Kuliah itu penting barangkali kata-kata tersebut seringkali kamu dengar. Ya, istilah kuliah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang memiliki anggapan pendidikan itu penting. Bila melihat perkembangannya, peminat kuliah sangat tinggi. Lantas, apa saja kira-kira alasan mengapa kuliah merupakan hal yang penting namun tidak wajib dilakukan setelah SMA?

Hampir setiap orang memiliki pertanyaan yang sama terkait penting tidaknya kuliah. Sebagian kalangan juga memiliki pertanyaan seputar mengapa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak wajib. Sebenarnya, banyak alasan yang menjawab kedua pertanyaan tersebut. Tidak hanya itu, jawaban tersebut barangkali bisa membuat wawasan kamu lebih luas lagi saat hendak mendaftar kuliah. 

Kuliah sendiri merupakan salah satu jenjang pendidikan. Biasanya kuliah dilaksanakan setelah kamu lulus dari jenjang SMA. Penyebutan kuliah sama artinya dengan pendidikan tinggi. Beberapa kampus juga memiliki istilah sendiri. Misalnya jenjang sekolah tinggi. Meski penyebutannya berbeda namun makna dari keduanya adalah jenjang kuliah. Lantas, apakah kuliah itu penting menurut kamu?

Pendidikan tinggi umumnya terbagi ke dalam banyak jurusan dan fakultas. Pengklasifikasian tersebut dilakukan untuk memudahkan calon mahasiswa dalam mencari bidang studi yang diminati. Mulai dari perkuliahan yang menghasilkan sarjana pendidikan profesional. Ada lagi pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan akuntansi. Bahkan terdapat jurusan yang nantinya menghasilkan lulusan di bidang ilmu kesehatan. 

Dalam perkuliahan kamu akan mendapatkan mata kuliah sesuai dengan bidang studi yang dipilih. Meski begitu, ada sebagian mata kuliah dasar umum yang biasanya tetap ada pada semua jurusan. Tidak hanya itu saja, perkuliahan biasanya memiliki jadwal yang berbeda dengan jenjang SMA. Umumnya jadwalnya lebih fleksibel karena waktunya bisa ditentukan bersama.

Di era seperti sekarang ini, banyak tawaran jurusan perkuliahan yang akan menghampiri kamu setelah lulus SMA. Tidak sedikit pula yang memberikan iming-iming beasiswa untuk calon mahasiswa lulusan terbaru SMA. Agar lebih memudahkan kamu melangkah ke depan, tidak ada salahnya melihat 10 alasan kuliah itu penting namun tidak wajib berikut ini. 

Kuliah Meningkatan Potensi Diri

Salah satu alasan mengapa dunia perkuliahan masih diminati oleh banyak kalangan karena manfaatnya yang besar. Manfaat tersebut sekaligus menjadi alasan terkuat calon mahasiswa yang hendak mendaftar kuliah. Bagaimana tidak, peminat bangku kuliah tidak hanya dari kalangan lulusan SMA saja. Banyak pula kalangan yang sudah bekerja memutuskan untuk melanjutkan sekolah tinggi. 

Memang alasan kuliah itu penting tersebut wajar saja karena perkuliahan adalah sarana efektif. Ya, terutama bagi kamu yang ingin meningkatkan potensi dalam diri sendiri. Setiap orang pastinya ingin mengembangkan potensi diri. Namun, untuk mengembangkan hal tersebut diperlukan usaha dan waktu yang tepat. Setiap pembelajar pun mempunyai fase pengembangan potensi diri. 

Fase pengembangan dapat dilanjutkan saat masa kuliah. Inilah alasan pertama kuliah itu penting, apalagi jika kamu memilih bidang studi yang tepat. Potensi diri kamu akan semakin menonjol saat kuliah. Alasan keduanya adalah potensi diri yang ingin ditingkatkan lebih terarah. Mengembangkan potensi diri memerlukan strategi, pengarahan dan cara yang tepat.

Lewat sesi perkuliahan kamu akan dibimbing oleh dosen profesional. Namun, kuliah juga bisa menjadi tidak wajib dengan alasan tertentu. Alasan pertamanya adalah potensi diri tersebut bisa diasah melalui strategi lainnya. Misalnya magang di tempat kerja yang sesuai minat. Ini adalah alternatif terbaik bagi kamu yang tidak memiliki biaya untuk kuliah. 

