Buku merupakan gudang ilmu dan dengan membacanya menjadikan kita memperoleh banyak ilmu pengetahuan baru. Usia anak-anak, yakni mulai dari 0 sampai 8 tahun adalah usia di mana mereka mudah menyerap berbagai ilmu yang ada di sekitar mereka. Pada masa ini, sangat tepat untuk mengajak anak untuk membiasakan diri gemar membaca.

Lalu bagaimana cara untuk mengembangkan minat baca pada anak? Anda dapat simak sepuluh caranya di bawah ini.

Buat Tempat dan Tentukan Waktu yang Nyaman untuk Membaca

Ciptakan ruang yang nyaman untuk membaca bagi anak. Anak biasanya akan betah berada di ruangan yang ditata dan terdapat banyak pernak-pernik lucu yang mereka sukai. Anda bisa menaruh bean bag dan berbagai macam buku menarik serta menempelkan wallpaper atau sticker dinding yang lucu.

Selain tempat yang nyaman, Anda bisa membuat jadwal membaca untuk anak di sela-sela kesibukan mereka. Waktu yang cocok adalah ketika anak sedang memiliki waktu luang, sehingga membaca tidak akan menjadi beban dan sulit untuk dilakukan. Anda mungkin dapat menjadikan kebiasaan membaca di malam hari sebelum tidur sebagai bagian untuk relaksasi dan melepas penat anak.  

Berikan Buku yang Mudah untuk Dipahami oleh Anak

Untuk memotivasi anak untuk gemar membaca sedari dini, Anda mungkin perlu menyediakan buku-buku yang menarik namun tetap mudah dipahami anak-anak. Anda juga dapat memberikan buku bacaan yang memiliki ilustrasi yang lucu dan membuat anak tertarik untuk membaca.

Jika anak sudah mahir membaca, maka Anda dapat menambahkan variasi buku bacaan untuk mereka namun tetap disesuaikan dengan usia mereka.

Selain buku dalam bentuk yang sebenarnya, buku dalam bentuk audio juga bisa Anda berikan untuk anak yang tidak terlalu suka membaca. Anda dapat menyetelnya dan mengajak anak untuk mendengarkan. Dengan cara ini diklaim dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca suatu teks dengan akurat dan cepat serta membantu anak untuk mengetahui ekspresi dalam suatu kalimat. 

Sediakan Bahan Bacaan yang Bervariasi

Mengajarkan anak untuk gemar membaca tidak harus dengan buku cerita yang memang banyak dikhususkan untuk anak-anak. Anda dapat menyediakan buku lain yang masih ringan untuk dipahami anak, seperti biografi, novel anak, buku tebak-tebakan, buku komedi, buku memasak dan buku petunjuk untuk membuat sesuatu. Anda dapat mencoba untuk menyediakan berbagai macam genre buku untuk mengetahui topik apakah yang mereka sukai.

Selain beberapa buku di atas, Anda juga dapat memberikan majalah anak-anak yang mana biasanya menyajikan topik yang lebih bervariasi.

Coba Bacakan Kalimat dari Buku Anak 

Anak-anak dipenuhi dengan rasa ingin tahu. Untuk memancing anak agar mau membaca, Anda dapat menggunakan cara yang satu ini. Cobalah untuk membacakan kalimat yang menggantung dari buku anak, setelah itu biasanya anak akan penasaran apa kelanjutan dari kalimat tersebut. Nah, tugas Anda adalah mengajak anak untuk membaca kelanjutannya untuk mencari tahu selengkapnya.

Jadilah Contoh untuk Anak

Anak cenderung meniru kebiasaan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Jika Anda ingin anak gemar membaca, maka Anda perlu mencontohkannya untuk mereka. Misalnya saja dengan cara membaca buku di dekat anak, dengan ini mungkin anak akan penasaran dan juga mencobanya.

Ajak Anak untuk Membaca di Mana Saja 

Ajarkan anak kalau membaca tidak hanya harus dalam bentuk buku. Anda bisa mengajak anak untuk membaca benda-benda yang terdapat tulisan, seperti buku menu, nama film, nama jalan, instruksi penggunaan suatu barang dan sebagainya. Selain dapat meningkatkan minat untuk membaca, dengan cara ini juga membantu anak untuk melancarkan kemampuan membaca.

Ajak Anak untuk Mempraktikan Apa yang Mereka Baca

Dalam buku anak-anak biasanya memberikan pembelajaran berharga yang sesungguhnya dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai orang tua, Anda dapat mengajak anak untuk menemukan pelajaran berharga apa yang terdapat dalam bukunya dan membantunya untuk mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ajak untuk Mengunjungi Perpustakaan

Jika di sekitar tempat tinggal Anda terdapat perpustakaan, tidak ada salahnya untuk mengajak anak pergi ke perpustakaan. Manfaatkan koleksi buku yang ada di perpustakaan dan biarkan anak memilih buku apa yang menarik perhatiannya. 

Supaya anak tidak salah memilih, Anda dapat mengarahkannya ke rak buku khusus untuk anak-anak dan mengawasi pilihannya.

Ajak Anak untuk Membicarakan Apa yang Mereka Baca

Setelah anak selesai membaca, Anda dapat bertanya apa isi dari bacaan yang mereka baca dan bagian mana yang menjadi favorit mereka. Cara ini dapat membantu meningkatkan kemampuan pemahaman mereka, menjadikan membaca sebagai kegiatan keluarga dan mempererat ikatan antar anggota keluarga.

Dukung Anak dalam Kegiatan Membaca

Ketika anak Anda baru belajar membaca, mungkin mereka akan menemukan banyak kesulitan. Anda mungkin perlu menahan untuk segera membantunya. Anda dapat melihatnya dulu dan sejauh mana mereka bisa menyelesaikan kesulitan tersebut. Apabila mereka memang tidak bisa, baru Anda dapat membantunya. 

Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda mengajarkan kepada mereka untuk berusaha terlebih dahulu untuk dapat mencapai sesuatu. 

Itulah sepuluh cara untuk mendorong anak gemar membaca. Dalam perjalanannya mungkin akan sedikit sulit karena saat ini kebanyakan anak-anak lebih menyukai bermain gawai daripada membaca buku. Namun sudah menjadi tugas Anda untuk mengajak anak senang membaca sebab berbagai ilmu pengetahuan dapat didapatkan dengan membaca. 

Semoga beberapa cara di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba!