Manusia diciptakan dengan berbagai kelebihan yang membedakannya dengan makhluk hidup lainnya. Faktanya di dalam tubuh manusia, ternyata menyimpan banyak sekali keunikan yang jarang diketahui dan masih akan terus bertambah daftar keunikan lainnya seiring dengan berbagai penelitian yang dilakukan.

Lalu apa saja keunikan yang dimiliki oleh tubuh manusia? Simak beberapa fakta uniknya di bawah ini.

Manusia Memproduksi Satu Liter Air Liur Setiap Hari

Kelenjar air liur yang terdapat di dalam mulut, tepatnya berada di dalam kedua pipi, di bagian dasar mulut, di bagian bawah dagu tepatnya di dekat mulut ternyata dapat menghasilkan air liur 1 hingga 2 liter setiap hari.

Otak Menggunakan Seperempat Oksigen yang Ada dalam Tubuh

Tahukah Anda, otak kita menggunakan seperempat oksigen yang ada dalam tubuh. Jumlah ini termasuk yang cukup besar untuk menghasilkan muatan listrik dalam otak.

Pembuluh Darah Manusia Panjangnya Setara dengan Mengelilingi Bumi Empat Kali

Meskipun pembuluh darah kita terlihat kecil namun memiliki jaringan yang sangat panjang. Apabila diregangkan, maka panjang yang diperoleh mencapai 60,000 mil. Hal ini setara dengan mengelilingi bumi sebanyak 4 kali.

Terdapat 67 Bakteri yang Hidup pada Pusar Seseorang

Fakta unik yang satu ini mungkin terdengar sangat menjijikkan namun benar adanya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rob Dunn dan timnya yang terdiri dari para ahli ekologi, menemukan beberapa di antara sukarelawan memiliki 29 hingga 107 spesies bakteri, namun kebanyakn dari mereka memiliki 67 spesies bakteri yang hidup pada pusar mereka.

Berat Otak Manusia Sebesar Satu Setengah Kilogram dari Berat Tubuhnya

Otak manusia memiliki massa seberat 1,5 kilogram yang mana setara dengan 2% dari massa tubuhnya. Meskipun ukurannya kecil, namun otak menggunakan paling banyak energi, yakni sebesar 20%.

7% dari Berat Tubuh adalah Darah

Jumlah darah yang beredar dalam pembuluh darah manusia adalah 4,5 hingga 5,5 liter atau setara dengan 4,4 hingga 5,4 kilogram. Jumlah ini sama dengan 7% dari berat tubuh manusia dewasa. 

Perut Manusia Dapat Menampung Makanan Hingga 1,5 Liter

Tahukah Anda kalau sebenarnya perut manusia memiliki ukuran yang kecil. Namun ukuran perut manusia dapat melebar dan menampung hingga 1,5 liter ketika sudah terisi penuh.

Manusia Kehilangan 50 sampai 100 Helai Rambut Setiap Hari

Menurut sebuah studi, manusia kehilangan 50 hingga 100 helai rambutnya setiap hari. Hal ini disebabkan rambut mengalami siklus pembaruan yang akan menyebabkan 9% dari helai rambut mencapai fase istirahat sebelum akhirnya rontok.

Manusia Dapat Hidup dengan Satu Paru-Paru

Mungkin Anda pernah berpikir kalau manusia tidak dapat hidup hanya dengan satu paru-paru. Faktanya, manusia dapat hidup dengan normal hanya dengan satu paru-paru, meskipun kemampuan fisiknya terbatas.

Anda Tidak Bisa Merasakan Makanan dengan Baik Ketika Hidung Ditutup

Rasa makanan didapatkan dari kombinasi aroma dan rasa. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Anda tidak dapat merasakan makanan dengan baik ketika hidung Anda ditutup.

Lidah Manusia Dapat Merasakan Lima Rasa

Tahukah Anda kalau lidah kita dapat merasakan lima rasa dan bukan empat rasa seperti yang pernah diajarkan di sekolah. Kelima rasa tersebut adalah manis, pahit, asam, asin dan gurih.

Setiap Tahun Manusia Kehilangan Sel Kulitnya Sebanyak 3,6 Kilogram

Kulit manusia memiliki massa sebanyak 16% dari massa tubuh manusia. Setiap jamnya, manusia melepaskan sel kulit mati sebanyak 30,000 sampai 40,000. Sehingga dalam 24 jam manusia telah kehilangan jutaan sel kulit mati. Dalam satu tahun, manusia dapat kehilangan 3,6 kilogram sel kulit mati.

Gigi Manusia Sama Kuatnya seperti Gigi Hiu

Mungkin Anda sempat berpikir bahwa gigi hiu lebih kuat daripada gigi manusia. Meskipun sebagian besar gigi manusia disusun dari mineral yang lebih lembut daripada gigi hiu, tetapi memiliki kekuatan yang sama. Hal ini juga disebabkan enamel yang melapisi gigi ikan hiu tidak lebih keras dari gigi manusia dewasa.

Satu-satunya Bagian dari Tubuh Manusia yang Tidak Memiliki Pembuluh Darah adalah Kornea

Korena mata menjadi satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang tidak memiliki suplai darah. Kornea mendapatkan oksigen langsung dari udara.

Bayi yang Baru Lahir Dapat Bernapas dan Makan dalam Satu Waktu

Beberapa di antara Anda mungkin belum mengetahui kalau bayi yang baru lahir dapat bernapas dan makan dalam satu waktu. Hal ini dapat berlangsung hingga usia bayi genap 7 bulan. Penyebab dari keunikan ini adalah posisi laring bayi yang berada lebih tinggi pada lehernya.

Kandungan Bahan Kimia yang Ada pada Tubuh Manusia Dapat Membuat Berbagai Macam Benda yang Ada di Sekitar Kita

Tubuh manusia rata-rata mengandung sulfur yang dapat membunuh kutu yang ada pada anjing, karbon yang dapat membuat 900 pensil, cukup potasium untuk meledakkan meriam mainan, cukup lemak untuk membuat 7 batang sabun dan air untuk mengisi 50 liter barel.

Ketika Wajah Memerah karena Malu, Lambung akan Ikut Memerah

Ketika wajah memerah karena suatu kondisi, seperti malu, lapisan pada lambung juga akan ikut memerah. Hal ini karena keduanya dekat dengan pembuluh darah kapiler yang akan melebar ke seluruh tubuh dan meningkatkan aliran darah sehingga membuat lambung dan wajah memerah.

Nah, itulah beberapa fakta unik tubuh manusia yang harus Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi ilmu pengetahuan baru untuk Anda. Semoga bermanfaat.