Alam semesta kita menyimpan banyak sekali rahasia dan fakta unik yang sering kali kita belum ketahui. Bahkan ilmu sains yang diberikan di sekolah terkadang tidak memberikan penjelasan yang lebih luas. Sehingga kita perlu belajar dan mencari tahu sendiri melalui sumber-sumber kredibel lainnya. 

Beberapa fakta unik sains di bawah ini mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Tanpa basa-basi, yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Ukuran Paru-Paru Dapat Memenuhi Satu Sisi Lapangan Tenis

Tahukah Anda, paru-paru kita memiliki ukuran yang paling besar di antara organ tubuh yang lainnya. Paru-paru kanan lebih besar karena memiliki 3 lobus dibandingkan paru-paru kiri yang hanya memiliki 2 lobus. Di dalam paru-paru terdapat 300 juta hingga 500 juta alveoli yang apabila direntangkan dapat memenuhi satu sisi lapangan tenis!

Gulungan DNA yang Diregangkan, Panjangnya Sama dengan Jarak Matahari ke Pluto dan Kembali Sebanyak 17 Kali

Hal ini mungkin terdengar luar biasa, bukan? Faktanya, terdapat 37 triliun sel dalam tubuh yang apabila gulungan DNA di setiap sel tersebut diregangkan maka panjangnya mencapai 2 x 1014 meter per sel yang kemudian dikalikan dengan 37 triliun. Panjangnya akan sama dengan jarak Matahari ke Pluto kemudian kembali lagi sebanyak 17 kali.

Paru-Paru Merupakan Salah Satu Organ yang Bisa Mengapung

Salah satu organ dalam tubuh manusia yang dapat mengapung adalah paru-paru. Hal ini karena alveoli yang memiliki struktur sel seperti balon dapat menggantikan karbon dioksida yang ada dalam darah dengan oksigen. Nah, apabila alveoli dipenuhi dengan oksigen, maka paru-paru menjadi organ tubuh yang dapat mengapung di atas air.

Saturnus Bukan Satu-satunya Planet di Dalam Sistem Tata Surya yang Memiliki Cincin

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar tentang planet-planet lain selain Saturnus dalam sistem Tata Surya yang memiliki cincin, yakni Jupiter, Uranus dan Neptunus. Ketiga planet ini memiliki cincin yang tidak terlalu mencolok seperti yang dimiliki oleh planet Saturnus.

Cincin Jupiter terlihat lebih redup karena terbuat dari debu yang bersumber dari hasil benturan dengan bulan di Jupiter. Cincin Uranus berbentuk lebih besar dan kompleks yang terbentuk karena adanya dua bulan yang saling bertabrakan. Sedangkan cincin Neptunus didominasi dengan debu yang proses pembentukannya kemungkinan serupa dengan cincin Uranus.

Rata-rata, Langkah Orang Berjalan Kaki Seumur Hidupnya Sama dengan Mengelilingi Bumi Sebanyak 5 Kali 

Orang yang aktif berjalan kaki dan kebiasaan ini dapat bertahan hingga berusia 80 tahun, maka jarak yang diperoleh adalah 110.000 mil, yang mana jarak ini sama dengan mengelilingi bumi sebanyak 5 kali.

Suhu Meteor Sudah Tidak Panas Ketika Mendarat di Bumi

Meteor bukan tidak panas ketika sudah mendarat di bumi, namun suhunya cenderung hangat. Hal ini karena gesekan antara meteor dengan atmosfer bumi sudah cukup melelehkan lapisan terluarnya namun batu meteor tidak sempat dipanaskan karena suhunya segera didinginkan sebelum mendarat di bumi.

Tikus Dapat Tertawa Ketika Digelitik

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa tikus dapat ‘tertawa’. Dalam sebuah video National Geographic, tikus merespon positif ketika digelitik. Bahkan tikus tersebut mengejar tangan peneliti yang menggelitiknya dengan tindakan seperti bermain-main

Pisang Mengandung Radioaktif

Tahukah Anda kalau salah satu buah yang kita gemari, yaitu pisang mengandung radioaktif?

Pisang mengandung potasium yang termasuk salah satu zat radioaktif. Namun karena potasium dalam pisang dapat mengalami kerusakan sehingga membuat buah berwarna kuning ini sedikit radioaktif.

Namun jangan jadikan fakta ini untuk khawatir mengonsumsi pisang ya, sebab Anda perlu mengonsumsi 10,000,000 buah pisang dalam sekali makan untuk membuat Anda meninggal karena keracunan radiasi.

Terdapat Hujan Berlian di Planet Lain

Anda mungkin berpikir berlian memiliki harga yang mahal karena proses penambangannya yang sulit. Namun hal ini bisa jadi berbeda di planet lain, seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus yang hampir setiap tahunnya terdapat hujan berlian. 

Hal ini bisa terjadi karena pada empat planet tersebut memiliki tekanan yang ekstrim sehingga bisa mengkristalisasi atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian.

Terdapat Jenis Ubur-Ubur yang Abadi

Tahukah Anda, terdapat satu jenis ubur-ubur yang ternyata abadi, lho. Namanya adalah Turritopsis dohrnii yang dapat kembali ke bentuk ‘anak-anak’ setelah melewati fase dewasa dan terus melakukan siklus ini, sehingga dapat dikatakan ubur-ubur yang abadi.

Lebih Banyak Pohon di Bumi daripada Bintang di Galaksi

Faktanya terdapat 3 triliun pohon yang ada di bumi, sedangkan hanya terdapat 300 sampai 400 milyar bintang di Galaksi Bima Sakti.

Perut Manusia Dapat Menghancurkan Silet

Tahukah Anda kalau perut manusia dapat menghancurkan silet? Hal ini disebabkan karena kandungan asam di dalam perut manusia memiliki level asam dalam skala pH 1.0 sampai 2.0, yang artinya memiliki kadar asam yang sangat kuat. 

Binatang yang Paling Mematikan di Dunia Dapat Dihancurkan dengan Jempol dan Telunjuk

Mungkin Anda sudah menebak binatang mematikan ap yang dapat dihancurkan dengan jempol dan telunjuk. Binatang tersebut adalah nyamuk. 

Beberapa jenis nyamuk membawa penyakit yang mematikan, seperti nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit demam berdarah dan nyamuk Anopheles betina yang membawa penyakit malaria. Penyakit-penyakit yang dibawa nyamuk-nyamuk ini dapat menyebabkan kematian bagi hampir 1 juta orang setiap tahunnya.

Nah, itulah beberapa fakta unik sains yang mungkin beberapa di antaranya belum pernah Anda dapatkan di sekolah. Semoga bermanfaat.