Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan budaya, bahasa dan alamnya, tetapi juga kekayaan kuliner yang tidak akan dapat kamu temukan di negara lain. Kalau pun bisa ditemukan, tentu harganya tidak terjangkau seperti yang ada di Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia diberikan kekayaan alam yang berbeda-beda sehingga sangat berpengaruh kepada kuliner yang dihasilkan tiap daerah. Nah, kira-kira apa saja sih makanan khas Indonesia yang tidak akan ditemukan di negara lain? Supaya tidak penasaran, simak ragamnya di bawah ini.

Lawar

Lawar merupakan salah satu masakan khas Bali yang terbuat dari campuran sayur-sayuran dan suwiran daging ayam/babi kemudian dibumbui secara merata. Masakan ini memiliki keunikan, yakni penggunaan darah babi/ayam yang menjadi penambah cita rasa. Biasanya makanan lawar ini bisa ditemukan di rumah-rumah makan yang ada di Bali. Masakan ini menjadi teman makan nasi yang disantap bersama dengan lauk lainnya.

Ampo

Makanan ringan ini sangat terkenal di Tuban, Jawa Timur. Camilan ini dibuat dari tanah liat murni yang tidak dicampur dengan apa pun dan kemudian dibentuk seperti wafer stick. Makanan ini sangat digemari oleh ibu-ibu hamil dan dipercaya dapat menguatkan sistem pencernaan serta mengobati berbagai macam penyakit.

Pakasam

Masakan ini memiliki nama lain jukut yang merupakan makanan khas dari Kalimantan Selatan. Pakasam dibuat dari ikan air tawar yang difermentasi sehingga rasanya masam dan kemudian dibumbui dengan cabai dan gula lalu dihidangkan bersama dengan lauk yang lain.

Selat Solo

Tahukah kamu selat Solo merupakan salah satu masakan yang diadaptasi dari makanan Eropa, yakni steak? Jika steak terdiri dari potongan besar daging setengah matang dengan keju dan mayones, hal ini berbeda dengan selat Solo yang memiliki komposisi telur rebus, buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol, brokoli, wortel, keripik kentang, moster dan diberikan kuah encer berwarna kecokelatan sebagai pengganti saus.

Tempoyak Ikan Patin

Mungkin beberapa di antara kamu pernah mendengar atau sangat suka dengan tempoyak. Makanan ini merupakan sajian khas bangsa Melayu dan sudah ada sejak lama. Masakan Tempoyak ikan patin ini merupakan perpaduan dari tempoyak yang terbuat dari fermentasi durian dengan ikan patin. Rasa yang dihasilkan dari masakan ini adalah manis, pedas dan gurih dan tentunya sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.

Sup Konro

Sup ini merupakan masakan khas dari daerah Sulawesi Selatan. Masakan ini terbuat dari iga sapi dengan kuah berwarna cokelat pekat dari kluwek dan biasa disajikan dengan burasa atau ketupat. Selain versi yang dicampur dengan kuah, juga terdapat konro bakar yang tetap disajikan dengan kuah terpisah.

Rawon

Masih berupa masakan sup daging dengan kuah berwarna cokelat pekat yang terbuat dari kluwek. Rawon sangat terkenal di Jawa Timur dan Jawa Tengah sebelah timur. Biasanya rawon disajikan dengan nasi hangat, tauge, telur asin, daun bawang, empal, kerupuk udang dan sambal.

Gohu Ikan

Kamu pasti tahu sashimi, makanan asal Jepang yang berbahan dasar ikan mentah. Nah, di Indonesia juga ada masakan yang serupa dengan sashimi, yakni gohu ikan yang sangat terkenal di Ternate, Maluku Utara. Masakan ini terbuat dari ikan tuna atau cakalang mentah yang kemudian dibumbui. Gohu ikan memiliki rasa yang segar, gurih dan sedikit manis serta sangat nikmat disantap dengan nasi hangat atau papeda.

