Ada banyak sekali keuntungan memilih jurusan akuntansi yang mungkin kamu tidak ketahui. Akuntansi merupakan salah satu jurusan terpopuler sejak dulu kala. Ini bukan hanya isapan jempol semata. Menjadi seorang akuntan profesional, ada banyak tanggung jawab yang harus kamu lakukan. Salah satunya adalah memberikan informasi yang akurat mengenai keadaan keuangan perusahaan.

Ini tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting. Kemudian akuntansi menjadi salah satu posisi yang sangat diperhitungkan. Tak heran jika kemudian ada banyak sekali orang yang berminat untuk terjun ke dalam jurusan pendidikan satu ini. Tak bisa disangkal, banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memasuki dunia akuntansi.

Namun tak jarang orang-orang tidak memahami hal ini. Yang ada di pikiran mereka hanyalah rumitnya menjadi akunting. Mereka terus berpikir seorang akunting akan terus berkutat dengan perhitungan rumit dan berhubungan dengan angka yang memusingkan. Hal ini memang benar, namun selain itu ada juga hal positif atau keuntungan memilih jurusan akuntansi.

Kemampuan Matematis Dari Manusia tetap Dibutuhkan 

Sebagian orang mungkin berpikir jika kemampuan akuntansi dari seseorang akan tersisihkan oleh kemampuan komputerisasi yang begitu canggih di era modern ini. Padahal ini sepenuhnya salah. Ada banyak sekali hal yang belum bisa dilakukan oleh komputer. Salah satunya adalah pertanggungjawaban. 

Dalam perusahaan, seorang akuntan akan bertanggung jawab terhadap segala perhitungan yang mereka lakukan baik melalui komputer atau secara manual. Dan pertanggungjawaban ini yang membuat posisi akunting akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun. Ini tidak bisa disepelekan. 

Posisi akunting memang menjadi salah satu posisi mentereng di perusahaan. Karena pentingnya posisi ini tak heran jika kemudian posisi seorang akuntan di perusahaan sangatlah kuat. Ini keuntungan memilih jurusan akuntansi yang akan kamu rasakan saat bekerja nanti. 

Setiap Industri Senantiasa Membutuhkan Akuntan

Percaya atau tidak, seorang akuntan akan terus dibutuhkan oleh perusahaan. Tak peduli dalam bidang apa pun mereka berkiprah. Pasalnya setiap perusahaan ini selalu membutuhkan seorang  profesional yang mampu menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan keuangan mereka. Ini keuntungan memilih jurusan akuntansi lain yang tidak boleh kamu sepelekan.

Tentunya saat bekerja di dalam perusahaan kamu akan diharapkan untuk bekerja secara kompleks dan menangani berbagai kepentingan yang berkaitan dengan uang, rekening, pajak dan bank, serta berbagai aspek lain yang tidak kalah penting. Perusahaan akan sangat membutuhkan Kamu, tentunya syarat agar dibutuhkan oleh perusahaan adalah kamu bisa bersikap profesional dan memiliki kualifikasi yang mumpuni.

Kamu Dapat Memulai Bisnis Atau Perusahaan Akuntansi kamu Sendiri

Keuntungan memilih jurusan akuntansi lainnya adalah kamu tidak harus selalu bekerja. Jika kamu memiliki kemampuan marketing yang baik, kamu bisa juga memulai bisnis sendiri dengan membuka firma akuntansi. Tentunya hal ini hanya bisa kamu lakukan jika kemampuan akuntasi yang dimiliki sudah benar-benar matang. 

Kamu bisa mencari tim yang sepemikiran dan mulai menawarkan jasa yang dimiliki kepada perusahaan yang membutuhkan jasa konsultan. Jika kamu merupakan seorang akuntan dengan berkualifikasi profesional. Atau mungkin kamu memiliki keterampilan dan kemampuan yang tepat, kamu dapat menjadi akuntan independen yang memiliki perusahaan sendiri.

Kamu Memiliki Peluang Bekerja Di Luar Negeri

Keuntungan memilih jurusan akuntansi lainnya adalah peluang kerja di luar negeri yang sangat terbuka lebar. Seperti kita ketahui, dunia akuntansi memiliki sebuah perkumpulan yang bernama ACCA atau dalam bahasa Indonesianya adalah Asosiasi Akuntan Yang Berkualifikasi dan Bersertifikat Cartered. Himpunan akuntan satu ini memungkinkan kamu bekerja dimanapun di seluruh dunia. 

Tentunya dengan beberapa regulasi yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Sejauh ini, mengikuti asosiasi ACCA memungkinkan kamu untuk bisa bekerja di sekitar 120 negara di dunia. Bukan hal yang tidak mungkin jika ada perusahaan bertaraf internasional yang akan merekrut kamu dan menempatkan kamu sebagai karyawan mereka di berbagai negara di dunia.

