika Anda ingin cepat mahir menguasai permainan sebuah alat musik, Anda perlu menetapkan waktu yang dikhususkan untuk berlatih tanpa ada gangguan dari mana pun. Setidaknya tetapkan 30 menit dalam sehari untuk berlatih. Anda dapat menentukan hari apa saja untuk berlatih dan kapan Anda bisa istirahat untuk mempersiapkan diri menerima materi yang baru.

Apabila Anda melewatkan waktu yang sudah ditetapkan untuk berlatih, Anda harus memiliki alternatif hari lainnya sebagai pengganti hari yang terlewatkan tersebut.

Selain waktu, agar Anda bisa fokus untuk mempelajari permainan sebuah alat musik, cobalah berlatih di ruangan yang tidak ada gangguan, baik dari smartphone hingga anak-anak. Buatlah tempat yang nyaman untuk berlatih dan jauh dari gangguan.

Realistis dan Sabar

Tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mi instan pun tetap harus dimasak untuk dapat dinikmati. Hal ini sama dengan belajar musik. Untuk bisa sampai ke tahap mahir, Anda perlu bersikap realistis bahwa untuk menguasai permainan sebuah alat musik dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan hingga bertahun-tahun lamanya untuk bisa ahli seperti musisi idola Anda. Perlu diingat, inti dari belajar musik adalah sabar.

Memang tidak semua materi belajar musik itu mudah, setidaknya Anda dapat mencoba mempelajari yang paling mudah dahulu agar bisa berkembang, seperti belajar chord dan tangga nada dasar. Setelah paham, Anda dapat naik level dengan mempelajari notasi balok dan seterusnya.

Meminta Bantuan Teman yang Mahir di Bidang Musik

Kalau di sekitar Anda ada teman atau keluarga yang mahir di bidang musik atau pandai memainkan salah satu alat musik yang ingin Anda pelajari, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan mereka. Biasanya mereka akan senang membantu, tapi jangan lupa untuk meminta tolong dengan sopan.

Belajar Memposisikan Tubuh yang Baik

Belajar musik juga perlu belajar untuk memposisikan anggota tubuh yang sesuai dengan alat musik yang dipelajari. Seperti misalnya, saat belajar bermain biola tentu Anda perlu belajar untuk memposisikan leher dan rahang untuk menahan biola di tempatnya. Dalam prosesnya tentu tidak terasa nyaman, namun lama-lama Anda akan terbiasa.

Dengan belajar memposisikan anggota tubuh dengan baik dan benar akan membuat Anda terhindar dari cedera di kemudian hari. Selain itu, Anda juga akan tampil dengan baik saat bermain alat musik.

Itulah delapan tips untuk Anda yang ingin mulai belajar musik namun dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Beberapa tips di atas mungkin akan sangat membantu bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk belajar musik. Namun tidak ada salahnya untuk Anda yang mengambil kelas musik di luar untuk mengikuti beberapa tips di atas.

Supaya proses belajar musik Anda berjalan dengan lancar, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah meluangkan waktu Anda setiap harinya untuk berlatih dan jangan pernah menyerah. Semoga berhasil!