Beberapa minggu ini kita diimbau oleh pemerintah untuk berkegiatan di rumah, termasuk belajar. Mungkin hal ini agak sulit dilakukan bagi yang sekolah atau kuliah, karena biasanya proses belajar mengajar menjadi tidak efektif.

Lalu apa yang bisa kita lakukan supaya belajar di rumah menjadi efektif dan ilmu yang didapat bisa dipahami dengan baik? Kamu dapat simak tips di bawah ini.

Intip 12 Tips Belajar Efektif selama di Rumah

Menyediakan Ruangan yang Nyaman untuk Belajar

Jika biasanya kamu belajar di kasur, kamu harus mulai ubah kebiasaan tersebut. Sebab kamu pasti akan terbawa perasaan malas sepanjang hari. Supaya proses belajar menjadi efektif dan fokus, kamu mungkin perlu menata ruangan sedemikian rupa agar lebih nyaman. Misalnya saja dengan merapikan meja belajar, kursi yang nyaman dan kamar yang memiliki penerangan yang baik. Dengan cara ini diharapkan semangat untuk belajar semakin bertambah.

Jika ingin ruangan terlihat lebih hijau dan segar sehingga menambah semangat namun ruangan yang kamu gunakan untuk belajar jauh dari akses ke kebun atau taman di depan rumah, kamu bisa menambahkan tumbuhan mini dalam pot.

Menetapkan Waktu Belajar

Agar tidak membosankan, kamu mungkin perlu menetapkan waktu untuk belajar. Buatlah jadwal untuk mengatur kapan saja kamu harus belajar dan kapan harus beristirahat. Sebagai contohnya, kamu bisa meniru  jadwal pelajaran yang dibagikan dari sekolah. Dengan ini, kegiatan belajarmu lebih terarah, tidak akan menimbulkan stres dan tidak terlalu memforsir tenaga.

Tetap Bangun Pagi

Ingin pelajaran lebih mudah diserap dan dipahami dengan baik? Tetap bangun pagi meskipun belajar di rumah adalah jawabannya. Kenapa? Karena bangun pagi tentu badan dan pikiran masih segar untuk dapat beraktivitas dengan maksimal dibandingkan ketika hari sudah siang.

Ditambah udara pagi yang masih segar tentu akan menambah semangat beraktivitas, termasuk belajar serta dapat memaksimalkan kinerja otak, mengingat otak membutuhkan oksigen agar berfungsi dengan baik.

Jauhkan Barang-Barang yang Dapat Mengganggu Proses Belajar

Jika kamu terbiasa belajar sambil menonton televisi, sebaiknya hindari hal tersebut karena akan memecah konsentrasi belajar. Kamu masih dapat menonton televisi setelah kegiatan belajar selesai.

Tapi bagaimana jika proses belajar menggunakan gawai yang tentu lebih berpotensi untuk mengganggu proses belajar yang semestinya? Solusinya mungkin bisa ditemani oleh keluarga untuk memantau selama kamu belajar. Dengan cara ini, kamu akan lebih fokus belajar dan tidak menyeleweng dengan bermain gawai sampai lupa waktu.

Coba Mengerjakan Soal-Soal

Cara ini tidak hanya berlaku untuk mereka yang ingin ujian saja, tetapi bisa juga kamu coba hanya untuk menguji sampai di mana pemahamanmu terhadap suatu topik.

Di Internet sudah banyak sekali yang menyediakan soal-soal dan lengkap dengan pembahasannya yang bisa dicoba. Soal-soal yang tersedia pun beragam yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan. Hal ini sangat bermanfaat dan akan mengasah kemampuanmu untuk menghadapi kuis atau ujian.

Supaya menambah kesan sedang ujian, kamu bisa meminta tolong kepada salah satu anggota keluargamu untuk berpura-pura menjadi pengawas saat ujian. Hitung-hitung supaya mendapatkan gambaran saat ujian naik kelas  yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Menggunakan Aplikasi dan Situs Belajar Online

Saat ini proses belajar mengajar semakin dimudahkan dengan kecanggihan teknologi. Tidak sedikit guru yang mengandalkan aplikasi atau situs belajar online untuk digunakan oleh murid-muridnya selama pandemi masih berlangsung.

