Dewasa ini, masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan berkat adanya kemajuan teknologi, terutama dalam bidang teknologi dan informasi. Bidang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan tidak bisa dipisahkan, seperti bekerja dan belajar yang saat ini memerlukan komputer dan smartphone.

Di bawah ini beberapa ahli di bidang teknologi dan informasi yang mungkin tidak kamu tahu tetapi memiliki penemuan yang sangat bermanfaat dan memudahkan kehidupanmu saat ini. Penasaran siapa saja? Simak sepuluh tokohnya di bawah ini!

Philippe Kahn

Siapa di antara kamu yang suka sekali melakukan foto selfie menggunakan handphone? Sepertinya hampir semua orang suka berfoto selfie. Tapi tahukah kamu siapa yang pertama kali yang membuat kamera pada handphone? Dia adalah Philippe Kahn, seorang matematikawan, penemu dalam bidang teknologi, entrepreneur dan pendiri dari 4 perusahaan teknologi.

Selain menciptakan kamera pada handphone, Kahn juga memegang paten atas beberapa temuannya, beberapa di antaranya adalah smartphone, Internet of Things, Artificial Intelligence (AI), teknologi di bidang medis dan masih banyak lagi.

Kesuksesan ini tidak diraih dalam waktu singkat dan diperlukan kerja keras. Bahkan saat pertama kali melakukan percobaan untuk kamera handphone, ia sempat tidak yakin apakah usahanya ini berhasil melihat beberapa pertimbangan yang menjadi penghambat.

Shuman Ghosemajumder

Ia adalah seorang ahli teknologi, entrepreneur dan pencipta di bidang teknologi. Ketika bekerja di Google ia memimpin tim untuk memberikan perlindungan pada layanan iklan dari kejahatan kecurangan klik pada Google AdSense.

Selain itu, ia juga turut berkontribusi dalam peluncuran AdSense, Link Units, AdSense for Feeds dan Gmail. Saat ini ia menjadi Chief Technology Officer (CTO) untuk perusahaan Shape Security.

Larry Tesler

Teknologi copy, paste and cut yang sering kita gunakan saat ini diciptakan oleh seorang pria bernama lengkap Lawrence Gordon Tesler yang merupakan seorang ilmuwan komputer berkebangsaan Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga menemukan teknologi find and replace pada saat bergabung dengan PARC Xerox. Salah satu penemuannya yang juga terkenal adalah konsep modeless. Dilansir dari cnbcindonesia.com, modeless adalah suatu program tidak boleh memiliki mode berbeda meskipun pengguna memasukkan input apa pun dan melakukan hal berbeda berdasarkan mode tertentu.

Bill Gates

Pasti kamu sudah sangat mengenal nama yang satu ini. Pria bernama William Henry Gates III merupakan salah satu pendiri (bersama temannya Paul Allen) dari perusahaan Microsoft yang bergerak dalam pengembangan dan penjualan perangkat lunak komputer, perangkat rumah tangga elektronik, komputer dan sebagainya yang masih dalam industri yang sama.

Saat Gates sedang menempuh pendidikan di Universitas Harvard, ia mengembangkan perangkat lunak Altair BASIC (di kemudian hari lebih dikenal dengan sebutan Microsoft BASIC). Setelah itu, Gates tidak melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard dan memilih membangun perusahaan perangkat lunak bersama temannya Paul Allen dengan nama Microsoft yang kemudian terus berkembang hingga kini.

Brian Fox

Mungkin kamu pernah membaca kalau pemilihan umum di Amerika Serikat menggunakan online voting. Tapi tahukah kamu siapa orang yang pertama kali merancang sistem ini? Dia adalah Brian Fox yang merupakan seorang programer komputer, entrepreneur, konsultan, pemegang paten dan pendukung perangkat lunak gratis yang berkebangsaan Amerika Serikat.

Selain menemukan sistem online voting, ia juga merancang perangkat lunak untuk online banking.