Kamu Tidak Perlu Gelar Yang Tinggi

Menjadi seorang akunting, atasan kamu tidak hanya menilai dari nilai atau almamater saja, tetapi yang paling penting adalah keterampilan dan kualifikasi yang kamu miliki untuk menjadi seorang akuntan. Jika kamu memang berkualitas, kemampuan kamu ini akan jauh lebih berharga dari ijazah yang dimiliki. Keuntungan memilih jurusan akuntansi lainnya ini tentu akan kamu rasakan di dunia kerja nanti.

Akuntansi Tidak Selalu Berkutat Dengan Angka 

Untuk kamu yang ingin mengejar karir di bidang akuntansi atau hendak mengambil jurusan akuntansi, kamu tidak perlu khawatir memikirkan persamaan matematika yang sulit dalam materi pembelajaran akuntansi ini. Soalnya terkadang orang-orang salah persepsi tentang akuntansi ini. Akuntansi ini tidak selalu berkutat soal perhitungan. Ini keuntungan memilih jurusan akuntansi lainnya.

Tugas utama seorang akuntan bukan menjadi seorang ahli matematis. Namun mereka berperan dalam memberikan saran terbaik perihal keuangan kepada klien mereka. Akunting ini berperan sebagai penasihat dan pencatatan transaksi keuangan pada sebuah perusahaan. Merek ajuga menjadi komunikator yang baik saat terjadi selisih dalam penghitungan dana tersebut agar cashflow perusahaan tetap terpantau dengan baik.

Menjadi Akuntan Hanya Akan Sibuk Pada Momen Tertentu Saja

Percaya atau tidak, saat kamu menjadi akuntan, kamu hanya akan sibuk pada momen tertentu saja. Terutama pada saat melakukan stock opname atau cash opname. Pada hari-hari biasa, kamu akan bisa bekerja dengan lebih santai dan mendapatkan pressure yang sedang-sedang saja. 

Adapun mengenai stock opname ini akan bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang melakukan opname tiga bulan sekali, enam bulan sekali ataupun enam bulan sekali. Hal itu tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Stock opname ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan akurasi dari barang atau cash yang masuk dan cas yang keluar. Jika tidak sedang melaksanakan stock opname, pekerjaan kamu akan jauh lebih ringan dibandingkan posisi staff yang lainnya. Ini keuntungan memilih jurusan akuntansi saat kamu sudah bekerja.

Menjadi Ahli Akuntansi Membuka Relasi Kamu

Percaya atau tidak, keuntungan lain saat kamu menjadi seorang akuntan adalah terbukanya pintu relasi dengan sangat luas. kamu bisa berhubungan dengan banyak orang penting di perusahaan saat menjabat sebegai akunting. Sudah pasti, hal ini akan membuat kamu jauh lebih mudah dalam meniti karir kedepannya.

Orang penting yang kamu temui bisa saja memberikan pekerjaan yang lebih layak atau bahkan memberikan surat rekomendasi mereka kepada orang penting di perusahaan lainnya. Hal ini jadi keuntungan memilih jurusan akuntansi lain yang mungkin kamu lewatkan. Coba saja kamu perhatikan, di setiap perusahaan, divisi akunting senantiasa menjadi perhatian utama para manajemen.

Orang penting yang kamu temui bisa saja memberikan pekerjaan yang lebih layak atau bahkan memberikan surat rekomendasi mereka kepada orang penting di perusahaan lainnya.

Keterampilan kamu Akan Selalu Dihargai

Saat kamu menjadi seorang ahli akunting, kemampuan kamu akan terus dihargai. Bahkan saat kamu tidak dalam berada di usia muda lagi. Mungkin dulu kamu hanya akan menjadi staff akunting. Tapi bukan hal yang tidak mungkin akan menjadi senior supervisor atau bahkan manager. Ini keuntungan memilih jurusan akuntansi lain yang pasti kamu rasakan jika kamu konsisten.

Posisi Seorang Akuntan Senantiasa Aman

Dalam dunia kerja, PHK adalah hal yang sangat wajar. Jika kamu menjadi seorang akuntan, posisi kamu ini sangatlah aman. Pasalnya posisi akuntan adalah posisi yang sangat sentral di dalam perusahaan. Perusahaan sendiri tidak bisa sembarangan memutuskan hubungan kerja dengan kamu. Terlebih jika kamu memang menampilkan performa kerja yang sangat baik.

Tentunya ada banyak sekali keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari menjadi seorang akuntan ini. Namun secara pasti, konsistensi adalah kunci utama untuk meraih hal tersebut. Untuk kamu yang hendak mengambil jurusan akuntansi dalam kuliahnya, pastikan untuk tidak ragu karena keuntungan memilih jurusan akuntansi ini sangatlah banyak.