Ada banyak sekali keuntungan memilih jurusan informasi teknologi yang bisa didapat oleh mereka yang mengambilnya. Informasi teknologi merupakan salah satu jurusan yang sangat populer beberapa dekade belakangan ini. Tak hanya secara ilmu, tapi juga secara finansial. Ini bukan isapan jempol belaka, sudah ada banyak orang yang membuktikannya.

Jika kamu memiliki niatan untuk melanjutkan kuliah di jurusan satu ini, jangan pernah ragu sedikitpun. Kamu telah membuat keputusan yang tepat. Pasalnya mengambil jurusan IT ini akan membuka masa depan kamu secerah-cerahnya. Tapi tetap saja ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu.

Salah satunya adalah kami harus benar-benar serius dalam menjalani sesi perkuliahan yang hendak dijalani. Dalam dunia IT, skill jauh lebih diutamakan dibandingkan ijazah atau dari mana kamu kuliah. Mereka yang lulus dari universitas ternamapun tidak akan terlalu dihargai jika tidak memahami apa pun tentang materi perkuliahan IT yang mereka jalani sebelumnya.

Percaya atau tidak, ada 10 keuntungan memilih jurusan informasi teknologi yang mungkin tidak kamu sadari. Pasalnya keuntungan-keuntungan ini hanya bisa kamu rasakan jika kamu melaksanakan proses perkuliahan dengan baik. Apa saja keuntungan dari mempelajari materi kuliah satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Biaya Kuliah Yang Terjangkau

Dibandingkan dengan kuliah kedokteran atau bidang teknik lainnya, teknik Informatika atau teknologi informasi dibanderol dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Tak heran jika kemudian jurusan satu ini menjadi salah satu primadona dalam dunia perkuliahan. Ada banyak sekali mahasiswa dalam negeri yang memilih jurusan satu ini.

Alasannya banyak, tentu saja biaya yang terjangkau ini menjadi salah satu di antaranya. Dengan biaya yang terjangkau, kamu akan lebih mudah untuk melakukan proses belajar dengan lebih fokus. Jauh dari kesan tidak tenang karena terbentur biaya yang tidak terjangkau. IT ini direkomendasikan untuk seluruh elemen karena murahnya biaya yang dipatok untuk mendalaminya.

Bidang Ilmu Yang Sangat Luas

Keuntungan memilih jurusan informasi teknologi lainnya adalah bidang ilmu di dalamnya sangatlah luas. Tahukah kamu, Pengetahuan Teknologi Informasi ini ternyata sangat beragam. Tak hanya sekedar memperbaiki sistem komputer, tapi kamu bisa juga mengatur berbagai bahasa komputer untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Dalamnya ada banyak jenis bahasa yang bisa kamu pelajari, mulai JAVA, PHP, VB, Python dan berbagai jenis bahasa lainnya. Tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi kamu yang terjun di dalamnya. Jika bisa berarti kamu tangguh karena tak banyak orang yang mampu menguasai lebih dari 3 bahasa pemrograman.

Memiliki Peluang Pekerjaan Yang Sangat Luas

Keuntungan memilih jurusan informasi teknologi lainnya adalah peluang kerja yang sangat luas di dalamnya. Ada banyak sekali lowongan yang dibuka setip tahunnya untuk para lulusan informatika. Bukan tanpa alasan, seperti sudah kita bahas sebelumnya, hampir 70 persen dari bisnis dunia menggunakan teknologi informasi sebagai lkamusan usaha mereka. 

Hal ini yang kemudian memicu tingginya peluang kerja di bidang informatika. Ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan talenta IT dengan bakat yang mumpuni. Semakin bagus kemampuan yang mereka miliki, tentunya akan semakin besar pula peluang kerja yang akan mereka dapatkan.

Karenanya jika kamu hendak terjun dalam dunia satu ini, pastikan kamu memiliki banyak skill yang berkaitan dengan IT. Tujuannya agar kamu lebih mudah dalam menghadapi persaingan kerja yang akan kamu hadapi kedepannya. Jangan sepelekan karena ada banyak sekali kandidat dengan potensi yang tinggi dalam peta persaingan tersebut.

Pekerja IT Dibayar Dengan Gaji Yang Tinggi

Selain beberapa hal yang kami paparkan di atas, perlu dipahami juga jika para pekerja IT ini dibayar dengan nominal yang sangat menggiurkan. Rata-rata pekerja IT mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja dari jurusan lainnya. Setuju atau tidak, hal ini menjadi keuntungan memilih jurusan informasi teknologi lainnya.