Pendap Bengkulu

Masakan yang menyerupai pepes ini bernama pendap dan menjadi salah satu makanan khas Bengkulu. Pendap dibuat dari ikan kakap atau ikan laut lainnya yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan daun talas dan daun pisang kemudian diikat dengan tali rapia. Biasanya pendap dimasak hingga 8 jam atau minimal 4 jam, sehingga bumbunya meresap ke dalam ikan. Pendap biasa disantap dengan nasi hangat.

Seruit

Seruit merupakan masakan ikan goreng atau dibakar yang dihidangkan dengan campuran sambal terasi, tempoyak atau mangga dan lalapan. Masakan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Seruit ini merupakan masakan khas Lampung.

Rujak Cingur

Makanan yang satu ini mungkin bukan termasuk masakan, tetapi layak masuk dalam daftar, karena hanya ditemukan di Indonesia. Rujak cingur berbeda dengan rujak pada umumnya yang terdiri dari bermacam-macam buah-buahan. Makanan ini terdiri dari timun, kerahi, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, lontong, tahu, tempe, bendoyo, kangkung, tauge dan kacang panjang.

Yang unik dari makanan ini adalah cingur atau mulut sapi yang direbus kemudian dicampurkan dalam hidangan rujak cingur dan kemudian disiram dengan saus yang memiliki tekstur seperti saus kacang.

Juhu Singkah

Juhu Singkah merupakan masakan khas suku Dayak, Kalimantan Tengah. Masakan ini dibuat dari umbut rotan yang dicampur dengan atau tanpa santan. Masakan ini memiliki rasa gurih, asam dan sedikit pahit. Juhu singkah sangat nikmat disantap dengan ikan betok.

Ayam Cincane

Masakan ini merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Timur yang biasa dihidangkan pada acara-acara besar, seperti pesta pernikahan dan saat penyambutan tamu terhormat. Bahan yang digunakan adalah ayam kampung yang kemudian diberikan rempah-rempah kemudian dibakar hingga matang. Ayam cincane biasa disajikan dengan bumbu berwarna merah yang menjadi ciri khas ayam cincane.

Sup Ikan Jantung Pisang

Masakan berkuah yang satu ini berasal dari Sulawesi Tengah. Biasanya dibuat dari bahan-bahan, seperti jantung pisang, ikan kakap dan rempah-rempah. Masakan ini terbuat dari bahan-bahan alam yang organik sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki penyakit bawaan.

Binte Biluhuta

Masih membahas masakan berkuah, kali ini adalah binte biluhuta yang merupakan masakan khas Gorontalo. Masakan ini sejenis dengan sup jagung karena memang dibuat dari jagung dan ikan atau udang dengan rasa manis, asin dan pedas. Masakan ini sangat lezat terlebih ketika disantap selagi masih hangat.

Ikan Asar

Jika kamu mengira nama Ikan Asar diambil dari waktu solat, betul sekali! Ikan Asar ini dikatakan tahan dari Asar ke Asar esok harinya. Ikan ini dimasak dengan cara diasapi selama 3 jam hingga matang dan ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tuna atau ikan cakalang.

Ikan Asar dapat langsung dinikmati dengan nasi hangat dan sambal colo-colo khas Maluku atau dimasak lagi.

Sayur Garu

Indonesia sangat kaya akan makanan sehat namun juga lezat dan tidak boleh dilewatkan, sayur garu adalah salah satunya. Masakan asal Ternate ini dibuat dari jantung pisang, daun ubi, daun pepaya dan dimasak dengan rempah-rempah. Rasanya sangat lezat dan tentu menyehatkan. Sayur ini biasanya selalu disajikan untuk menjadi pelengkap sajian saat makan.

Itulah tujuh belas macam masakan khas Indonesia yang tentu akan sulit kamu temui di negara lain. Ragam masakan ini hanya sebagian kecil dari banyaknya ragam kuliner yang ada di Indonesia.

Jika berkunjung ke daerah-daerah tersebut, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi masakan tersebut ya!