Tidak dapat dipungkiri kalau Bahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan untuk pergaulan sehari-hari maupun untuk mencari pekerjaan. Apabila kita tidak menguasainya maka kemungkinan besar akan tertinggal banyak informasi.

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, banyak sekali cara yang dapat ditempuh, seperti ikut kursus di lembaga kursus Bahasa Inggris, menonton film dan membaca buku berbahasa Inggris serta mencoba aplikasi belajar Bahasa Inggris. Untuk cara yang terakhir ini diklaim lebih praktis dan mudah karena banyak aplikasi belajar bahasa yang gratis dan Anda tidak perlu mengatur jadwal untuk datang ke tempat kursus. Selain itu, materi pembelajaran yang ditawarkan juga tidak kalah dengan yang digunakan oleh tempat kursus berkualitas lainnya.

Karena banyak sekali aplikasi yang menawarkan kemudahan belajar Bahasa Inggris, tentu membuat bingung kira-kira aplikasi apa yang cocok untuk kebutuhan Anda saat ini? Supaya tidak bingung, simak rekomendasi aplikasinya di bawah ini.

1. Duolingo

Aplikasi belajar Bahasa Inggris yang berada di urutan pertama ini adalah Duolingo. Aplikasi yang dikembangkan oleh Duolingo ini menawarkan cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah.

Materi yang diajarkan di aplikasi ini, seperti kosakata, tata bahasa, istilah dan lain sebagainya. Materi yang diberikan dapat disesuaikan dengan kemampuan pengguna yang dapat diketahui lewat tes terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran.

Cara belajar menggunakan aplikasi ini terhitung sangat mudah seperti bermain game. Anda akan diajak untuk rutin menggunakan aplikasi ini untuk naik ke level selanjutnya dan mengalahkan poin dari pengguna lain.

Selain Bahasa Inggris, Duolingo juga menghadirkan materi bahasa lain yang bisa Anda coba di waktu luang untuk menambah pengetahuan Anda terhadap bahasa negara lain.

2. Bahaso

Jika Anda ingin belajar Bahasa Inggris yang lebih interaktif, efektif dan fleksibel, Bahaso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Materi yang ditawarkan oleh Bahaso tidak kalah dengan tempat kursus bertaraf Internasional lainnya. Materi Bahaso mengacu kepada CEFR (Common European Framework of Reference of Languages). Kurikulumnya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan pengguna saat ini.

Kelas yang disediakan terdapat dua jenis, yakni belajar materi interaktif dengan menggunakan video, gambar dan audio tanpa tutor dan kelas tutoring yang dipersiapkan untuk yang ingin menghadapi IELTS dan TOEFL yang diajarkan oleh tutor berpengalaman. Di akhir pembelajaran, Anda akan mendapatkan sertifikat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau mendaftar kuliah.

Bahaso dapat diakses di komputer, laptop maupun smartphone dengan menggunakan aplikasinya. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur Speech Recognition yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.

3. Busuu

Mungkin selama ini Anda hanya sekadar memahami kosakata Bahasa Inggris tanpa tahu bagaimana cara menggunakannya dalam bentuk tulisan dan percakapan. Nah, aplikasi Busuu dapat membantu kesulitan Anda dalam kedua aspek tersebut.

Busuu merupakan salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris yang memiliki banyak pengguna dari berbagai negara. Aplikasi ini lebih menyerupai sosial media namun tetap menyediakan lebih dari 1000 materi pembelajaran yang disusun oleh para profesional. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur rencana belajar dan speech recognition yang akan melatih Anda untuk mahir mengucapkan berbagai kosakata dalam Bahasa Inggris.

Karena lebih mirip sosial media, Anda dapat terhubung dengan lebih dari 100 juta orang yang juga belajar bahasa lain dan penutur asli. Anda juga dapat meminta feedback atas hasil belajar Anda dari komunitas global yang tergabung dalam Busuu.

Aplikasi Busuu dapat digunakan baik versi desktop maupun mobile, sehingga akan memudahkan Anda untuk belajar di mana saja dan kapan saja serta dilengkapi dengan 12 bahasa negara lain yang dapat dipelajari.

4. Memrise

Kalau Anda merasa belajar Bahasa Inggris sulit dan membosankan, anggapan tersebut dapat dipatahkan setelah Anda menjajal aplikasi Memrise ini.

Cara menggunakannya sangat mudah dan menyenangkan seperti bermain game yang mana tidak akan membuat proses belajar menjadi membosankan. Hal ini karena Memrise menggunakan berbagai teknik agar Anda lebih cepat memahami.

Anda juga dapat memilih materi pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Materi yang disediakan juga disusun oleh komunitas global yang tergabung dalam Memrise sehingga materi yang didapatkan selalu baru dan sudah disempurnakan.

Metode belajar yang interaktif dengan melihat dan belajar secara langsung materi yang dipraktikan oleh penutur asli/native speaker. Sehingga Anda akan lebih cepat menyerap semua materi yang diajarkan.

Selain Bahasa Inggris, Memrise juga dilengkapi materi 22 bahasa negara lain dan materi pelajaran lain di luar bidang bahasa.

5. FutureLearn

Salah satu platform online yang menyediakan program kursus gratis bersertifikat yang kelima adalah FutureLearn. Platform ini menawarkan kursus Bahasa Inggris dan kursus lainnya yang materinya disusun oleh universitas dan lembaga tepercaya, seperti British Council, King’s College London, University of Leeds, University of Southampton, BBC dan sebagainya.

FutureLearn menyediakan kursus Bahasa Inggris secara gratis yang kemudian bisa upgrade dan berbayar dengan akses tanpa batas yang mana Anda bisa memilih banyak kursus lainnya serta memilih waktu yang sesuai untuk mengikuti kursus. Materi Bahasa Inggris yang disediakan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Basic English, English Pronunciation, Understanding IELTS, English for the Workplace dan sebagainya.

Sistem pembelajarannya seperti di kelas, di mana setiap pembelajaran dibagi ke dalam beberapa minggu yang akan dilengkapi materi video, audio dan artikel. Anda juga perlu mengisi profil, kolom komentar untuk berdiskusi dengan peserta lain dan guru serta tombol follow untuk mengikuti akun yang memberikan ilmu-ilmu yang menarik untuk Anda. Selain itu, dalam proses belajar, Anda juga akan dihadapkan pada kuis, tes dan tugas yang akan membantu Anda lebih cepat belajar. Ketika Anda sudah menyelesaikan satu kursus, maka Anda berhak untuk mendapatkan sertifikat.

6. Hello English

Platform belajar Bahasa Inggris online ini dikembangkan oleh Culture Alley dan merupakan platform terbesar di Asia dengan 50 juta lebih pengguna di seluruh dunia.

Aplikasi ini umumnya digunakan oleh mereka yang sudah berada di level lanjut dan berniat untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan Bahasa Inggris. Namun aplikasi ini tetap dapat digunakan untuk pemula yang baru belajar kosakata, struktur bahasa dan ejaan Bahasa Inggris.

Proses belajar dibuat menyenangkan selayaknya bermain game. Akan ada level yang harus diselesaikan untuk dapat naik ke level selanjutnya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap, seperti 475 materi pembelajaran, kamus, dapat diakses secara offline, word games, praktik dengan membaca berita harian dan speech recognition untuk mengembangkan kemampuan speaking.

Itulah enam platform online untuk belajar Bahasa Inggris yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!