Dengan gaji yang mumpuni ini akan jauh lebih mudah bagi kamu untuk mencapai percepatan pertumbuhan dalam ranah perekonomian kamu. Dalam waktu singkat saja kamu bisa mencapai financial freedom. Tentunya kamu harus mengombinasikan penghasilan yang tinggi ini dengan manajemen keuangan yang baik.

Peluang Usaha Mandiri Terbuka Dengan Lebar

Alasan lain kenapa ada banyak orang yang memilih jurusan satu ini adalah peluang usaha mandirinya yang terbuka dengan sangat lebar. Bagaimana tidak, dengan memiliki pemahaman IT yang mumpuni, kamu bisa membuka jasa konsultan IT, jasa pembuatan web, jasa maintenance jaringan dan berbagai bidang usaha lain yang masih berhubungan dengan dunia teknologi informasi itu sendiri.

Membuka jasa IT seperti ini bisa mengisi pundi-pundi uang kamu secara signifikan. Pasalnya bayaran yang akan kamu dapat tidaklah sedikit dalam satu kali proyek. Kamu hanya perlu fokus untuk mengerjakan proyek tersebut sesuai target dan ekspektasi para pemesan. Ini keuntungan memilih jurusan informasi teknologi lain yang tidak boleh kamu sepelekan.

Kamu Bisa Bekerja Secara Freelance Ataupun Tetap

Selain bisa membuka usaha sendiri, kamu bisa juga ikut bekerja di berbagai perusahaan secara freelance. Jadi tak selalu tetap. Meskipun memiliki pekerjaan tetap sangatlah menenangkan, tapi tidak sedikit para pekerja IT yang tidak tidak mau terikat dengan kondisi kerja tetap seperti ini. Mereka lebih senang untuk bekerja secara bebas meskipun tidak memiliki gaji.

Toh mereka masih bisa mendapatkan uang lebih dari status mereka sebagai pekerja freelance tersebut karena mereka akan berpartisipasi dalam proyek di beberapa perusahaan sekaligus. Ini keuntungan memilih jurusan informasi teknologi lainnya yang mungkin tidak kamu ketahui.

Peluang Sertifikasi Yang Sangat Luas

Selain memiliki bidang pendidikan yang sangat luas, kamu juga bisa mengejar sertifikasi dalam dunia IT ini. kamu bisa mendapatkan berbagai sertifikasi untuk menopang karir kamu. Semakin tinggi banyak sertifikasi yang kamu dapatkan, tentunya akan semakin tinggi juga kisaran gaji yang akan kamu dapatkan. Ini keuntungan memilih IT sebagai jalur karir.

Jadwal Kerja Yang Sangat Fleksibel

Mengambil jurusan IT memungkinkan kamu untuk mengambil jadwal kerja yang sangat fleksibel. Ini merupakan sebuah keuntungan lain yang tidak bisa kamu sepelekan. Memiliki jadwal kerja yang fleksibel ini hanya dimiliki oleh mereka yang berkarir di bidang IT dan Desain. Jadwal kerja mereka sengaja dibuat bebas karena memang membutuhkan pemikiran yang benar-benar fresh saat melakukan pekerjaannya.

Pekerjaan Yang Bersih Dan Tidak Melelahkan

Menempati posisi sebagai staff IT tidak akan membuat kamu lelah berpanas panasan atau kotor. kamu akan mendapatkan ruang kerja yang bersih dan dilengkapi AC serta berbagai fasilitas lain yang tidak kalah menarik. Tak heran jika kemudian ada banyak orang yang ingin mahir dalam bidang teknologi informasi. 

Salah satu alasannya tentu adalah mengejar keuntungan memilih jurusan informasi teknologi yang kami jelaskan ini. Jadi, pekerjaan lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Kamu bisa mempertimbangkan hal ini tentunya.

Peluang Kerja di Luar negeri Terbuka Lebar

Selain memiliki peluang karir yang mumpuni di dalam negeri, ternyata mendalami teknologi informasi memungkinkan kamu untuk membuka peluang karir di luar negeri. Bahkan kamu bisa dengan mudah mendapatkan peluang kerja dari banyak perusahaan kelas dunia seperti Google, Facebook, Amazon, dan berbagai perusahaan teknologi bonafid lainnya.

Mendalami pekerjaan sebagai ahli IT memang bukan hal sembarangan. Bisa dibilang hampir 70 persen pekerjaan di dunia saat ini mengkamulkan teknologi informasi. Karenanya bagi kamu yang berencana untuk terjun dalam bidang satu ini, jangan mundur. Ingat selalu keuntungan memilih jurusan informasi teknologi yang kami paparkan di atas agar kamu tetap semangat.