Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki fakta dan cerita yang menyertai sepanjang berdirinya negara ini hingga sekarang. Tidak jarang fakta dan kisah yang disuguhkan pun membuat kita menggelengkan kepala dan menyunggingkan senyum karena keunikannya.

Nah, kira-kira apa saja ya fakta dan cerita unik yang hanya ada di Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini!

Fakta Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyantap makanan pokok dengan nasi. Bahkan sarapan pun mereka ditemani dengan menu yang terbuat dari beras, seperti lontong, bubur, arem-arem dan sebagainya. Tidak jarang juga ketika menyantap mie, orang Indonesia menambahkan nasi agar lebih kenyang.

Jadi, jangan heran jika Anda bertemu dengan orang Indonesia yang sehabis makan roti, mereka makan nasi.

Indonesia Memiliki Banyak Suku. Terdapat Sekitar 740 Suku di Indonesia

Indonesia termasuk negara yang memiliki suku terbanyak di Indonesia, yakni sekitar 740 suku. Daerah yang memiliki banyak suku adalah Papua dengan 270 suku yang mendiami berbagai wilayah di pulau tersebut. 

Karena banyaknya suku di Indonesia, hal ini juga berdampak dengan banyaknya keanekaragaman, seperti bahasa daerah yang dipakai, yakni sekitar 1211 bahasa daerah, 34 rumah adat dan 5.327 kuliner khas daerah.

Terkenal dengan Tradisi Gotong Royong

Salah satu tradisi yang sangat terkenal dan melekat erat pada pergaulan masyarakat Indonesia adalah gotong royong. Rakyat Indonesia percaya dengan gotong royong akan lebih mudah dan cepat untuk mencapai tujuan. Selain itu, dengan adanya gotong royong juga dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama. Meskipun tradisi ini sudah mulai punah di perkotaan, tetapi di pedesaan masih dapat dilihat terutama saat akan ada hajatan.

Mayoritas Rakyatnya Pecinta Makanan Pedas

Pecinta makanan pedas pasti sudah hafal dengan ragam menu makanan yang menawarkan sensasi ‘membara’ di lidah yang ada di Indonesia. Mulai dari makanan daerah, seperti seblak dan rujak hingga aneka makanan kekinian, seperti snack dengan taburan bubuk cabai.

Rasa cinta terhadap makanan pedas masyarakat Indonesia dapat dilihat dari kebiasaan makan mayoritas penduduknya yang umumnya harus ditemani dengan sambal sebagai penambah selera makan.

Negara Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia menempati lahan seluas 735.358 mil sehingga menyandang gelar negara terbesar ke-15 di dunia berdasarkan luas lahan yang tercakup dan berada di peringkat ke-7 berdasarkan total luas daratan dan laut yang dimiliki.

Negara ini juga mencakup daratan dari titik paling timur ke titik paling barat dengan jarak 3.181 mil, sehingga sangat pas jika menyandang gelar negara terbesar di Asia Tenggara.

Cerita Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Kisah Tiang Bendera Pertama 

Saat upacara kemerdekaan Indonesia pertama kali dilangsungkan, tiang yang digunakan untuk mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih hanya terbuat dari bambu. Saat bendera dinaikkan, bambu hanya ditali dan ditanam di depan teras rumah Presiden Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Walaupun hanya menggunakan tiang bambu, upacara proklamasi ini berlangsung dengan khidmat.

Rekaman Suara Pembacaan Proklamasi Presiden Soekarno

Mungkin sebagian di antara Anda mengira rekaman suara pembacaan naskah proklamasi Presiden Soekarno direkam saat upacara kemerdekaan yang pertama kali. Nyatanya, rekaman suara tersebut hasil perekaman yang dilakukan 5 tahun setelah kemerdekaan, tepatnya sekitar tahun 1950.

Pembacaan naskah proklamasi tersebut direkam sekali lagi dan kemudian digandakan pada tahun 1959, hingga akhirnya dapat didengar sampai sekarang. 

Naskah Proklamasi yang Dibuang

Naskah proklamasi yang dibuat adalah hasil diskusi panjang yang dilakukan oleh Soekarno dan Hatta di rumah Laksamana Maeda. Naskah tulisan tangan ini kemudian diserahkan Bung Karno kepada para pemuda, yang selanjutnya diketik oleh Sayuti Melik.

Ada kejadian unik saat pengetikan teks proklamasi, yakni ketika naskah proklamasi telah selesai diketik, naskah tulisan tangan Bung Karno dan Bung Hatta dibuang oleh Sayuti Melik ke tempat sampah karena merasa sudah tidak diperlukan lagi. 

Untungnya, naskah proklamasi tersebut diambil oleh BM Diah yang kebetulan berdiri di dekatnya dan kemudian menyimpan naskah tersebut. Setelah 49 tahun disimpan, naskah tulisan tangan tersebut diserahkan BM Diah kepada Presiden Soeharto pada tahun 1992. 

Perintah Pertama Soekarno sebagai Presiden Republik Indonesia

Sehari setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Bung Karno dan Bung Hatta ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Berbeda dari presiden lain yang baru dilantik, yang umumnya akan memerintahkan untuk membentuk kabinet, membuat kebijakan dan perintah lain yang terkait dengan keberlangsungan negara. Perintah pertama Bung Karno sebagai presiden adalah memerintahkan tukang sate untuk membuatkan 50 tusuk sate ayam. Setelah itu, Bung Karno langsung menyantapnya sambil berjongkok di pinggir parit. 

Bung Karno Sakit Ketika Pembacaan Proklamasi

Tahukah Anda, saat pembacaan teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945, Bung Karno sedang terserang penyakit Malaria. Bahkan dua jam sebelum pembacaan proklamasi, Bung Karno masih menyempatkan tidur karena tubuhnya demam dan menggigil karena penyakitnya tersebut.

Itulah sepuluh fakta dan cerita unik yang menyertai berdirinya negara Indonesia hingga saat ini. Melihat fakta dan kisah- kisah tersebut, sudah sepatutnya kita berbangga dengan negara ini karena memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Semoga informasi ini memberikan pengetahuan, hiburan dan nilai-nilai yang bermanfaat untuk Anda.