Steve Jobs

Siapa yang tidak tahu Steve Jobs? Seperti hampir semua orang tahu siapa dia. Steve Jobs merupakan pria dibalik kesuksesan merek Apple yang saat ini sudah merajai penjualan perangkat elektronik, seperti laptop, personal computer, sistem operasi dan smartphone.

Ia dan rekannya Steve Wozniak mendirikan perusahaan Apple dan menciptakan komputer pertama dari merek ini dengan nama Apple I. Keberhasilan Apple saat ini diperoleh dari keunggulan produknya yang lebih digemari daripada produk-produk pesaingnya.

Larry Page

Pria bernama lengkap Lawrence Edward Page yang lahir di Michigan, 26 Maret 1973 ini mungkin tidak asing di bidang teknologi dan informasi yang tentunya kamu pun sering menggunakan produk rancangannya, yakni Google.

Ia mulai mendirikan perusahaan Google bersama dengan temannya Sergey Brin. Saat ini Google sudah berkembang sangat pesat dan seluruh produknya tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, mulai dari mesin pencari, layanan periklanan secara online, layanan penyimpanan, perangkat lunak dan perangkat keras.

Martin Cooper

Kecanggihan teknologi turut memudahkan komunikasi manusia, dari yang sebelumnya menggunakan surat yang dikirim menggunakan merpati hingga kini berbagi kabar dapat dilakukan melalui ponsel dengan ukuran yang pas di saku. Namun, tahukah kamu siapa yang menciptakan ponsel pertama kali? Ia adalah Martin Cooper yang merupakan seorang insinyur berkebangsaan Amerika Serikat.

Cooper menjadi pelopor pengembangan alat komunikasi tanpa kabel. Ia mengembangkan ponsel pertama kali pada tahun 1973 saat bekerja di Motorola dan mulai dipasarkan pada tahun 1983. Selain menjadi pencipta ponsel pertama di dunia, ia juga memegang banyak paten dalam bidang teknologi komunikasi tanpa kabel dan mengeluarkan banyak publikasi.

Blake Ross

Salah satu browser yang masih digunakan hingga saat ini adalah Mozilla Firefox atau yang biasa disebut Firefox. Tapi tahukah kamu siapa orang yang berada dibalik pengembangan browser yang satu ini? Dia adalah Blake Aaron Ross, seorang insinyur perangkat lunak berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Miami pada tanggal 12 Juni 1985.

Dalam merancang Firefox, sebenarnya Ross tidak sendiri. Ia berkolaborasi dengan rekan-rekannya, yakni Dave Hyatt dan Joe Hewitt.

Ia sudah memulai pekerjaannya mengembangkan Mozilla sejak masih duduk di bangku SMA. Pengembangan  Mozilla Firefox selanjutnya diilhami dari ibu Ross yang kesulitan menggunakan Internet Explorer, sehingga hadirlah Firefox yang menawarkan tampilan yang lebih ramah untuk digunakan.

Nathaniel Borenstein

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi untuk berkomunikasi yang memudahkanmu untuk berkabar, mengirim gambar dan dokumen, kamu tidak boleh melupakan peran penting e-mail attachment.

Dulu sebelum hadir aplikasi chatting yang saat ini marak digunakan, kita berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain menggunakan e-mail. Nah, untuk mengirim gambar atau dokumen, biasanya akan disertakan attachment atau lampiran. Tahukah kamu siapa orang yang pertama kali menghadirkan attachment dalam e-mail? Dia adalah Nathaniel Borenstein. E-mail attachment pertama yang ia kirimkan adalah rekaman suaranya dan tukang pangkas rambutnya sedang bernyanyi.

Meskipun saat ini orang lebih sering menggunakan aplikasi chatting, penggunaan e-mail dengan attachment masih kerap digunakan terlebih untuk di dunia kerja.

Nah, itulah sepuluh tokoh yang ahli dalam bidang teknologi. Usaha gigih mereka untuk dapat menciptakan sesuatu patut diapresiasi, terlebih benda-benda yang diciptakan dapat memberikan manfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Semoga dengan penjabaran ini, dapat menginspirasi untuk membuatmu tetap semangat untuk meraih apa yang menjadi tujuanmu.