Alasan kedua kuliah itu penting atau tidak, sebenarnya tergantung dari diri sendiri. Kamu yang tetap ingin meningkatkan potensi diri juga bisa memilih jalur lain. Seperti misalnya mengambil pelatihan sesuai bakat kamu. Karena itulah kuliah juga bisa dibilang tidak wajib bagi beberapa orang. Apalagi ada alternatif lain yang bisa dipilih selain kuliah. 

Kuliah Memudahkan Cari Kerja 

Alasan ketiga mengapa kuliah sangat penting yaitu karena memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan. Ya, bukan rahasia umum jika saat ini mencari kerja tidaklah mudah. Terlebih setiap tahunnya jumlah pencari kerja mengalami peningkatan yang cukup pesat. Bayangkan kamu harus bersaing dengan ratusan ribu pelamar kerja untuk mendapatkan kesempatan gemilang. 

Hal tersebut akan terasa berat jika kebanyakan pesaing berasal dari kalangan lulusan perguruan tinggi. Meskipun skill adalah hal utama ketika melamar pekerjaan. Namun, tetap saja ijazah menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima calon karyawan. Itulah sebabnya kuliah itu penting bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar dan profesional. 

Meski begitu, kuliah tetap menjadi pendidikan yang tidak wajib kamu ikuti. Alasannya saat ini banyak perusahaan yang memberikan kemudahan bagi karyawannya. Saat tidak kuliah, kamu bisa magang di sebuah perusahaan dan jika kerjanya bagus pastinya akan lebih mudah meningkatkan status kerja. Ini menjadi alasan ketiga kuliah tidak wajib.

Kuliah juga menjadi penting jika kamu ingin bekerja di instansi pemerintah dalam negeri. Memang pemerintah selalu menyediakan lowongan bagi lulusan SMA. Namun, belum tentu ketersediaan bidang pekerjaan tersebut sesuai dengan skill yang kamu miliki. Untuk itulah alasan kuliah itu penting keempat ini perlu kamu pertimbangkan dengan matang-matang. 

Namun, kuliah bisa menjadi hal yang tidak wajib utamanya dalam pekerjaan tertentu. Hal ini karena waktu yang biasanya digunakan kuliah bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan sambilan. Sembari bekerja sambilan kamu juga bisa mengasah kemampuan lewat pendidikan dan pelatihan. Biasanya banyak lembaga yang menyediakan kursus gratis bagi lulusan SMA dan ini juga menjadi alasan ke empat kuliah tidak wajib untuk dilakukan.

Kuliah Memenuhi Tantangan Global

Alasan kelima mengapa dunia perkuliahan masih dirasa penting bagi banyak orang adalah karena tantangan global. Saat ini dunia sedang menghadapi perkembangan zaman yang sangat pesat. Persaingan di semua sektor industri juga mengalami peningkatan besar-besaran. Untuk itu, semua orang dituntut agar dapat bersaing ketat. Semua itu harus dibekali dengan ilmu pengetahuan.

Seberapa pentingkah kuliah untuk memenuhi tantangan global? Hal tersebut bisa terjawab dengan banyaknya lulusan sarjana yang mampu bersaing di dunia. Apalagi di bidang industri kekinian. Lagi-lagi, kuliah juga bisa menjadi tidak wajib bagi beberapa kalangan. Salah satunya karena alasan ilmu pengetahuan bisa didapat saat bekerja. 

Alasan kelima kuliah tidak wajib tersebut juga bisa menjadi pertimbangan kamu nantinya. Terlebih jika kamu sudah mempunyai tingkat kepercayaan diri, serta wawasan terbaru bisa didapat dimana saja. Sementara itu, kuliah akan terasa penting manfaatnya jika kamu memiliki cita-cita mengembangkan usaha. Pasalnya membuka dan mengembangkan usaha juga dibutuhkan pengetahuan. 

Tantangan global yang semakin menggila harus diakali dengan wawasan seluas-luasnya. Hal ini akan kamu dapatkan ketika kuliah. Alasan kuliah itu penting keenam tersebut bisa menjadi titik awal kesuksesan selama membangun usaha. Di sisi lain, bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman usaha pendidikan kuliah tidak wajib ditempuh. Wawasan yang didapat selama kuliah bisa diatas.

Salah satunya dengan menjalin relasi kerja dengan pebisnis profesional. Tantangan global tersebut lebih mudah dihadapi bersama dengan orang profesional. Alasan mengapa kuliah tidak wajib keenam ini akan membuat kamu menjadi lebih siap menghadapi tantangan global. Untuk bekal wawasan kamu pun bisa mempelajarinya di sela-sela waktu kerja atau berbisnis. 