Selain itu, aplikasi atau situs ini sangat berguna bagi murid-murid yang mengalami kesulitan saat memahami suatu pelajaran. Kenapa? Karena biasanya situs ini memberikan video pembahasan yang bisa meningkatkan pemahaman. Situs belajar online ini juga dapat membantu murid dalam menyelesaikan soal-soal yang mungkin sulit.

Tentukan Waktu untuk Istirahat

Setelah lelah dan stres belajar, berikan waktu sejenak kepada dirimu untuk istirahat. Sekadar tidur, menonton tv, bermain media sosial atau bermain game cukup untuk membuat otak kembali relaks dan siap untuk belajar lagi. Paling tidak tentukan waktu masing-masing satu jam untuk dua kali istirahat agar tidak suntuk.

Jangan lupa untuk tidak begadang dan tidur lebih awal meskipun kamu akan seharian di rumah. Karena jika begadang, saat bangun tidur esok harinya, tubuhmu akan merasa lelah dan tentu akan sulit menerima pelajaran.

Jaga Komunikasi Tetap Lancar

Untuk lebih mengetahui informasi seputar tugas dan penyampaian materi dari guru atau dosen, tentu kamu harus menjaga komunikasi tetap berjalan lancar. Karena biasanya guru atau dosen akan menginformasikan kepada salah satu murid yang akan disebarkan kepada murid yang lain.

Selain itu, sering kali guru atau dosen mengadakan panggilan konferensi atau yang saat ini tenar disebut video call untuk menyampaikan materi pembelajaran atau mengadakan kuis.

Jangan ragu untuk bertanya kepada pengajar atau murid lainnya perihal tugas atau materi yang masih terasa menyulitkan untuk dipahami. Hal ini sangat penting dilakukan, supaya tidak terjadi salah informasi.

Menyediakan Semua Peralatan Belajar di Tempat yang Mudah Dijangkau

Supaya kamu tidak bolak-balik menghabiskan waktu untuk mencari peralatan belajar yang dibutuhkan, sebaiknya siapkan malam hari sebelum kamu mulai belajar keesokan harinya.

Cara ini hampir sama ketika kamu ingin pergi ke sekolah tentu menyiapkan alat tulis dan buku pelajaran yang akan dipelajari esok hari di sekolah. Nah, siapkan semua yang kamu butuhkan untuk menunjang proses belajar dalam satu meja di dekatmu. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari barang-barang tersebut.

Pastikan Jaringan Internet Stabil

Saat ini proses belajar mengajar hampir sepenuhnya menggunakan teknologi Internet. Jaringan yang stabil tentu dibutuhkan agar tidak mengganggu proses belajar, terlebih saat ini tidak jarang guru maupun dosen menggunakan video call untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kalau jaringan Internet tidak stabil, maka proses mengajar bisa terputus-putus dan menyebabkan murid salah informasi.

Selain itu, jaringan Internet yang stabil juga diperlukan untuk mengirimkan tugas, apalagi jika sedang ada kuis yang memberikan waktu tertentu untuk mengirim tugas. Jika jaringan buruk, maka akan mengakibatkan keterlambatan pengiriman tugas.

Menyediakan Makanan Ringan

Supaya kegiatan belajar atau mengerjakan tugas tidak membosankan hingga berujung mengantuk, mungkin kamu dapat menyediakan makanan ringan selama belajar. Namun perlu diingat, jangan menyantap camilan yang terlalu berat karena malah akan membuatmu kekenyangan kemudian mengantuk.

Alternatif makanan ringan yang lebih sehat dan bisa dipilih, antara lain kacang-kacangan, buah potong dan lain sebagainya. Selain sehat, makanan-makanan tersebut akan membuatmu tetap segar dan tidak mengantuk.

Perbanyak Minum Air Putih

Langkah terakhir adalah memperbanyak asupan air putih. Hal ini sangat penting karena ketika di rumah, biasanya kegiatan belajar akan berlangsung dari pagi bahkan hingga malam hari dan tentu akan membuat tubuh sangat lelah. Nah, supaya tubuh tidak terlalu lelah dan tetap terhidrasi, cukupi asupan air putih delapan gelas sehari.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang masih harus belajar di rumah. Mudah-mudahan dengan cara ini, kegiatan belajar kamu semakin efektif dan mengasyikkan. Selamat belajar!