Kuliah Meningkatan Profesionalisme

Alasan kuliah itu penting ketujuh yaitu efektif meningkatkan profesionalime seseorang. Hal ini karena kuliah merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal. Mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa bukanlah asal. Melainkan mata kuliah yang sudah disesuaikan dengan dunia kerja. Misalnya saja bidang studi keperawatan yang ditunjang dengan pelajaran sesuai pekerjaannya. 

Alasan kedelapannya adalah karena tingkat profesionalisme sangat penting di dunia kerja. Setiap perusahaan maupun instansi menginginkan calon tenaga kerja yang profesional. Karena itu, untuk memilikinya kamu harus belajar di bangku perkuliahan terlebih dahulu. Barulah kamu mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tentunya kompetensi sesuai bidang pekerjaan. 

Wajib dan pentingkah kuliah jika hanya mengedepankan profesionalisme saja? Jawabannya adalah tidak. Hal ini karena profesionalisme harus dibarengi dengan perkembangan zaman. Seseorang dengan kompetensi bidang tertentu namun tidak dibarengi dengan adanya lowongan pekerjaan tentu kurang menguntungkan. Karena itulah alasan kuliah itu penting ketujuh ini harus dicermat lebih dalam lagi.

Alasan kuliah tidak wajib yang ke delapan, bangku kuliah juga bisa berubah menjadi hal yang tidak wajib kamu pilih. Hal ini karena ketidak tersedianya jurusan yang mengacu pada bidang pekerjaan profesional. Apalagi jika jurusan tersebut hanya bisa ditemui di luar negeri. Memang saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan pada calon pembelajar yang ingin kuliah di luar negeri.

Namun, hal tersebut gampang-gampang susah. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan aktivitas masyarakat di luar negeri. Belum lagi biaya yang harus ditanggung sendiri selama masa kuliah sangat tinggi. Faktor jarak yang jauh juga harus menjadi pertimbangan jika kamu berniat mencari jurusan di luar negeri. 

Kuliah Memperbanyak Relasi Teman

Alasan kuliah itu penting kesembilan yaitu manfaatnya dalam kategori relasi. Bukan hal baru jika duduk di bangku kuliah dapat memperbanyak tali persahabatan. Apalagi usia muda adalah waktu cemerlang untuk mencari relasi baru dan pertemanan. Dengan banyaknya teman yang kamu jalin nantinya lebih mudah dalam menghadapi berbagai hal. 

Kemudian alasan kuliah tidak wajib yang ke sembilan, untuk mendapatkan relasi ini sebenarnya tidak hanya di bangku kuliah saja. Karena kamu bisa mendapatkan relasi ini di sekitar kamu, seperti dari komunitas, pekerjaan, dan sebagainya. Maka dari itu, untuk mendapatkan relasi ini tidak wajib dengan kuliah.

Mungkin saat sulit mempelajari ilmu pengetahuan, masalah tersebut lebih mudah teratasi dengan banyaknya teman saat kamu kuliah. Banyaknya relasi pertemanan juga menguntungkan saat selesai kuliah. Kamu bisa lebih cepat mendapatkan pelanggan jika membangun usaha. Sebab kamu dapat menarik semua relasi menjadi pelanggan tetap. Inilah alasan terakhir pentingnya kuliah. 

Sementara itu, kegiatan kuliah bisa ditunda alias tidak wajib kamu tempuh sekarang. Artinya kamu tidak harus menempuh pendidikan kuliah di tahun ini. Melainkan tahun depan masih bisa menempuh bangku kuliah. Ini akan lebih efektif dilakukan bagi kamu yang ingin mencari modal untuk biaya kuliah jika masih menganggap kuliah itu penting.

Alasan kuliah tidak harus wajib di urutan terakhir yaitu gagal tes. Saat kamu memutuskan untuk kuliah namun gagal tes maka jangan menyerah. Kuliah tidak wajib ditempuh langsung setelah kamu lulus SMA. Kamu pun bisa melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di tahun berikutnya. Sementara tahun ini kamu bisa fokus untuk mencari pengalaman. 

Apabila tahun depan masih gagal kamu bisa mencobanya lagi di lain waktu. Pada intinya, kuliah penting untuk beberapa kondisi. Namun, di sisi lain menempuh kuliah tidak harus langsung dilakukan usai SMA. Sehingga dengan kata lain tidak wajib dilakukan. Kamu pun bisa memilah apakah kuliah itu penting saat ini atau tidak.